Surat Pembaca
Tokopedia

Buruknya Pelayanan Keluhan Konsumen Tokopedia

Selasa, 10 Oktober 2017 | 16:33 WIB

Saya adalah pelanggan Tokopedia yang melakukan transaksi pada bulan Juli 2017 dengan nomor transaksi INV/20170721/XVII/VII/93914213 sebesar Rp 3.687.300. Saya menggunakan fasilitas cicilan BCA 12 kali.

Transaksi pembelanjaan dibatalkan karena suatu hal. Limit kartu kredit sudah dikembalikan seutuhnya. Namun yang membingungkan adalah, cicilan atas transaksi tersebut belum dibatalkan hingga saat ini.

Saya sudah menyampaikan keluhan melalui fasilitas keluhan yang diberikan oleh Tokopedia. Pihak Tokopedia mengklaim sudah melakukan pembatalan ke pihak BCA pada tanggal 13 September 2017. Mereka meminta saya untuk mengecek ke pihak bank.

Setelah saya beberapa kali berdebat dengan CS BCA, saya hanya mendapat 1 jawaban yaitu BCA belum menerima permintaan pembatalan cicilan dari Tokopedia atas transaksi tersebut. Jika saya yang batalkan, maka akan dikenakan charge dan harus dibayar lunas.

Dari bulan Juni 2017 hingga saat ini, tidak ada progress nyata dari pihak Tokopedia. Dari awal saya melaporkan keluhan, CS Tokopedia hanya menginformasikan untuk menunggu hingga billing statement keluar. Cicilan sudah masuk bulan ke 3 sejak transaksi. Sampai kapan saya harus menunggu?

Pelayanan keluhan dari Tokopedia tidak memberikan solusi yang nyata. Apakah sampai butuh waktu berbulan-bulan untuk membatalkan cicilan dari transaksi yang dibatalkan? Saya tidak menerima barang, tapi harus membayar cicilan yang berjalan tersebut.

Selain itu fasilitas keluhan pelanggan Tokopedia hanya terdapat 1 jalur yang terintegrasi dalam website-nya. Tidak ada fasilitas lain seperti call center dan sebagainya. Apakah tidak ada eskalasi keluhan pelanggan untuk perusahaan sebesar Tokopedia?

Saya dirugikan dalam hal waktu, tenaga, pikiran, dan materi untuk mengurus hal ini. Saya tahu nominalnya mungkin buat sebagian orang tidak terlampau besar, tetapi uang tersebut sangat bermanfaat untuk saya. Mohon Tokopedia untuk segera menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi. 

Jimmy
Perum. Pondok Damai D1 No. 5
PT Tokopedia

Buruknya Pelayanan Keluhan Konsumen Tokopedia

Jumat, 27 Oktober 2017 | 18:17 WIB

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut atas kasus Saudara Jimmy (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/54908/Buruknya-Pelayanan-Keluhan-Konsumen-Tokopedia), kami ingin menyampaikan informasi dari bank terkait bahwa per 13 September 2017, pembatalan cicilan atas transaksi Saudara Jimmy dengan nomor invoice INV/20170721/XVII/VII/93914213 sudah berhasil diproses.

Kami juga memohon maaf jika ada bagian dari pelayanan kami yang belum sesuai dengan harapan Saudara Jimmy. Ini akan menjadi catatan bagi kami untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Atas perhatian dan kerja sama Rekan Media, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal