Surat Pembaca
BCA Finance

Collection Fee Naik Drastis

Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:12 WIB

Saya debitur BCA Finance dengan nomor kontrak 1202008206-001. Dikarenakan beberapa kali saya masuk rumah sakit, pembayaran angsuran menjadi terlambat. Saat ini angsuran yang terlambat masuk bulan ketiga. Case saya ditangani oleh kolektor bernama Awang. Pada bulan pertama Mas Awang mengatakan bahwa angsuran harus dibayar ditambah collection fee sebesar 1,5juta.

Tetapi karena kondisi keuangan saya yang belum memungkinkan karena harus dirawat inap lagi sehingga membutuhkan biaya, akhirnya baru bisa saya selesaikan dibulan Agustus 2017 dimana tunggakan telah berjalan tiga bulan. Pada tanggal 3 Agustus 2017, saya bertemu dengan Mas Awang sebagai kolektor. Pada saat ini disebutkan bahwa collection fee adalah 3 juta. Pada tanggal 9 Agustus 2017, saya mendatangi kantor BCA Finance Bandung untuk menyelesaikan tunggakan dengan membayar 3 bulan angsuran.

Alangkah kagetnya ketika kolektor mengatakan collection fee yang awalnya 1,5 juta berubah menjadi 7 juta. Sehingga saya diharuskan membayar 3 bulan angsuran ditambah fee 7 juta ditambah lagi angsuran bulan Agustus. Padahal tagihan selanjutnya adalah tanggal 18 Agustus 2017. BCA Finance ini institusi keuangan atau rentenir? Masa denda dalam waktu singkat naik drastis? Nasabah yang beritikad baik untuk menyelesaikan tunggakan bukannya dibantu malah makin dicekik dengan berbagai macam biaya.

Saya bisa terima bila dikenakan bunga sesuai tunggakan sebagaimana yang tertera dikontrak. Tetapi dikenakan biaya collection fee 7 juta dikarenakan terlambat 3 bulan tentu saja sangat memberatkan. Mohon BCA Finance memberikan kejelasan dan keringan pada nasabah yang beritikad baik untuk melunasi tunggakan.

Indra D Kurniawan
Jl. Pagarsih 234, Bandung
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Ray White Property
Tindakan Sales Ray White Harapan Indah Kurang Pantas
Bank BNI
Kartu Pengganti BNI Tak Kunjung Datang
JNE
Dua Kali Telepon CS Tidak Direspon Serius
GO-JEK
Go-Jek Multi Login
JD.ID
JD.ID Menjual Produk yang Tidak Sesuai Spesifikasi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Maybank Indonesia
Minta KKS Ditutup, Annual Fee Tetap Ditagih
Bank Danamon
Dana Tunai Kartu Kredit Danamon Belum Dikreditkan
Bank CIMB Niaga
Belum Mendapatkan Quota XL
Bukalapak
Ketidakjelasan Pembelian Laptop di Bukalapak
XL Axiata
XL Sedot Pulsa