Surat Pembaca
Pos Indonesia

Paket dari Luar Negeri via EMS Tidak Jelas

Rabu, 8 November 2017 | 10:51 WIB

Kakak saya di Jepang mengirimkan paket sebagai hadiah melalui EMS pada tanggal 4 Oktober 2017 dengan barcode EG540577121JP. Melalui EMS tracking dapat diketahui bahwa barang sudah tiba di Indonesia pada tanggal 9 Oktober 2017.

Karena tidak melihat ada perkembangan lagi, tanggal 13 Oktober 2017 saya menghubungi Halo Pos 161 dan disampaikan petugas bahwa saya harus mengirim bukti kiriman EMS dari Jepang. Tanggal 15 Oktober 2017 saya mengirimkan bukti tersebut via email baik lembar bukti pengiriman dari pengirim maupun lembar bukti untuk penerima serta bukti bayar pengiriman.

Tanggal 16 Oktober 2017 saya menghubungi Halo Pos 161 dan petugas menyampaikan saya harus menyampaikan NPWP. Pada saat itu juga saya menyampaikan via email NPWP file PDF yang diminta. Melalui EMS tracking sudah ada status baru pada tanggal 16 Oktober 2017 yaitu penerimaan dokumen, proccesing document dan confirmation by customs dalam hal ini KPU Bea dan Cukai Soetta.

Karena tidak juga ada perkembangan lagi di EMS Tracking, tanggal 25 Oktober 2017 saya menanyakan status paket saya via email dan tanggal 26 Oktober 2017 dibalas bahwa saya harus melampirkan dokumen pendukung berupa bukti pembelian atau bukti transaksi pembayaran dan NPWP dalam bentuk format file pdf.

Saya terkejut dan kembali menghubungi Halo Pos 161 dan dijawab dokumen itu diminta oleh pihak Bea dan Cukai Soetta. Saya merasa kesal karena SOP untuk penerimaan paket EMS Indonesia yang tidak jelas. Saya menanyakan telepon Bea dan Cukai Soetta dan diberikan nomor 1500225, tetapi setelah dicoba berkali-kali dihubungi ternyata tidak ada petugas yang mengangkat.

Tanggal 27 Oktober 2017 saya mengirimkan email menanyakan progress-nya dan dijawab saya harus mengirimkan. Tanggal 30 Oktober 2017 dijawab bahwa diminta dokumen bukti bayar pembelian barang.

Selanjutnya saya mengirimkan surat pernyataan bahwa itu merupakan hadiah dan agar dikenakan biaya yang diperlukan (bea masuk) dengan menggunakan harga estimasi sesuai harga pasar, karena harga paket lebih dari $100. Tanggal 31 Oktober 2017 ada balasan untuk membuat surat pernyataan ulang sesuai format dan saya langsung mengirimkannya.

Karena masih belum ada perkembangan juga, tanggal 6 November 2017 saya menghubungi Halo Pos 161 dan dijawab dokumen yang diminta agar dikirimkan via email karena belum dierima. Saya sangat kecewa dengan kinerja pegawai PT. Pos Indonesia yang mempermainkan saya, tetapi kembali saya mengirimkan ulang surat pernyataan dan NPWP.

Saya kembali mencoba menghubungi Bravo Bea Cukai di 1500225 tetapi sulit tersambung. Saya juga mencoba menghubungi melalui email info@customs.go.id dan mengirimkan dokumen pendukung yang diperlukan tetapi sampai saat ini belum ada respon.

Tanggal 7 November 2017, saya menerima email untuk mengirimkan lagi bukti transaksi pembayaran serta NPWP dan langsung saya balas dengan mengirimkan ulang untuk ke sekian kalinya walaupun dengan perasaan yang sangat kesal.

Saya sudah lelah menghubungi Halo Pos 161 karena tampak tidak profesional dalam melakukan tugasnya. Tidak ada transparansi terkait SOP yang jelas untuk penerimaan paket dari luar negeri baik pada PT. Pos Indonesia maupun KPU Bea dan Cukai Soetta. Entah sampai kapan paket tersebut dapat saya terima dan entah sampai berapa kali saya harus mengulang pengiriman dokumen yang sama, padahal bukti kirim email ke EMS, Halopos161, Inquems_Rugby dan Inqiury masih tersimpan rapi. 

*tayang tanggal 9 November 2017

Febe Debora
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2- 4, Jakarta Pusat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup