Selasa, 28 Maret 2017


Telkom Indonesia
Layanan Telkom yang Sangat Buruk
Senin, 13 Maret 2017 | 11:33 WIB

Saya menjadi pelanggan Indihome dari tahun 2014. Dari awal berlangganan saya melakukan penambahan beberapa paket add-on. Akan tetapi tiba-tiba hari Jumat, 10 Maret 2017, saya tidak bisa menikmati paket add-on tersebut. Kemudian saya mencoba menghubungi 147 pada malam harinya. Dari 147 menjanjikan akan melakukan panggilan balik pada hari jumat, tetapi sampai saya tunggu jam 23:59, pihak Telkom tidak menelepon saya.

Pada hari Sabtu, saya mencoba ke Plaza Telkom yang berlokasi di Sumur Bor Cengkareng. Akan tetapi oleh pihak customer service menginformasikan bahwa sistem sedang offline dan saya diinformasikan bahwa saya tidak pernah membayar tagihan Telkom selama 3 tahun berlangganan. Padahal saya selalu rutin membayar setiap bulan, dan walaupun tidak membayar, biasanya begitu bulan kedua langsung diblokir.

Oleh pihak customer service di Plaza Telkom, saya diberikan nomor telepon Plaza Telkom untuk followup di hari Senin. Hari Senin ini, saya mencoba menghubungi nomor telepon yang diberikan oleh staff customer service Plaza Telkom tersebut. Ternyata nomor telepon tersebut tidak bisa menerima panggilan. Saya coba cari diinternet untuk nomor telepon Plaza Telkom dan ternyata nomor telepon yang diberikan itu berbeda.

Kelihatan sekali pihak Telkom sengaja menghindari pelanggan dan mencoba mengalihkan complain customer dan tidak melayani customer dengan sepenuh hati. Saya mencoba menghubungi Telkom via social media, dan dari akun @telkomcare menyatakan bahwa akun saya di-handle oleh @telkomsolution. Sewaktu saya menanyakan kepada @telkomsolution, mereka menginformasikan saya harusnya di-handle oleh @telkomcare.

Saya pun bingung kemana saya harus mengadukan permasalahan saya ini? Ke 147 tidak membantu sama sekali, ke Plaza Telkom dibilang sistem offline, dan di sosial media hanya dioper-oper saja. Padahal masalah saya adalah saya berlangganan paket add-on dari hari pertama saya menggunakan Indihome, dan tiba-tiba hari jumat, saya dibilang tidak berlangganan paket add-on sama sekali.

Kelihatan sekali dari cara Telkom menanggapi keluhan saya. Mereka mencoba menghindari dari permasalahan ini. Mudah-mudahan pihak Kompas bisa menayangkan surat saya ini sehingga permasalahan saya ini bisa dibantu.

Kenny Japar

Komplek Puri Mansion jl. Edinburgh 2 No. 32, Jakarta


KIRIM SURAT ANDA

Sebelum anda mengirimkan surat pembaca, kami meminta anda untuk login menggunakan Kompas ID atau silakan anda register untuk mendaftakan ke dalam Kompas ID.


Surat Pembaca Lain

Kamis, 23 Maret 2017 | 10:20 WIB
Kesalahan Billing Telkomsel
Selasa, 21 Maret 2017 | 13:52 WIB
Hati-hati dengan Super Plan Indosat
Senin, 20 Maret 2017 | 19:43 WIB
Dipermainkan Lion Air

Tanggapan

Jumat, 24 Maret 2017 | 13:00 WIB
Penolakan Pembayaran Claim Asuransi
Selasa, 21 Maret 2017 | 15:13 WIB
Susahnya Melakukan Aktivasi Paket TAU 4G Telkomsel
Selasa, 21 Maret 2017 | 15:01 WIB
Kecewa Terhadap Pelayanan SDB Bank BNI Cab. Legian
Senin, 20 Maret 2017 | 12:49 WIB
Kecewa dengan Visa Bukopin
Senin, 13 Maret 2017 | 16:37 WIB
Saldo di rekening mandiri berkurang