Selasa, 28 Maret 2017


Biznet Networks
Tidak Ada Itikad Mengembalikan Dana Pelanggan Baru
Selasa, 14 Maret 2017 | 15:40 WIB

Saya melakukan pendaftaran menjadi pelanggan Biznet Home Internet melalui website pada awal Desember 2016. Saya memilih paket sesuai yang saya butuhkan dan tercantum juga disana sudah termasuk modem wifi. Pada hari itu juga, saya menerima email konfirmasi dari Biznet dan juga langsung dikirimkan tagihan yang harus dibayar dimuka sejumlah 1.276.000.

Starter Pack 200.000 dan 960.000 biaya internet 4 bulan free 2 bulan PPN 10%. Setelah pembayaran dilakukan, baru petugas Biznet akan melakukan pemasangan internet. Sebelum melakukan pembayaran, saya menghubungi 1500933 untuk memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk petugas datang ke rumah dan melakukan instalasi. Saya diinformasikan 2 x 24 jam petugas akan datang ke rumah untuk melakukan instalasi.

Pada hari itu juga saya melakukan pembayaran dan ternyata petugas baru muncul di hari ke lima (ini saya anggap penipuan pertama). Pada hari petugas datang ke rumah untuk melakukan instalasi ternyata saya hanya diberikan modem biasa yang tidak ada wifi nya, dan saya diharuskan membeli atau memasang router sendiri (ini saya anggap penipuan kedua).

Jelas saya komplain karena ini tidak sesuai dengan penjanjian yang ada di website sewaktu saya melakukan pendaftaran. Kemudian oleh petugas, saya disuruh menghubungi customer service/care. Saya menelepon customer service pada saat itu juga dan menjelaskan panjang lebar kepada customer service ditelepon. Kemudian customer service meminta berbicara dengan petugas.

Akhirnya petugas instalasi disuruh balik dan akan dilakukan pengecekan dahulu dan customer service berjanji akan menghubungi saya keesokan hari. Sampai dengan tanggal 14 Desember 2016, masih belum ada juga yang menghubungi saya untuk permasalahan ini sehingga akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan pemasangan ini dan meminta refund dana saya.

Singkat cerita saya disuruh mengisi formulir permohonan refund yang langsung saya kirimkan kembali pada hari itu juga (dan juga sudah mendapatkan balasan email konfirmasi). Di formulir yang saya isi dan kirimkan kembali ke customer service Biznet tertulis di bagian catatan (point ke 3) proses refund ke rekening pelanggan akan dilakukan dalam tempo 14 (empat belas) hari setelah dokumen diterima oleh Biznet.

Setelah melewati 15 hari, saya menghubungi customer service via email menanyakan kenapa dana atau refund masih belum saya terima dan jawabannya masih diproses. Berulang kali saya menghubungi customer service Biznet via email menanyakan refund yang masih belum saya terima, dan jawaban mereka selalu sama yaitu sedang diproses. Terakhir, awal Maret 2017 saya menghubungi customer service Biznet melalui 1500933 untuk menanyakan kembali proses refund ini dan lagi-lagi saya diinformasikan sedang diproses dan butuh waktu TIGA BULAN untuk pengembalian dana.

Saya sempat marah ditelepon kenapa proses pengembalian dana begitu lama, sedangkan saat pemasangan kami diharuskan bayar secepatnya. Akhirnya saya diberikan nomor telepon M Iqbal 085694731445 yang katanya bertanggung jawab atas proses pengembalian dana saya. Berulang kali saya coba menghubungi nomor tersebut tetapi tidak pernah dijawab dan sms juga tidak pernah dibalas. Pada tanggal 8 Maret 2017, saya kembali mengirimkan email untuk menanyakan kapan dana akan dikembalikan.

Balasan email dari customer service sangat mengejutkan yaitu untuk pengembalian dana, saya diharuskan mengisi formulir dan mengirimkan kembali ke mereka, yang mana sudah saya lakukan pada tanggal 14 Desember 2016. Kemana formulir yang sudah pernah saya kirimkan sebelumnya? Apakah saya harus mengisi ulang formulir permohonan refund dan menunggu tiga bulan lagi untuk dana saya dikembalikan? Wahai Biznet untuk mengembalikan dana pelanggan tidak sesulit yang harus menghabiskan waktu tiga bulan.

Pada hari ini, tanggal 14 Maret 2017, sudah 3 bulan berlalu dan dana saya masih belum juga dikembalikan. Entah memang perusahaannya yang suka berbohong dan menipu sehingga staffnya juga mempunyai kebiasaan begitu. Saya selalu dijanjikan akan dihubungi kembali (dijanjikan dari awal pemasangan hingga permintaan pengembalian dana) tetapi sampai dengan hari ini tanggal 14 Maret 2017, tidak pernah sekalipun orang dari Biznet yang menghubungi saya untuk klarifikasi masalah atau kasus modem ini dan juga untuk konfirmasi pengembalian dana saya.

Justru saya yang terus menerus menghubungi customer service Biznet. Kepada teman-teman yang mau berlangganan Biznet harap berhati-hati, jangan sampai kejadian ini menimpa kalian juga. Kepada Biznet apakah memang niat anda untuk tidak mengembalikan uang saya?

Wenny

Pluit Karang Jelita 1, Jakarta


KIRIM SURAT ANDA

Sebelum anda mengirimkan surat pembaca, kami meminta anda untuk login menggunakan Kompas ID atau silakan anda register untuk mendaftakan ke dalam Kompas ID.


Surat Pembaca Lain

Kamis, 23 Maret 2017 | 10:20 WIB
Kesalahan Billing Telkomsel
Selasa, 21 Maret 2017 | 13:52 WIB
Hati-hati dengan Super Plan Indosat
Senin, 20 Maret 2017 | 19:43 WIB
Dipermainkan Lion Air

Tanggapan

Jumat, 24 Maret 2017 | 13:00 WIB
Penolakan Pembayaran Claim Asuransi
Selasa, 21 Maret 2017 | 15:13 WIB
Susahnya Melakukan Aktivasi Paket TAU 4G Telkomsel
Selasa, 21 Maret 2017 | 15:01 WIB
Kecewa Terhadap Pelayanan SDB Bank BNI Cab. Legian
Senin, 20 Maret 2017 | 12:49 WIB
Kecewa dengan Visa Bukopin
Senin, 13 Maret 2017 | 16:37 WIB
Saldo di rekening mandiri berkurang