Surat Pembaca
Bank Mandiri

Keluhan Mandiri Online Web

Rabu, 21 Juni 2017 | 10:27 WIB

Bank Mandiri telah meluncurkan Internet Baking versi terbaru. Internet banking versi baru (Mandiri online website), saya bisa sukses melakukan login untuk melihat sejarah transaksi dan proses pembayaran tagihan. Setelah sekitar satu bulan peluncuran internet banking versi baru, saya gunakan lagi Mandiri online website untuk melakukan transaksi finansial. Pada saat akan login.

Sistem menolak dengan pesan, "Login tidak dapat dilakukan karena user ID atau PIN Anda masukkan salah. Mohon untuk memasukkan user ID atau PIN yang benar". Karena proses gagal login, saya beralih menggunakan Mandiri internet banking versi lama. Melalui internet banking versi lama, saya bisa login dan transaksi yang saya lakukan sukses tanpa kendala.

Sebagai informasi, user ID Internet banking, token dan telepon selular yang saya gunakan terdaftar aktif untuk proses internet banking Mandiri. Masalah login internet banking versi baru sudah saya kordinasi via email menuju mandiricare@bankmandiri.co.id. Apakah perwakilan Bank Mandiri bisa memberikan konfirmasi mengenai:

1. Apakah internet banking versi baru hanya bisa digunakan oleh pengguna yang mengakses Internet Banking melalui Apps (telah memasang & aktivasi Apps Mandiri Online pada telepon selular)

2. Apabila internet banking versi baru hanya bisa digunakan oleh pengguna dengan telah memasang Apps Mandiri online pada selular mereka, bagaimana dengan pengguna yang tidak menggunakan Apps Mandiri online sebagai channel mereka untuk proses finansial yang dilakukan?

3. Apabila pengguna internet banking versi lama tidak memasang dan menggunakan Mandiri online Apps pada telepon selular akan tidak dapat menggunakan fasiltas Mandiri internet banking versi baru?

4. Sebelum migrasi menuju sistem baru, akan bermanfat bagi pengguna apabila ada pengumuman (informasi formal) mengenai sistem internet banking yang baru pada halaman website Bank Mandiri. Mohon dikoreksi karena setelah saya periksa pengumuman tersebut dilakukan setelah peluncuran internet banking versi baru bukan sebelum sistem baru diluncurkan. Untuk proses migrasi sistem lain seperti card management atau switching ATM mungkin publikasi informasi bisa tidak dilakukan kepada pengguna karena tidak secara langsung digunakan oleh pengguna ahir.

5. Untuk agen-agen yang menerima keluhan nasabah (tim help desk, call center atau email center) mohon diberikan pemahaman tentang produk perbankan karena beberapa agen yang menjawab tidak membaca keluhan yang telah saya tuliskan atau tidak mengetahui perbedaan antara internet banking yang diakses melui PC/Tab (website) atau telepon selular (Apps).

6. Ambil pelajaran dari Telkomsel karena layanan terhadap konsumen, beberapa waktu lalu halaman website mereka diganti. Mohon Bank Mandiri bisa menjaga resiko non financial risk sebagai satu perwakilan Bank BUMN Indonesia.

Terima kasih untuk penjelasan dan konfirmasi yang akan diberikan oleh perwakilan Bank Mandiri. 

Riyanto
Jalan Gelatik Atas Nomor 7, Pondok Pinang, Jakarta Selatan
PT Bank Mandiri (Persero)Tbk

Keluhan Mandiri Online Web

Selasa, 4 Juli 2017 | 14:23 WIB

Mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak Riyanto dan terimakasih atas masukannya. Dapat kami sampaikan bahwa Mandiri Online versi Web tetap dapat digunakan di telepon selular milik Bapak tanpa harus mendownload Mandiri Online versi Apps. Namun, Bapak harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan pengguna Mandiri Online, yaitu merupakan pengguna Mandiri Internet Aktif dan pengguna SMS Banking yang statusnya terdaftar untuk transaksi finansial.

Adapun, informasi terkait pengalihan Internet Banking lama ke Mandiri Online telah dilakukan oleh Bank Mandiri di website Internet Banking sejak tanggal 20 Maret 2017 dan melalui SMS BLAST pada tanggal 04 Mei 2017. Informasi lengkap terkait layanan Mandiri Online dapat dilihat pada website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu Layanan 24 Jam, lalu menu Mandiri Online.

Kami telah berusaha menghubungi Bapak untuk menyampaikan penjelasan dan penyelesaian atas permasalahan dimaksud. Namun, Bapak belum dapat dihubungi.

Bank Mandiri terus dan akan melakukan perbaikan agar dapat memberikan layanan prima kepada seluruh nasabah Bank Mandiri.

Jika masih ada pertanyaan ataupun saran lain yang ingin disampaikan, Bapak juga dapat menghubungi Customer Service 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email mandiricare@bankmandiri.co.id.

Rohan Hafas - Corporate Secretary
Plaza Mandiri 3rd Floor Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta 12190
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal