Surat Pembaca
Bank CIMB Niaga
Gagal Setor Tunai, Uang Tak Kunjung Kembali
Tanggal 16 Oktober 2017 saya melakukan setor tunai melalu mesin setor tunai CIMB Cibinong City Mall sebanyak 5 kali berturut-turut. Saat saya melakukan transaksi yang terakhir dengan nominal uang sebesar Rp.3.120.000, tiba-tiba saja mesin ATM tersebut error, kemudian mati, dan menyala kembali bersamaan dengan keluarnya kartu ATM dan tertelannya uang saya.
JNE
Paket JNE Ditahan Namun Tidak Diinformasikan Permasalahannya
Paket JNE dengan nomor resi 010760019525318 yang dikirim pada 8 Januari sampai sekarang belum saya terima. Padahal dibandingkan dengan kiriman paket JNE dari kota yang sama yang dikirim tanggal 9 Januari sudah saya terima 2 hari yang lalu.
JNE
Sudah Satu Bulan Barang Belum Sampai
Mohon penjelasan JNE mengenai barang kiriman saya. Tanggal 30 November 2017 saya mengirim pesanan barang dengan tujuan pengiriman ke Palmatak, Kepulauan Anambas. Pengiriman menggunakan JNE Reguler dengan nomor resi 140040155357517. Dijanjikan estimasi pengiriman 10 hari.
Tokopedia
Tokopedia Tidak Punya Data Penjual
Pada tanggal 5 Desember 2017 saya melakukan transaksi pembelian drone melalui Tokopedia. Setelah menemukan penjual drone dengan nama toko “DodgeID”, maka saya menanyakan ketersediaan barang melalui media chatting yang ada dalam aplikasi Tokopedia. Setelah mendapatkan konfirmasi ketersediaan barang maka penjual DodgeID meminta melakukan pembayaran dengan memberikan kode pembayaran yang dilakukan di Alfamart.
JD.ID
Refund Kamera Belum Diterima
Tanggal 3 Desember 2017 suami saya membeli kamera di JD.ID dengan nomor pesanan 223504165. Setelah hampir seminggu, saya cek resi namun posisi masih ada di gudang J-Express. Karena curiga, saya follow up ke Customer Service JD.ID melalui fitur live chat. Sungguh disayangkan ternyata pesanan dibatalkan secara sepihak oleh JD.ID tanpa pemberitahuan sebelumnya karena daerah pengiriman yang tidak ter-cover (tujuan Fakfak, Papua Barat).
Bank Mega
Bank Mega Sangat Tidak Profesional
Saya adalah pemilik kartu Mega Gold dan Mega Metro. Beberapa bulan yang lalu saya pernah mengajukan cetak kartu baru karena kartu saya hilang. Namun sudah tiga kali pengajuan ditolak dengan alasan Metro Gold saya diblokir bagian collection. Akibatnya kartu Mega Metro saya juga tidak dapat dicetak kembali karena adanya pemblokiran di Mega Gold.
Bank CIMB Niaga
Nomor Handphone Berubah Tiba-tiba di Kartu Kredit
Tanggal 20 Desember 2017 saya mencoba melakukan transaksi online. Seperti biasa diarahkan ke halaman Master Code untuk memasukkan paycode yang dikirimkan ke nomor handphone saya. Kagetnya saya ketika melihat dilayar nomor handphone yang terkirim paycode bukan nomor yang saya daftarkan ke CIMB Niaga sehingga saya tidak kunjung mendapatkan paycode untuk menyelesaikan transaksi.
Kredivo dan Bank Mandiri
Pembayaran Kredivo Saya Hilang
Pada hari Jumat tanggal 29 Desember 2017 jam 10:36 saya membayarkan tagihan Kredivo dengan virtual account Mandiri dan dibayarkan dari ATM Bank Mandiri Mampang sebesar Rp.1.120.200. Cara pembayaran sudah benar, bukti bayarpun keluar, kecurigaan saya dimulai ketika tidak ada notif masuk bahwa pembayaran tersebut berhasil.
JNE
Kecewa Paket Yes JNE
Saya memesan sebuah handphone di Bukalapak tanggal 14 Desember 2017 dengan pengiriman JNE YES. Awalnya proses status tracking berjalan dengan normal tanpa kendala. Namun setelah status tracking berubah menjadi criss and cross saya panik dan langsung menghubungi Call Center JNE.
JD.ID
Pesanan Barang Belum Sampai
Pada tanggal 5 Desember 2017, saya melakukan pesanan di JD.ID dengan detail barang The Luxe Body Mate Ungu nomor pesanan 223546448 dan oleh JD.ID dikirim melalui kurir JXpress. Pada tracking pesanan di JD.ID tanggal 9 Desember 2017 tertulis, "Paket keluar DC Marunda, kirim ke Bekasi, operator JX-Indonesia", yang artinya barang sedang dalam pengiriman ke alamat saya di Bekasi oleh kurir JXpress.