Surat Pembaca
PT Tokopedia

Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim

Minggu, 5 November 2017 | 12:29 WIB

Pada tanggal 02 November 2017 saya melakukan pembelian barang di Tokopedia.com dengan nomor invoice INV/20171102/XVII/XI/113364106 dan INV/20171102/XVII/XI/113364105. Dikarenakan saya membutuhkan cepat, saya pesan menggunakan layanan pengiriman sameday delivery dengan instant courier (pengiriman dihari yang sama). Saat itu kebetulan sedang ada promo Grab Instant Delivery.

Dihari yang sama saya cek statusnya. Pihak penjual telah melakukan proses pesanan dan telah melakukan proses pickup untuk siap di-pickup melalui Grab Instant Courier. Esoknya saya cek lagi status di Tokopedia, ternyata masih menunggu driver melakukan pickup.

Berharap mendapatkan pelayanan cepat malah barang sudah dua hari tidak kunjung datang. Hari itu juga saya ajukan komplain kepada pihak Customer Service Tokopedia dengan nomor pengaduan ID: #01509160. Menanyakan kapan barang saya sampai karena saya butuh cepat barangnya.

Pihak customer service hanya meminta saya untuk menunggu karena sedang antrean proses pengecekan pihak terkait. Berkali-kali saya tanyakan pihak customer service dan jawabannya tetap sama, saya diminta menunggu karena barang pesanan saya sedang diproses. Saya butuh barang itu cepat dikirim, karena barang tersebut akan dipakai tanggal 4 November 2017.

Waktu saya sudah semakin dekat. Jika harus menunggu jawaban yang belum pasti, kapan barang saya bisa dikirim. Saya tanya kembali kepada customer service, berapa lama batas waktu proses pengiriman dan jika memang barang tidak bisa dikirim saya meminta uang saya dikembalikan untuk membeli produk di tempat lain karena mengejar waktu.

Terakhir pihak Customer Service Tokopedia menyarankan saya untuk melakukan pembatalan melalui pusat resolusi dan berdiskusi menyelesaikan masalah saya dengan penjual. Saya tambah marah karena disarankan seperti itu. Sudah jelas-jelas kesalahan bukan pada penjual melainkan kesalahan disistem prosedur pengiriman Tokopedia.

Seolah-olah pihak Tokopedia tidak mau bertanggung jawab dengan permasalahan yang ada pada mereka. Mohon penjelasaanya pihak Tokopedia mengenai prosedur pengiriman layanan sameday instant courier yang ada di Tokopedia.

*tayang tanggal 7 November 2017 

Rian Arya
Jl Juraganan No.17, Jakarta
PT Tokopedia

Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim

Kamis, 23 November 2017 | 17:44 WIB

Menanggapi kasus yang dialami oleh Saudara Rian Arya (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/55064/Barang-Pesanan-Saya-Tidak-Dikirim), kami memohon maaf atas ketidaknyamanan Anda dikarenakan adanya kendala sistem yang menyebabkan pencarian driver untuk mengantar barang pesanan menjadi gagal.

Per tanggal 7 November dan 4 November 2017, dana sudah direfund ke Saldo TokoCash pembeli, masing-masing untuk transaksi dengan nomor invoice INV/20171102/XVII/XI/113364106 dan INV/20171102/XVII/XI/113364105. Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup