Surat Pembaca
Indosat Ooredoo

Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?

Rabu, 8 November 2017 | 14:43 WIB

Saya sangat menyayangkan pelayanan yang diberikan oleh Indosat Ooredoo terhadap pelanggannya. Sekitar awal September 2017, saya datang ke Gerai Indosat yang berada di Sarinah bersama teman saya. Rencana akan bertanya lebih lanjut dan ganti ke paket yang lebih menarik yang ditawarkan oleh Indosat.

Sesampainya kami di Gerai Indosat, kami dilayani oleh seorang customer service bernama Andreas. Singkat cerita, saya melakukan pemindahan dari nomor prabayar ke pascabayar. Pada saat itu saya tidak ada menandatangani surat apapun yang menyatakan bahwa saya tidak dapat pindah lagi ke prabayar.

Setelah satu bulan berlalu, pulsa saya mulai hilang secara otomatis. Kalau diakumulasi sampai sekarang pulsa saya yang hilang berjumlah Rp.100.229. Tidak sampai situ, saya juga harus membayar tagihan lain sebesar Rp.46.851. Padahal saya sudah bayar sebesar Rp.240.000 pada saat awal pendaftaran. Saya mulai bingung dan berniat mencari jawaban kepada pihak Indosat.

Saya datang ke Gerai Indosat yang berada di Emporium Pluit Mall, membawa laporan yang diberikan oleh pihak Indosat via email. Sesampainya saya ke sana, yang mengejutkan adalah, pegawai Indosat sendiri tidak mengerti bagaimana cara membaca laporan tersebut. Pegawainya sendiri saja tidak bisa membaca laporannya, bagaimana orang awam seperti saya?

Saya tanya beberapa hal ke pegawai Indosat yang berada di Emporium Pluit Mall, dia juga seperti kebingungan menjawab pertanyaan saya dan tidak yakin akan jawabannya sendiri. Dia malah meminta saya untuk pergi ke Gerai Indosat di Sarinah dengan dalih disana lebih "tua" gerainya (padahal tidak ada hubungannya).

Tidak ingin berdebat lama karena saya tidak mendapat jawaban juga, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Gerai Indosat di Sarinah, berharap mendapat jawaban dari segala pertanyaan saya. Ternyata sama saja! Lebih-lebih, customer service yang ada di Gerai Indosat nampak kesal saat melayani saya.

Dia terus menanyakan apakah masih ada pertanyaan? Loh padahal pertanyaan saya belum terjawab, tapi kok malah bertanya apa saya punya pertanyaan lagi? Anehnya lagi, saya melontarkan pertanyaan yang sama dengan yang saya lontarkan ke customer service di Emporium Pluit Mall. Apa yang saya dapat? Jawaban yang berbeda-beda dari setiap customer service. Mana yang harus saya percaya?

Saya sangat kecewa dengan pelayanan pascabayar Indosat, dan minta untuk pindah kembali ke prabayar. Saya menyampaikan hal ini kepada customer service yang melayani saya di Sarinah. Saya menyatakan bahwa saya kecewa dengan pelayanan yang diberikan, apalagi saya tahu bahwa yang melayani saya ternyata anak training baru yang belum jelas tentang sistem dan harusnya dibimbing oleh atasannya.

Customer service yang melayani saya di Sarinah pun tidak bisa memberi jawaban, dan saya juga tidak ingin berlama-lama karena saya tidak mendapat yang saya inginkan. Esok harinya, saya telepon ke Customer Service Indosat. Pertama saya berbicara kepada salah satu customer service bernama Luna. Saya menanyakan pertanyaan yang sama dengan yang saya tanyakan kepada semua customer service.

Kemana pulsa saya hilangnya? Saya mau diganti kembali ke prabayar karena saya merasa tidak mendapatkan benefit dari pelayanan pascabayar mereka. Saya minta jawaban dari Ibu Luna atau tim terkait maksimal jam 3 sore di hari itu. Dia mengiyakan permintaan saya untuk mendapatkan jawaban sebelum jam 3 sore.

*tayang tanggal 9 November 2017

Johanna
Jl. Pluit Timur 2 No.9, Jakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Cowell Development
Kecewa dengan Perumahan Laverde (PT.Cowell Development)
Telkom Indihome
Pemasangan Indihome Tak Kunjung Datang
JD.ID
Pelayanan JD ID Mengecewakan
PT Bank Negara Indonesia
Buruknya Kualitas Pelayanan BNI Simponi
Indosat Ooredoo
Bisa Upgrade, Tidak Bisa Downgrade?
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tokopedia dan Grab Indonesia
Belanja di Tokopedia Menggunakan Grab, Barang Entah Dimana
Tokopedia
Pelayanan Tokopedia Tidak Memuaskan
PT Tokopedia
Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim
Bank CIMB Niaga
Uang Tertelan Tetapi Saldo Tidak Berubah
Tokopedia
Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup