Kamis, 24 Juli 2014


Samsung
AC Samsung Belum Setahun, sudah Servis 4 Kali
Kamis, 15 Agustus 2013 | 20:26 WIB

Pada tanggal 26/10/2012 saya membeli sebuah AC Split 1/2 PK di toko Electronik Solution Cikarang Barat, dengan merek Samsung (Model AS-05TULN). Dan lakukan pemasanga pada tanggal 29/10/2012. Namun setelah pemasangan sebelum 1 minggu mendadak AC tidak dingin. Ketika saya cek fan depan outdoor tidak menyala. langsung saya telepon pihak Elektronik Solution. Dan beberapa hari kemudian teknisi Elektronik Solution datang untuk menservice.

Ketika teknisi AC datang dirumah hanya ada istri dan anak saya (saya sedang bekerja), ketika sudah selesai service istri saya konfirmasi AC sudah OK. Terus saya tanya ke istri saya apanya yang diservice, katanya ada part yang kendor, AC pun kembali normal. Setelah beberapa bulan AC kembali tidak dingin (berkurang) dan sering mendengar sesuatu yang jatuh dari dalam AC indoor. Setelah beberapa hari AC tidak dingin saya langgsung cek apa ada sesuatu yang beda. Darena saya tidak mengerti saya hanya melihat-lihat, ternyata dibagian AC outdoor ada beku es.

Saya langsung telpon pihak elektronik solution ternyata garansi yang diberikan oleh pihak Elektronik Solution hanya 1 minggu. Admin ES menyarankan untuk menghubungi pihak service senter Samsung. Langsung saya telpon dan beberapa hari kemudian teknisi samsung juga datang untuk menservice. Ketika teknisi samsung datang saya sedang bekerja jadi yang mengawasi hanya istri saya.

Ketika sudah selesai istri saya konfirmasi AC sudah selesai di service, lalu saya tanyakan pertanyaan yang sama, bagian apa yang diservice, istri saya jawab ada part yang kendor (karena saya tidak berpikiran jelek saya berpikir ada part2 sambungan yang kendor. Dan di slip bukti reparasi yang diberikan juga di kotak tindakan teknisinya kosong/tidak ada tulisan). Sebelum pulang teknisi hanya pesan di indoor AC ada saringan yang harus dibersihkan setiap 2 muinggu sekali. akhirnya AC kembali normal. Tapi lagi-lagi setelah beberapa bulan AC dinginnya makin berkurang, tindakan saya hanya membersihkan saringan indoor yang disuruh membersihkan 2 minggu sekali.

Tapi makin hari dinginnya makin berkurang, karena dinginnya makin berkurang dan saya tidak paham dengan AC saya hanya berfikir mungkin hanya perlu dibersihkan indoor dan Outdoor, akhirnya saya memanggil tukang service AC yang biasa mambersihkan AC. beberaopa hari kemudian teknisi datang siang hari (posisi AC tidak saya nyalakan dari pagi).

Pas teknisi datang dan langsung beliau nyalakan AC posisi ON, saya kaget dengan pernyataan dia, bahwa dia langsung bilang ada kebocoran di AC karena yang keluar hanya anginnya saja sedangkan freonnya tidak ada, apalagi begitu agak lama AC menyala dan membuka cover indoor AC ternyata dibagian sirip (evaporator) tidak basah ada ada batu es di evaporator tersebut (mungkin yang sering saya dengar ada sesuatu jatuh dari AC indoor itu adalah batu es tadi. (berarti dari awal saya membeli AC ini sudah bermasalah).

Lalu teknisi menyarankan untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh dibagian AC baik Indoor, pipa dan Outdoor, dan membutuhkan waktu yang lama, dan jika terjadi kebocoran disalah satu bagian AC tersebut maka disarankan untuk dipatri (proses pengelasan) itu pun hanya bagian-bagian yang mudah (tertentu). karena AC saya masih dalam kondisi garansi akhirnya saya tidak mengikuti saran teknisi tersebut, dan saya hanya menyuruhnya untuk tetap membersihkan bagian AC indoor dan outdoor.

Besoknya saya langsung telpon service senter samsung dengan nada agak keras saya minta pihak samsung untuk nelakukan pengecekan terhadap AC saya. dan saya juga meminta jika ternyata ada kebocoran saya minta untuk diganti baru. (karena masih garansi). hari berikutnya teknisi samsung datang (posisi dirumah hanya ada istri saya, karena saya sedang bekerja) ternyata teknisi tidak mengecek ada kebocoran atau tidak, setelah selesai service hanya bilang ke istri saya ada bagian yang kurang kenceng dan hanya isi freon (seperti yang tertulis dislip bukti reparasi tertulis isi freon).

Dan yang buat saya curiga dan kecewa adalah ketika teknisi samsung AC mau pulang, dia menanyakan ke istri saya; sampai kapan garansi ACnya, istri saya menjawab bulan 10 (mungkin teknisi samsung sebenarnya sudah mengetahui bahwa ada kebocoran, tapi kenapa tidak dilakukan pergantian AC baru).

Setelah itu AC kembali normal. tapi sekarang (belum 2 bln dari service) AC kembali tidak dingin (dinginnya berkurang), setelah saya buka cover indoornya ternyata ada batu es di evaporator dan juga kondisi evaporatornya kering. saya langsung cari informasi (sharing) dengan rekan yang ahli dibidang AC diperusahaan saya (kebetulan saya bekerja di perusahaan elektronik juga), dan rekan saya membenarkan bahwa ada kebocoran di AC saya, karena idealnya freon AC tidak akan habis dalam kurunn waktu kurang dari 1 tahun (mungkin habis 3 tahun/perlu overhoul dan tambah freon 3 thn sekali), karena masih garansi beliau menyarankan untuk minta pergantian baru 1 unit AC.

Saya sampai saat ini belum menghubungi pihak service senter samsung dan pihak toko Electronic solution, karena mungkin ketika saya telpon pihak service samsungnya hanya akan datang untuk menservice dan tambah freon, yang nantinya beberapa bulan lagi AC kembali bermasalah sedangkan nanti garansi sudah habis (hanya mengulur waktu supaya garansinya habis padahal AC saya dari pertama membeli sudah bermasalah). Sekarang yang saya inginkan adalah jika memang benar ada kebocoran saya minta ganti baru. (apakah normal membeli barang baru tapi belum 1 tahun sudah service 4 kali).

Chaerul Anom

Perum GCC cluster lantana Blok B5 No; 20


KIRIM SURAT ANDA

Sebelum anda mengirimkan surat pembaca, kami meminta anda untuk login menggunakan Kompas ID atau silakan anda register untuk mendaftakan ke dalam Kompas ID.


Surat Pembaca Lain

Kamis, 24 Juli 2014 | 09:05 WIB
Jaringan XL Payah
Kamis, 24 Juli 2014 | 07:29 WIB
Taksi Express Sudah Menyelesaikan Komplain Saya
Rabu, 23 Juli 2014 | 19:10 WIB
Kekecewaan terhadap PT Wahana Prestasi Logistik
Rabu, 23 Juli 2014 | 16:52 WIB
Frame Lensa Samsung Grand 2 Miring

Tanggapan