Surat Pembaca
Telkomsel

Paket TAU 4G Telkomsel Mengecewakan

Selasa, 12 September 2017 | 15:53 WIB

Saya sudah beberapa tahun menjadi pelanggan setia Telkomsel. Beberapa bulan terakhir saya membeli paket internet TAU yang terdiri dari beberapa quota internet, yaitu: lokal 1.5 GB, 4G 5 GB, Internet 500 MB dan VideoMax 7 GB.

Pada bulan April 2017, saya sempat mengirimkan email keluhan kepada Telkomsel, karena quota internet lokal saya terpotong padahal sedang berada pada jaringan 4G. Sampai saat ini email tersebut tidak mendapatkan tanggapan apapun dari pihak Telkomsel. Oleh karena tidak sampai menimbulkan kerugian finansial, maka waktu itu tidak saya permasalahkan lebih lanjut.

Bulan Juli 2017, saya kembali mengalami hal yang sama dan kali ini sampai menimbulkan kerugian finansial. Pulsa saya terpotong, padahal quota internet 4G saya masih tersisa lebih dari 2 GB.

Ketika dihubungi, pihak call center Telkomsel menjelaskan bahwa pemotongan pulsa dilakukan karena karena jaringan 4G masih belum stabil dan otomatis dipindahkan ke 3G. Oleh karena quota internet lokal saya sudah habis, maka pemakaian internet memotong dari pulsa.

Saat itu, call center Telkomsel hanya menyarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci jaringan di 4G atau melakukan setting di handphone. Terpaksa saya harus merelakan pulsa saya yang terpotong, karena Telkomsel menganggap pemakaian saya wajar. Walaupun terpotongnya pulsa itu akibat kurang memadainya fasilitas pendukung jaringan 4G.

Bulan Agustus 2017, saya beralih ke paket internet reguler yang lebih mahal, dengan quota 6 GB (3GB lokal 3GB 4G). Setelah saya pindah ke paket ini, tiba-tiba jaringan 4G menjadi lebih stabil. Pemotongan quota berlangsung lebih wajar, dimana quota 4G pun turut berkurang.

Bulan September 2017, saya beralih kembali ke paket TAU, karena saya berpikir bahwa jaringan 4G Telkomsel sudah lebih baik, dan saya membutuhkan quota 4G yang lebih besar. Saya pun menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci jaringan di 4G.

Kenyataannya, walaupun sudah dikunci di 4G, quota yang terpotong tetap quota 3G. Kualitas jaringan 4G Telkomsel tiba-tiba kembali memburuk, hanya 1 bar dan lebih sering hilang. Padahal separuh hari saya dihabiskan di pusat kota (daerah Thamrin-Sudirman).

Dari kejadian yang saya alami ini, saya simpulkan bahwa paket internet TAU 4G yang ditawarkan Telkomsel kenyataan di lapangan tidak sesuai dengan penjelasan yang diberikan di website Telkomsel. 

Jika Telkomsel belum mampu mengakomodir jaringan 4G, jangan menjual produk internet 4G. Jika memang belum mampu menyediakan internet murah, jangan menawarkan paket internet yang murah tapi kualitas murahan.

Lorentius
Jl Kelapa Puan Timur 1 NB 1/11
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup