Surat Pembaca
Prudential Life Assurance

Perubahan Nomor Kartu Kredit Sangat Sulit

Kamis, 10 Agustus 2017 | 14:46 WIB

Saya sudah menjadi pemegang polis PT Prudential selama 10 tahun dan selama ini pembayaran polis saya dilakukan via autodebit kartu kredit BCA. Pada bulan Mei 2017, kartu kredit BCA saya mendapatkan penggantian karena kartu sebelumnya yang terdaftar sudah expired. Awalnya saya tidak menyadari bahwa nomor kartu saya berubah. Sampai akhirnya ditagihan kartu kredit bulan Juni tidak ada lagi autodebit.

Kemudian saya inisiatif untuk menghubungi customer serice via telepon pada tanggal 22 Juni 2017. Lalu kemudian saya mendapatkan email balasan dan dituntun untuk mengisi kembali formulir perubahan metode pembayaran menjadi autodebit kartu kredit dan formulir surat kuasa pendebitan kartu kredit (SKPKK).

Pada hari itu juga tanggal 22 Juni saya kerjakan semuanya dan mengirimkan via pos kepada PT Prudential. Saya sudah merasa cukup aman karena sudah melakukan bagian saya untuk mengirimkan kedua form tersebut, copy KTP dan kartu kredit saya. Setelah saya menunggu tagihan kartu kredit bulan Juli, saya masih mendapati tidak adanya pendebitan dari Prudential ditagihan kartu kredit saya (setelah satu bulan berlalu).

Maka pada tanggal 31 Juli, saya kembali meghubungi customer service via email menanyakan mengenai status surat autodebit saya apakah sudah sampai atau belum. Pada tanggal 1 Agustus 2017, Ibu Defi Customer Care membalas email saya dan menginformasikan bahwa surat kuasa pendebitan sudah diterima namun foto kopi kartu kredit saya bagian depannya tidak jelas sehingga tidak bisa diproses.

Saya komplain, kenapa Prudential tidak pernah menghubungi saya jika ada data yang kurang padahal itu sudah sebulan yang lalu. Namun bagaimanapun akhirnya saya mengirimkan kembali copy kartu kredit saya yang lebih jelas. Pada tanggal 2 Agustus, Ibu Eli Customer Care membalas email saya dan menyatakan bahwa copy kartu kredit saya sudah diterima dengan baik via email. dan diminta untuk menunggu prosesnya.

Sampai pada akhirnya pada tanggal 8 Agustus, saya menerima email kembali dari Senja Customer Care yang menyatakan bahwa permohonan saya tidak bisa diproses karena ada data yang salah pada tanggal expired kartu.

Bahkan Senja menyampaikan bahwa, "perlu kami ingatkan bahwa saat ini status polis Bapak menggunakan fasilitas cuti premi sejak jatuh tempo 27 Mei 2017, sehingga kami sarankan Bapak dapat membayarkan premi tertunggak dulu secara tunai agar proses perubahan data kartu kredit dapat kami proses setelah Bapak mengirimkan kelengkapan dokumen kembali."

Saya ingat sekali bahwa semua data sudah saya verifikasi sebelum saya kirimkan. Kalaupun jika memang ada kesalahan kenapa PT Prudential tidak menghubungi saya dari awal? Kenapa tidak ada pemberitahuan via telepon atau email atau SMS atau surat mengenai hal ini. Jika saya tidak ada inisiatif untuk menghubungi Prudential mungkin asuransi saya bisa-bisa lapse.

Erlan Santoso
Perumahan Selaras Cihanjuang No. 28, Bandung
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Ray White Property
Tindakan Sales Ray White Harapan Indah Kurang Pantas
Bank BNI
Kartu Pengganti BNI Tak Kunjung Datang
JNE
Dua Kali Telepon CS Tidak Direspon Serius
GO-JEK
Go-Jek Multi Login
JD.ID
JD.ID Menjual Produk yang Tidak Sesuai Spesifikasi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Maybank Indonesia
Minta KKS Ditutup, Annual Fee Tetap Ditagih
Bank Danamon
Dana Tunai Kartu Kredit Danamon Belum Dikreditkan
Bank CIMB Niaga
Belum Mendapatkan Quota XL
Bukalapak
Ketidakjelasan Pembelian Laptop di Bukalapak
XL Axiata
XL Sedot Pulsa