Surat Pembaca
XL Axiata

Roaming Internasional XL Mengecewakan

Kamis, 8 Juni 2017 | 22:36 WIB

Saya Munir Ahmad, pelanggan XL Prabayar. Tanggal 2 Juni 2017 lalu, saya mengaktifkan paket roaming internasional XL Pass karena saya akan berangkat ke Praha, Rep. Ceko. Saya sudah mendapatkan SMS konfirmasi bahwa XL Pass saya berhasil diaktifkan. Saya beli paket untuk 7 hari seharga 200 ribu. Sesampainya saya di Praha, dan juga selama di Praha, saya sama sekali tidak bisa memanfaatkan layanan XL Pass yang saya beli.

Saya di Praha mulai tanggal 3-7 Juni. Ini sangat mengecewakan! Segera setelah sampai dan mengetahui, saya tidak bisa menggunakan paket data yang sudah saya aktifkan dari Jakarta. Saya minta bantuan istri saya untuk menghubungi call center XL. Saya kemudian diminta mematikan HP saya dan menyalakannya kembali setelah 5 menit. Operator XL melakukan restart disistem. Cara ini tidak berhasil.

Saya minta istri saya menghubungi XL lagi. Kali ini keterangannya adalah XL Pass di Ceko hanya untuk XL Prioritas. Lah? Jelas-jelas di-website XL tertulis Rep. Ceko sebagai salah satu negara XL Pass prabayar bisa digunakan. Akhirnya saya langsung mengontak XL melalui direct message Twitter, dengan memanfaatkan wifi dimana saja saya bisa dapatkan di Praha.

Awalnya saya diminta restart dengan mencabut SIM card terlebih dulu. Tidak berhasil. Kemudian saya diminta membuat APN baru. Tetap tidak berhasil. Akhirnya, saya hanya mengandalkan wifi selama berada di Praha. Saya meminta pertanggungjawaban pihak XL untuk mengembalikan pulsa saya sebesar 200 ribu karena XL tidak dapat memenuhi janjinya memberikan layanan XL Pass yang telah saya beli selama berada di Praha.

Munir
Jln. Kramat Kwitang 1F No.12, Jakarta
XL Axiata

Roaming Internasional XL Mengecewakan

Rabu, 5 Juli 2017 | 14:38 WIB

Menanggapi surat pembaca Pelanggan XL atas nama Bapak Munir melalui surat pembaca Kompas.com tanggal 8 Juni 2017 bertajuk “Roaming International XL Mengecewakan”, kami telah menyampaikan permohonan maaf serta memberikan penjelasan terkait keluhan penggunaan layanan roaming di nomor XL Pelanggan. Kami pun telah memberikan solusi atas keluhan yang dialami, Bapak Munir telah menerima penjelasan serta solusi yang kami sampaikan.

Peningkatan kualitas layanan akan terus kami lakukan. Perhatian Bapak Munir sebagai pelanggan merupakan acuan bagi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Demikian tanggapan kami. Untuk informasi mengenai XL, silakan menghubungi 817, 021 57959817 / 08170817707 dari telepon lainnya, mengunjungi XL Center terdekat, e-mail ke customerservice@xl.co.id atau melalui Twitter @XLCare dan Facebook XLCare.

Atas perhatian BapakMunir, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Tri Wahyuningsih - General Manager Corporate Communication
Menara Prima 7th Floor Jl. Dr Ide Anak Agung Gde Agung Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal