Surat Pembaca
Tokopedia

Tertahan Uang di Tokopedia karena Alasan yang Tidak Jelas

Selasa, 6 Juni 2017 | 23:38 WIB

Saya sebagai seller baru di Tokopedia sangat dirugikan. Hari Selasa, 23 Mei 2017, ada pembelian dua unit HP Xiaomi yang saya jual seharga 13,1 juta, sekitar pukul 15.30 sore, dengan metode pengiriman GoSend. Saya langsung mencoba untuk kirim, namun berhubung batas waktu untuk melakukan pengiriman via GoSend adalah jam 16.00, pengiriman tidak berhasil dilakukan.

Hari Rabu, 24 Mei 2017, saya melakukan pengiriman melalui GoSend namun pengiriman dilakukan melalui aplikasi GoJek dan memasukkan nomor resi diaplikasi Tokopedia karena saya pikir sistem pengiriman GoSend sama dengan cara konfirmasi JNE. Sekitar jam 10 pagi, barang sudah sampai di-customer. Namun, distatus pengiriman barang masih dalam pengiriman.

Saya tidak mengetahui bahwa seharusnya pengiriman dilakukan melalui aplikasi Tokopedia sehingga terjadi kesalahan administrasi seperti ini. Setelah diskusi dengan pihak Tokopedia melalui email, disarankan oleh pihak Tokopedia untuk menginfokan kepada pembeli agar dilakukan konfirmasi penerimaan. Sekitar jam 5 sore, konfirmasi penerimaan sudah dilakukan oleh pembeli.

Namun, alangkah kagetnya saya mendapat email dari Tokopedia bahwa saldo penjualan saya sebesar 13,1 juta diindikasikan melanggar peraturan di Tokopedia yaitu pembelian dilakukan oleh saya sendiri. Saya menanyakan alasan pihak Tokopedia berkesimpulan seperti itu dan saya minta buktinya.

Namun, ditanggapi oleh pihak Tokopedia dengan email yang berulang-ulang yang menyatakan saya melanggar syarat dan ketentuan di Tokopedia sehingga saldo sebesar 13,1 juta akan dikembalikan ke pembeli. Saya berusaha untuk menanyakan mengapa ada indikasi tersebut tapi tetap tidak memberikan jawaban.

Saya benar-benar kecewa dengan ketidakjelasan alasan yang dilakukan pihak Tokopedia. Hingga surat ini di layangkan, belum ada respon dari Tokopedia. Mohon Tokopedia segera menyelesaikan masalah karena uang saya ditahan tanpa konfirmasi pasti.

Cindy
Maleer V No 128/118, Bandung
PT Tokopedia

Tertahan Uang di Tokopedia karena Alasan yang Tidak Jelas

Jumat, 16 Juni 2017 | 12:26 WIB

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh tim kami, terdapat pelanggaran syarat dan ketentuan dalam transaksi yang dimaksud oleh Saudari Cindy (https://www.tokopedia.com/terms.pl#CC). 

Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Tokopedia, maka Tokopedia berwenang untuk:

- membatalkan transaksi;

- menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Tokopedia, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 28 hari kerja;

- melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, dan juga menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.

Saat ini, kami menghimbau Saudari Cindy untuk bersikap kooperatif dalam menyelesaikan kasus melalui email yang dikirimkan oleh Tim Fraud Tokopedia. Kami juga menghimbau kepada seluruh pengguna untuk selalu menaati syarat dan ketentuan dalam bertransaksi melalui platform kami demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Siti Fauziah - Communications Lead
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua