Surat Pembaca
Bukalapak

Tolong Segera Kembalikan Dana Saya Bukalapak

Senin, 3 Juli 2017 | 16:35 WIB

Pada tanggal 17 Juni 2017 pukul 14:51, saya membeli HP Samsung S8 di Bukalapak.com dengan nomor transaksi BL17113MGP9NINV. Ternyata oleh penjual, saya diminta OTP. Karena ragu maka saya menghubungi Call Center Bukalapak. Selanjutnya oleh petugas call center untuk tidak meneruskan transaksi tersebut dan diminta tanggal 19 Juni 2017 untuk menghubungi call center guna pencairan atau pengembalian dananya.

Selanjutnya tanggal 20 Juni 2017, menghubungi call center sampai 7 kali tidak ada respon. Tanggal 21 Juni 2017 jam 16:10, akhirnya direspon dan diminta untuk menunggu sampai hari Jumat tanggal 23 Juni 2017. Walau dengan kecewa, saya akhirnya menunggu sampai dengan tanggal tersebut. Namun ternyata sampai dengan tanggal tersebut tetap tidak ada hasilnya.

Kemudian saya melanjutkan keluhan secara online pada sistem Bukalapak sampai dengan 7 kali. Namun tetap tidak ada respon dan tindaklanjut nyata, hanya balasan email secara otomatis, "Terima kasih telah menggunakan layanan Bukabantuan Bukalapak". Akhirnya tanggal 27 Juni 2017, saya menghubungi lagi call center.

Jawabannya kembali disuruh menunggu sampai dengan tanggal 03 Juli 2017, karena menunggu petugas investigasi masuk kerja. Tanggal 03 Juli 2017, saya menghubungi Call Center Bukalapak lagi. Sampai 26 kali panggilan baru mendapatkan respon. Lagi-lagi jawaban yang mengecewakan yang saya peroleh yaitu sudah dilaporkan ke tim admin dan akan diproses.

Harus menunggu sampai kapan saya Bukalapak? Harus berapa kali saya komplain dan menghubungi Bukalapak sehingga bisa dikembalikan dana saya yang merupakan hak saya. Kecewa.

Hari Purnomo
Cluster Green Hill Blok I9 No. 7, Surabaya
Bukalapak

Tolong Segera Kembalikan Dana Saya Bukalapak

Rabu, 5 Juli 2017 | 14:47 WIB

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Kompas.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Kompas.com tertanggal 3 Juli 2017 yang ditulis oleh Bapak Hari Purnomo perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul “Tolong Segera Kembalikan Dana Saya Bukalapak”, izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Hari, kami sampaikan permohonan maaf kami atas lamanya proses yang terjadi. Kami telah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Hari melalui sambungan telepon, bahwa transaksi Bapak Hari kami bekukan atas alasan keamanan dari tindakan Phishing yang Pelapak coba lakukan. Tindakan Phishing merupakan tindakan penipuan yang mendorong seseorang untuk mengungkapkan informasi pribadi, dimana dalam kasus ini Pelapak mencoba untuk mendapatkan akses akun Bapak Hari.

Atas tindakan Phishing ini, kami telah menonaktifkan akun Pelapak di Bukalapak. Selain itu pula, transaksi Bapak Hari dengan nomor BL17113MGP9NINV sudah kami lakukan proses refund dan statusnya sudah dilakukan proses pencairan dana per tanggal 5 Juli 2017.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager
Plaza City View 1st Floor Jl. Kemang Timur No. 22 - Pejaten Barat Jakarta Selatan 12510,
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal