Surat Pembaca
PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM)

Kualitas Buruk Layanan Telkom IndiHome

Jumat, 30 Juni 2017 | 15:14 WIB

Saya pelanggan Telkom sejak 2014, sudah sekitar 2 tahun 1 bulan. Dulu saya menggunakan Telkom Speedy lalu berganti menjadi Telkom Indihome sekitar akhir 2016. Untuk merubah dari Telkom Speedy, saya membutuhkan waktu setahun dari akhir 2015 untuk request Indihome. Padahal mereka sendiri yang menawarkan produk Indihome.

Setelah dipasang Indihome, otomatis harga layanan pun naik, dengan kecepatan internet 10 Mbps. Saya menjalankan kewajiban membayar layanan setiap bulan, terkadang telat beberapa hari karena saya lupa dan Telkom akan mematikan layanan internet jika dalam kurun waktu tertentu layanan Indihome belum dibayar. Bagi saya itu cukup adil.

Namun yang bermasalah, Telkom tidak memberikan kualitas layanan yang sesuai dengan apa yang dibayarkan oleh saya sebagai pelanggan. Sering internet melambat bahkan sama sekali putus. Dalam laporan Telkom, hampir selalu hanya ditulis "internet lambat". Dulu saya pernah mendapatkan masalah, Internet Speedy mereka hanya respon membuat laporan tanpa ada solusi. Setelah saya menulis di surat pembaca baru mereka selesaikan.

Itu pun tetap seperti biasa mati hidup setelahnya. Setelah satu bulan, tidak ada kompensasi apapun dari Telkom dan saya tetap diharuskan membayar dengan harga layanan internet yang normal. Bulan ini terjadi lagi masalah mati hidup yang cukup sering. Mereka hanya datang ke rumah. Kebetulan rumah saya di Kabupaten Bandung Barat dan 5 hari dalam seminggu bekerja di Jakarta.

Sehingga ketika ada kerusakan atau masalah internet di rumah, saya tidak bisa mengecek seperti apa. Hanya adik saya yang laporan ke 147, lalu petugas mereka datang. Menurut laporan adik dan ibu saya, yang dilakukan hanya me-restart, hanya ketika ketika petugas datang dan saya ada di rumah maka mereka melakukan pengecekan hingga jaringan di luar.

Harusnya mereka dapat mengetahui lebih banyak dimana masalah tersebut muncul, melakukan cluster jenis masalah yang muncul dilapangan, melakukan regresi untuk estimasi lama setiap jenis masalah dapat diselesaikan. Bagi saya Telkom perusahaan telkomunikasi terkemuka di Indonesia, tapi kualitas layanannya kaya startup usia setahun, atau bahkan lebih buruk.

Bahkan memberikan informasi masalah yang muncul itu sebenarnya apa dan apa yang akan mereka lakukan dan berapa lama masalah itu dapat diselesaikan mereka tidak bisa, sama sekali tidak bisa. Bahkan untuk update data nomor telepon yang dapat dihubungi didata pelanggan saja mereka selalu saja gagal. Setelah saya informasikan perubahan untuk nomor kontak yang digunakan tetap saja nomor kontak lama yang mereka sebutkan.

Mereka rajin kalau masalah menawarkan layanan lain untuk Indihome (biasanya tambahan channel), tidak perlu bikin layanan aneh-aneh yang tidak penting. Perbaiki saja kualitas layanan internet Telkom. Memang harus berfikir ulang untuk berlangganan Indihome jika ada provider internet lain. 

Hendri Karisma
Permata Cimahi, Rt.2, Rw.13, Kab. Bandung Barat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Telkomsel
Penipuan Menggunakan Akun My Telkomsel
First Media
Kesulitan Untuk Berlangganan First Media
Bank BCA
Gagal Isi Ulang Gopay, BCA Melakukan Penarikan
JD.ID
Refund JD.ID Belum Diterima
Bank CIMB Niaga
Pengembalian Provisi Tidak Pernah Dikembalikan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Bukalapak
Beli Pulsa tapi Status Pembayaran Belum Terkonfirmasi
Elevenia
Elevenia Belum Mengirimkan Uang Refund
Bank ANZ Indonesia
Ubah Transaksi Cicilan, Bank ANZ Tidak Mencatat
Bank CIMB Niaga
Hati-hati Penawaran Telemarketing CIMB Niaga
Bank CIMB Niaga
Kartu Tidak Bisa Digunakan