Surat Pembaca
Bukalapak

Beli Pulsa tapi Status Pembayaran Belum Terkonfirmasi

Rabu, 19 Juli 2017 | 17:04 WIB

Sebelumnya saya sudah pernah menulis mengenai keluhan transaksi di Bukalapak. Tadinya harapan saya pihak Bukalapak dapat serius menanggapi, tapi akhirnya terjadi lagi. Tanggal 18 Juli 2017, saya melakukan pembelian pulsa XL sebesar 50 ribu total pembayaran Rp. 49.953 dengan nomor tagihan BL17113X9JVSINV.

Setelah itu, saya melakukan pembayaran via Mandiri Internet Banking Rp 49.953. Lalu, 30 menit setelah transfer, saya cek status pembayaran diaplikasi Bukalapak dan ternyata status pembayaran tersebut masih belum terkonfirmasi. Sedikit keanehan sebenarnya. Padahal sudah ditansfer dengan total pembayaran yang sesuai.

Atas kendala tersebut, bergegas saya hubungi pihak Bukalapak melalui akun Twitter @Bukalapak_care. Beberapa menit kemudian, akhirnya ada tanggapan. Isi dalam tanggapan pihak Bukalapak menyarankan agar saya melakukan konfirmasi bukti transfer pembayaran di-link yang direkomendasikan. Saya buka link-nya dan mengisi data berikut dengan foto bukti transfer namun sayangnya terjadi error ketika submit atau kirim data tersebut.

Saya coba lagi di desktop dan mobile, namun tetap saja link atau halaman tersebut tidak bisa di-submit. Padahal koneksi internet tidak ada masalah. Beberapa jam kemudian, saya menghubungi Customer Service Bukalapak di 1500-350. Customer service menanyakan masalah perangkat yang digunakan dan masalah koneksi internet bermasalah atau tidak.

Hasil dari percakapan itu, saya disarankan untuk menunggu dan akan dihubungi kembali oleh pihak Bukalapak. Namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari pihak Bukalapak.

Kejadian ini sangat menjekelkan sekali. Saya isi pulsa di Bukalapak berharap cepat dan praktis tanpa harus keluar rumah. Saya juga membutuhkan pulsa sangat mendesak. Namun nyatanya pulsa belum diterima, uang tidak bisa kembali dengan cepat, mengurusnya susah, dan menghabiskan pulsa.

Rizki Firdaosyi
Pasirtariti No.38, Rangkasbitung
Bukalapak

Beli Pulsa tapi Status Pembayaran Belum Terkonfirmasi

Senin, 24 Juli 2017 | 18:08 WIB

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Kompas.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca harian Kompas.com tertanggal 19 Juli 2017 yang ditulis oleh Bapak Rizki Firdaosyi perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Beli Pulsa tapi Status Pembayaran Belum Terkonfirmasi", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Rizki, kami sudah melakukan konfirmasi kepada Bapak Rizki terkait pembelian pulsa, dikarenakan adanya error pada sistem pembayaran kami, menyebabkan transaksi pembelian pulsa yang dilakukan oleh Bapak Rizki tidak terverifikasi secara otomatis pembayarannya. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut dana transaksi Bapak Rizki statusnya sudah dilakukan refund kesaldo Bukadompet Bapak Rizki per tanggal 19 Juli 2017 dan sudah dilakukan pencairan dana oleh Bapak Rizki pada hari yang sama.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager
Plaza City View, 1st Floor, Jl. Kemang Timur No. 22, Pejaten Barat, Jakarta Selatan, 12510
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup