Surat Pembaca
Tokopedia

Tokopedia Tidak Punya Data Penjual

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:26 WIB

Pada tanggal 5 Desember 2017 saya melakukan transaksi pembelian drone melalui Tokopedia. Setelah menemukan penjual drone dengan nama toko “DodgeID”, maka saya menanyakan ketersediaan barang melalui media chatting yang ada dalam aplikasi Tokopedia. Setelah mendapatkan konfirmasi ketersediaan barang maka penjual DodgeID meminta melakukan pembayaran dengan memberikan kode pembayaran yang dilakukan di Alfamart.

Tanpa menaruh kecurigaan karena pembayaran menggunakan kode pembayaran bukan rekening penjual, maka saya melakukan pembayaran di Alfamart. Dua hari kemudian penjual DodgeID memberitahu melalui chatting diaplikasi Tokopedia bahwa stock barang teryata habis dan dia akan usahakan dengan cara berbelanja barang dulu di Medan. Setelah itu dia tidak bisa dihubungi sampai nanti dia kembali dari Medan.

Keesokan harinya saya mencoba membuka akses data pembelian di Tokopedia pada akun penjual DodgeID tersebut dan ternyata sudah tidak bisa diakses. Saya langsung menghubungi Tokopedia melalui dua nomor telepon yang saya cari dari internet 021-53691015 dan 021 – 80647333, karena dari website Tokopedia tidak ada call center.

Setelah telepon berkali-kali bahkan dari pagi hingga siang, kedua nomor telepon tersebut tidak bisa dihubungi. Karena saya mulai curiga telah terjadi penipuan dan langkah paling cepat adalah dengan menghubungi langsung melalui telepon, tapi Tokopedia malah tidak dapat dihubungi melalui telepon.

Sehingga saya berinisiatif menghubungi Customer Service Tokopedia melalui email karena itu sepertinya satu-satunya cara. Setelah beberapa waktu baru saya mendapatkan jawaban dari Customer Service Tokopedia melalui balasan email bahwa saya diindikasikan mengalami penipuan disebabkan saya melakukan pembayaran dengan cara yang diberikan pihak penjual sehingga pihak Tokopedia tidak mau bertanggung jawab.

Saya coba menanyakan data penjual untuk paling tidak melacak keberadaanya, tapi pihak Tokopedia tidak memilikinya. Mengapa Tokopedia tidak mempunyai call center? Dimana konsumen dapat langsung segera menghubungi secara cepat, sehingga paling tidak jika terjadi penipuan dapat segera diblokir dananya.

Mengapa Tokopedia tidak mempunyai data secara rinci dan valid mengenai data para penjual? Agar pihak penjual tidak bisa melakukan penipuan karena datanya terekam dengan rinci dan baik. 

Suharmin Logito
Jl. Mandala Utara IV, Jakarta Barat
PT Tokopedia

Tokopedia Tidak Punya Data Penjual

Kamis, 11 Januari 2018 | 13:21 WIB

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut atas kasus yang dialami oleh Saudara Suharmin Logito (http://inside.kompas.com/surat-pembaca/read/55440/Tokopedia-Tidak-Punya-Data-Penjual), kami ingin menginformasikan bahwa pihak penjual terindikasi terkena penipuan dengan modus bertransaksi di luar Tokopedia.

Terkait dengan data penjual, Tokopedia tidak dapat menyerahkan data penjual secara bebas karena bersifat rahasia dan hanya bisa diberikan jika ada Surat Permintaan Data dari pihak yang berwajib.

Guna menghindari hal serupa, kami menghimbau kepada seluruh pengguna Tokopedia untuk lebih berhati-hati dalam bertransaksi, serta selalu menaati syarat dan ketentuan yang berlaku (https://www.tokopedia.com/bantuan/Tips-Belanja-Aman-dan-Nyaman-di-Tokopedia).

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media