Surat Pembaca
Blibli.com

Beli Iphone 7 Ternyata Sudah Diaktivasi oleh Penjual

Senin, 7 Agustus 2017 | 20:47 WIB

Pada tanggal 29 Juli 2017, saya melakukan pembelian Iphone 7 Silver 256 GB di Blibli.com dengan nomor pembelian 12008531266-12010272251. Alasan saya membeli disini adalah banyaknya rekomendasi dari teman bahwa Blibli.com walaupun harga sedikit lebih mahal daripada tempat lain, namun kualitas terjamin.

Pada kenyataannya, ini pertama kalinya saya membeli barang elektronik di Blibli.com, tapi ternyata kualitasnya tidak seperti yang dikatakan orang-orang. Pada tanggal 31 Juli 2017, barang yang saya pesan akhirnya sampai. Saat barang sampai, masih terbungkus dengan rapi. Saya pun pada awalnya langsung memeriksa Iphone tersebut di situs Apple. Serial number Iphone saya adalah F4GSF9D7HG7R.

Saat saya cek, ternyata Iphone tersebut telah dilakukan aktivasi dan warranty hanya sampai 18 Maret 2018. Saya pun langsung melakukan retur ke pihak Blibli dengan nomor pengembalian RMA68038. Setelah barang sampai di Blibli, saya mendapat konfirmasi e-mail bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, barang telah sesuai dan Iphone telah diaktivasi dengan alasan penjual hendak melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan membantu melakukan aktivasi.

Terkait dengan hal ini, bagaimana saya bisa yakin bahwa Iphone yang telah diaktivasi hampir 5 bulan bukanlah barang second? Untuk proses aktivasi Iphone sangat mudah, untuk apa penjual membantu melakukan aktivasi? Penjual menulis dihalaman wwebsite "warranty 1 tahun International", tetapi nyatanya tidak sampai 1 tahun.

Jika penjual berada pada situasi seperti saya saat membeli barang tersebut di luar negeri dan diberikan alasan yang sama. Apakah penjual tetap akan mengambil barang tersebut? Selain itu dari pihak Blibli pun mengatakan jika saya hendak melakukan refund, opsi yang ada hanyalah refund dalam bentuk voucher.

Jika sistem refund hanya bisa dilakukan melalui voucher, saya rasa merchant-merchant yang menggunakan EDC dan terdapat kesalahan transaksi seperti double debit, dapat bilang saja pada customer-nya, untuk limit yang terdebit akan diganti dengan voucher. Tolong pihak Blibli dapat lebih memikirkan perasaan konsumennya mengenai hal ini.

Lalu tanggal 7 Agustus 2017, pihak Blibli menelepon saya menjamin masa warranty mulai dari sejak pembelian, walaupun status warranty international sudah hampir habis. Namun untuk hal ini, saya ingin pihak Blibli memberikan pernyataan resmi dan formal bahwa Blibli akan menjamin warranty Iphone 7 yang saya beli dengan cakupan yang sama persis tidak kurang sedikit pun dengan warranty international yang memiliki masa satu tahun sejak masa beli.

Sampai saat ini, saya sama sekali belum mendapatkan email atau pun pernyataan resmi dari pihak Blibli akan jaminan yang hendak diberikan. Sebab saya tidak ingin jaminan hanya diucapkan melalui telepon saja dan dengan cakupan yang tidak jelas, dimana ke depannya jika saya hendak melakukan claim malah akan dipersulit atau pun ditolak.

Masukan saya untuk pihak Blibli adalah mohon lebih selektif akan penjual-penjual yang hendak menjual barang-barangnya terutama barang elektronik, jika barang tersebut bukanlah benar-benar baru, mohon dapat diberikan informasi pada spesifikasi produk dan jangan membuat konsumen merasa ditipu atau dibohongi.

Karena hal ini, saya sebagai konsumen merasa sangat menyesal sekali pernah melakukan pembelian Iphone 7 di Blibli. Semoga bagi orang-orang yang hendak melakukan pembelian di Blibli juga dapat lebih waspada dan berhati-hati saat hendak membeli barang terutama barang elektronik di Blibli.

*tayang tanggal 9 Agustus 2017

Dedi Jayadi
Jalan Percetakan Negara 2 No.4B, Jakarta Pusat
Blibli.com

Beli Iphone 7 Ternyata Sudah Diaktivasi oleh Penjual

Selasa, 29 Agustus 2017 | 16:22 WIB

Menanggapi Surat Pembaca dari Bapak Dedi Jayadi yang dimuat di Kompas.com (7/8) pertama-tama kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Dedi.

Kami telah menghubungi Bapak Dedi secara langsung untuk menindaklanjuti masalah ini dan telah ditanggapi dengan baik oleh yang bersangkutan. Dengan demikian, melalui surat ini, kami menyampaikan bahwa keluhan customer telah diselesaikan dengan baik. Selain itu kami membuka layanan Customer Care 24 jam 7 hari yang dapat menjadi sarana kami melayani serta menerima segala masukan dari customer agar Blibli.com lebih baik lagi ke depannya.

Terima kasih.

Dickson Parulian - Blibli Loyalty Team Service (BLITS) Manager
Jl. Aipda K.S. Tubun 2C/No.8, Jakarta, 11410
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal