Surat Pembaca
Tokopedia.com

Deskripsi di Halaman Website Tokopedia Tidak Sesuai

Selasa, 25 Juli 2017 | 12:29 WIB

Saya membeli dua buah filter kamera digital di Tokopedia pada hari Sabtu, 17 Juni 2017, sekitar pukul 11.00 WIB, dengan nomor invoice INV/20170617/XVII/VI/89126398. Saya pesan dengan layanan pengiriman Go-Send Same Day, dimana tertulis pada halaman Tokopedia pengiriman tiba maksimal dalam 8 jam.

Pesanan barang tersebut akan saya bawa ke Bali untuk photo hunting pada tanggal 18 Juni 2017. Saya terus memantau pengiriman dengan berdiskusi dengan penjual pada halaman Tokopedia, agar pesanan tiba pada hari yang sama. Pukul 22:11 WIB, barang pesanan belum juga tiba sehingga saya meminta ke penjual untuk mengirim ke Bali melalui ekspedisi dengan pengiriman Same Day Service.

Karena saya pikir ini merupakan tanggungjawab penjual tidak dapat mengirim sesuai deskripsi dihalaman website Tokopedia. Namun barang pesanan tidak kunjung sampai juga di Bali. Barang pesanan tiba tanggal 20 Juni 2017 di Bintaro (sesuai dengan alamat tujuan pengiriman awal), diterima oleh seorang Ibu, bukan saya sendiri.

Karena pada tanggal 20 Juni 2017, saya masih berada di Bali. Pengiriman dilakukan oleh Go-Send. Pada tanggal 24 Juni 2017, paket baru saya buka. Saya mendapati barang tidak sesuai pesanan, dari 2 buah barang yang saya pesan hanya 1 yang saya terima. Karena kejadian tersebut, tanggal 21 Juni 2017, saya telah mengirimkan komplain dilengkapi dengan bukti ticket dan boarding pass ke Tokopedia.

Tokopedia berjanji akan melakukan investigasi ke pihak Go-Jek. Tanggal 24 Juni 2017, saya menyampaikan juga bahwa barang tidak sesuai pesanan, dari 2 buah yang saya pesan, hanya 1 buah yang saya terima. Setelah beberapa hari saya menunggu, penjual hanya memberikan solusi barang dikembalikan. Tokopedia memaksa saya untuk mengembalikan barang atau uang transfer diberikan ke penjual tanda transaksi jual beli sukses.

Beberapa complain saya: 1) Nama penerima barang tidak benar. Sepertinya driver Go-Send tidak bertanya nama kepada penerima. 2) Dari dua barang yang saya pesan, hanya satu yang saya terima. 3) Karena keterlambatan, barang pesanan tidak jadi digunakan sesuai peruntukan untuk photo hunting di Bali. 4) Terkait keterlambatan pengiriman Go-Send, Customer Service Tokopedia tidak memenuhi janji untuk memberikan hasil investigasi secara menyeluruh.

5) Saya merasa tertipu dengan deskripsi di Tokopedia menyatakan bahwa pengiriman maksimal tiba dalam 8 jam via Go-Send. 6) Tokopedia tidak memiliki call center, sehingga sulit berkomunikasi verbal. 7) Tokopedia hanya tidak memberikan alternatif solusi selain mengembalikan barang, tanpa memikirkan kerugian yang telah saya alami sebagai konsumen.

Dengan kejadian yang saya alami ini, posisi saya (juga pembeli lain) sebagai konsumen sangat amat lemah. Uang sudah ditransfer ke Tokopedia, namun barang pesanan tidak lengkap diterima, pengiriman barang tidak sesuai deskripsi dan dipaksa mengembalikan barang pesanan tanpa mempertimbangkan kerugian yang dialami konsumen.

Saya mengalami kerugian tidak dapat menggunakan filter kamera untuk mendapatkan hasil photo sesuai harapan saya. Sebagai pembeli online, konsumen sangat tergantung pada deskripsi di Tokopedia. Bagi calon pembeli di Tokopedia, kejadian ini menjadi pelajaran supaya berhati-hati untuk membeli barang secara online di Tokopedia karena posisi konsumen sangat lemah.

Saya juga berharap Tokopedia dapat memperbaiki sistem pengiriman dan memberikan beberapa alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah, dimana hak konsumen harus diperhatikan. Sampai saat ini saya masih menyimpan paket pengirman dan barang pesanan lengkap dengan segel, plastik dan catatan dari penjual.

Yudintha
Graha Bintaro Jaya GR 31, Tangerang Selatan
PT Tokopedia

Deskripsi di Halaman Website Tokopedia Tidak Sesuai

Jumat, 11 Agustus 2017 | 13:51 WIB

Berdasarkan investigasi atas kasus Saudari Yudintha (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/54494/Deskripsi-di-Halaman-Website-Tokopedia-Tidak-Sesuai), kami menemukan bahwa pembatalan pick up dari driver secara sepihak terjadi di tanggal 17 Juni 2017. Pembatalan ini tidak segera disadari oleh seller yang bersangkutan sehingga pencarian ulang driver yang harus dilakukan secara manual terlewatkan oleh seller tersebut. Hal itu mengakibatkan pengiriman tertunda hingga 20 Juni 2017.

Kami memohon maaf atas ketidaknyaman ini dan berangkat dari kendala yang dialami oleh Saudari Yudintha, Tokopedia akhirnya melakukan pengembangan sistem Auto Routing. Sistem ini akan melakukan pencarian ulang driver secara otomatis pada keesokan harinya, jika terjadi pembatalan pick up pesanan oleh driver, seperti yang dialami oleh Saudari Yudintha.

Kami juga sudah menghubungi Saudari Yudintha untuk menjelaskan hal ini dan Saudari Yudintha telah menerima penjelasan ini dengan baik. Dana pun sudah diteruskan ke seller dan dengan ini kasus dinyatakan selesai.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Siti Fauziah - Communications Lead
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Surat Pembaca
Lihat Semua
AIA
Kecewa Pelayanan Lambat dari AIA
Wings Air
Kecewa dengan Pelayanan Wings Air Selayar
Bank Mandiri
Kecewa Pelayanan Mengenai Ecash
Telkom Indihome
Kecewa dengan Pelayanan Telkom Indihome
J&T Express
Pelayanan Pengiriman J&T Tidak Memuaskan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
PT XL Axiata
Sinyal XL Tiba-tiba Hilang
Bukalapak
BukaDompet Dibekukan
JNE
Pengiriman Paket Melalui JNE Mengecewakan
Bukalapak
BukaDompet Dibekukan Tidak bisa Tarik Dana
Bukalapak
Lamanya Proses Pengaktifan Kembali Buka Dompet