Surat Pembaca
Elevenia

Elevenia Belum Mengirimkan Uang Refund

Senin, 10 Juli 2017 | 16:49 WIB

Tanggal 23 Mei 2017, saya melakukan pembelian terhadap 4 barang dengan nomor pesanan 201705235928921. Dimana salah satu dari barang tersebut adalah produk kesehatan berlabel perusahaan MLM terkemuka, sebanyak 2 unit seharga Rp 194.900, dimana harga tersebut sangatlah jauh lebih murah dibanding harga yang diberikan oleh pihak MLM secara resmi.

Singkat cerita, ketika saya menerima barang pesanan, saya segera mengkonfirmasi sebelum melakukan pengecekan terhadap keaslian barang tersebut. Secara sekilas packaging sangat mirip dengan aslinya. Sesaat setelah saya menyadari, segera saya menghubungi pihak Elevenia karena barang diduga palsu. Saya mengirimkan foto dan menguraikan dengan jelas.

Pihak Elevenia segera melakukan pengecekan terhadap seller dan dijanjikan jika dalam waktu 3 hari kerja tidak ada respon dari seller, maka kasus ini ditutup dan akan segera diproses pengembalian dana. Selang 3 har, saya tunggu tidak ada respon dari pihak seller dan pihak Elevenia kerap menggantungkan masalah ini. Saya bolak-balik menanyakan ke pihak Elevenia dan tidak ada kabar.

Hingga satu bulan kemudian saya ditelepon oleh Customer Service Elevenia untuk melakukan pengiriman barang terhadap seller, dan jika dalam waktu 3 hari tidak ada respon maka uang akan dikembalikan. Hari demi hari melewati waktu yang dijanjikan, saya hanya diminta untuk menunggu, hingga akhirnya seller memberikan respon setelah satu bulan lebih semenjak saya mengajukan klaim tersebut.

Oleh pihak Elevenia, saya kembali digantungkan, bahwa respon yang diberikan telah sangat jauh hari dan pihak Elevenia tidak juga mengembalikan uang saya setelah barang diterima seller. Tidak ada itikad baik untuk mengikuti aturan yang diterapkan oleh Elevenia sendiri.

Bagaimana keadilan hak konsumen terhadap hal ini? Sikap menyalahi janji adalah tindakan tidak profesional. Bagaimanakah kejelasan sistem pengembalian barang oleh pihak Elevenia? Mohon bantuannya untuk segera diselesaikan.

Shierly Maria
Jl Kelapa Puan Timur I NB 1 No 20
PT XL Planet

Elevenia Belum Mengirimkan Uang Refund

Jumat, 21 Juli 2017 | 17:57 WIB

Sehubungan dengan dimuatnya artikel di Kompas.com pada hari Senin, 10 Juli 2017 berjudul “Elevenia Belum Mengirimkan Uang Refund” mengenai keluhan yang disampaikan oleh Saudari Shierly Maria, maka izinkan kami memberikan penjelasan.

Berdasarkan keluhan yang disampaikan, kami mencoba menghubungi seluruh pihak terkait kembali, yakni seller dan buyer untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang ada. Setelah melakukan penelusuran masalah, proses pengembalian dana buyer terhambat karena diperlukan konfirmasi dari kedua pihak buyer dan seller. Kami telah menyelesaikan masalah ini dengan melakukan pengembalian dana ke buyer dan memberikan apology voucher sebagai permohonan maaf kami.

Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan Bapak Leo dalam melakukan pembelanjaan di Elevenia. Proses pengembalian dana telah kami lakukan kepada pihak Saudari Shierly Maria.

Demikian yang dapat kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.

Sarma Dahita Silalahi - PR Manager
AIA Central, 30th floor Jl. Jend. Sudirman Kav. 48A Jakarta Selatan 12930
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua