Surat Pembaca
Go-Jek

Pencurian Saldo Go-Pay

Sabtu, 9 September 2017 | 15:33 WIB

Tanggal 7 Agustus 2017 saya mendapat telepon dari seorang penipu yang mengaku dari CS Go-Jek. Berbarengan saat itu masuk pula SMS berisi kode password login dari Go-Jek, karena saya lengah akhirnya penipu tersebut berhasil mendapatkan password yang dikirim Go-Jek tersebut.

Setelah sadar bahwa saya telah tertipu, maka saya langsung menghubungi CS Go-Jek dan meminta agar akun Go-Jek saya diblokir sementara. Berikut nomer laporannya 20833902.

Prosedur agak bertele-tele. Saya diminta mengirimkan screenshoot beberapa halaman App Go-Jek di HP. CS yang menerima laporan hanya menjanjikan akan mengecek dan memproses laporan saya.

Beberapa kali saya menelepon dan mengirimkan email, tapi tidak ada tindakan apapun dari Go-Jek untuk mengamankan kredit Go-Pay saya. Akhirnya saldo Go-Pay saya berhasil dikuras habis oleh penipu dengan leluasa.

Setiap kali membalas email saya, CS Go-Jek selalu berkilah bahwa PT Go-Jek Indonesia tidak pernah meminta data pelanggan seperti kode verifikasi dengan alasan apapun dan menganggap penipu yang mengakses akun Go-Jek saya sudah dengan persetujuan saya.

Saya mengerti bahwa saya telah lalai memberikan kode verifikasi kepada orang lain. Tapi tahukah Go-Jek bahwa saya ini korban penipuan? Saya juga sudah segera melapor kepada Go-Jek agar dilakukan pengamanan terhadap akun saya, sesuai yang disarankan oleh Go-Jek sendiri. Tapi sama sekali tidak ada tindakan apapun dari GoJek.

Sampai hari ini sudah lewat 1 bulan setelah Go-Jek menjanjikan akan me-reset akun saya dan akan memberikan notifikasi resmi jika akun saya sudah di-reset. Namun tidak ada tindakan atau follow up apapun dari Go-Jek atas masalah saya.

Pertanyaan untuk Go-Jek, sistem apa yang digunakan untuk me-reset akun saja tidak selesai dalam waktu 1 bulan? CS Go-Jek cuma bisa menyalahkan konsumen dan janji-janji tidak jelas, itupun sesudah konsumen yang berinisiatif menanyakan kelanjutan laporannya.

Saya sudah dirugikan selain karena kelalaian saya, juga karena Go-Jek tidak bertindak apa-apa. Apakah memang Go-Jek sengaja membiarkan para penipu menguras kredit Go-Pay, meskipun konsumen sudah melaporkannya?

Kepada konsumen dan calon konsumen Go-Jek saya mengimbau agar berhati-hati dengan akun Go-Jek anda. Entah bagaimana para penipu bisa mengetahui nomor telepon dan akun Go-Jek kita.

Mereka mungkin sedang mengincar akun Go-Jek anda. Jika anda lalai dan penipu berhasil mengakses akun Go-Jek anda, maka bisa dipastikan kredit Go-Pay anda akan dikuras habis. Go-Jek tidak akan membantu mengamankan akun anda meskipun anda sudah melaporkannya, seperti yang sudah saya alami.

Lim Pribadi
Jl. Kalipasir No. 25/29, Kel. Sukasari, Tangerang
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup