Surat Pembaca
Tokopedia

Buruknya Pelayanan Keluhan Konsumen Tokopedia

Selasa, 10 Oktober 2017 | 16:33 WIB

Saya adalah pelanggan Tokopedia yang melakukan transaksi pada bulan Juli 2017 dengan nomor transaksi INV/20170721/XVII/VII/93914213 sebesar Rp 3.687.300. Saya menggunakan fasilitas cicilan BCA 12 kali.

Transaksi pembelanjaan dibatalkan karena suatu hal. Limit kartu kredit sudah dikembalikan seutuhnya. Namun yang membingungkan adalah, cicilan atas transaksi tersebut belum dibatalkan hingga saat ini.

Saya sudah menyampaikan keluhan melalui fasilitas keluhan yang diberikan oleh Tokopedia. Pihak Tokopedia mengklaim sudah melakukan pembatalan ke pihak BCA pada tanggal 13 September 2017. Mereka meminta saya untuk mengecek ke pihak bank.

Setelah saya beberapa kali berdebat dengan CS BCA, saya hanya mendapat 1 jawaban yaitu BCA belum menerima permintaan pembatalan cicilan dari Tokopedia atas transaksi tersebut. Jika saya yang batalkan, maka akan dikenakan charge dan harus dibayar lunas.

Dari bulan Juni 2017 hingga saat ini, tidak ada progress nyata dari pihak Tokopedia. Dari awal saya melaporkan keluhan, CS Tokopedia hanya menginformasikan untuk menunggu hingga billing statement keluar. Cicilan sudah masuk bulan ke 3 sejak transaksi. Sampai kapan saya harus menunggu?

Pelayanan keluhan dari Tokopedia tidak memberikan solusi yang nyata. Apakah sampai butuh waktu berbulan-bulan untuk membatalkan cicilan dari transaksi yang dibatalkan? Saya tidak menerima barang, tapi harus membayar cicilan yang berjalan tersebut.

Selain itu fasilitas keluhan pelanggan Tokopedia hanya terdapat 1 jalur yang terintegrasi dalam website-nya. Tidak ada fasilitas lain seperti call center dan sebagainya. Apakah tidak ada eskalasi keluhan pelanggan untuk perusahaan sebesar Tokopedia?

Saya dirugikan dalam hal waktu, tenaga, pikiran, dan materi untuk mengurus hal ini. Saya tahu nominalnya mungkin buat sebagian orang tidak terlampau besar, tetapi uang tersebut sangat bermanfaat untuk saya. Mohon Tokopedia untuk segera menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi. 

Jimmy
Perum. Pondok Damai D1 No. 5
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Blibli.com
Dua kali Dikecewakan Pembelian Chest Freezer
Bank UOB Indonesia
Pelunasan Kredit Bank UOB Terlalu Lama
Bank Mega
Perhitungan Bunga Kartu Kredit yang Aneh
OVO Indonesia
Transaksi Gagal, Namun Dana Tidak Dikembalikan
Bank BCA
Fasilitas Kartu Kredit BCA Merepotkan Nasabah
Tanggapan Lain
Lihat Semua
JD.ID
Kecewa dengan Pembatalan Order JD.ID
Tokopedia dan FixPrint Store
Tokopedia Mendukung Penjual yang Menjual Barang Rusak
Tokopedia
Pusat Resolusi Tokopedia Membuat Customer Menunggu Tanpa Kepastian
JD.ID
Kecewa dengan JD.ID
Bukalapak
Sulitnya Mengurus Pembatalan Pembelian di Bukalapak