Surat Pembaca
Bank Mega

Perhitungan Bunga Kartu Kredit yang Aneh

Rabu, 18 Oktober 2017 | 10:43 WIB

Saya adalah nasabah lama Bank Mega dan tidak pernah ada masalah. Saya sangat nyaman menggunakan kartu kredit Bank Mega selama ini. Sampai pada akhirnya saya ditagihkan interest charge atas transaksi yang tidak tertunggak.

Kronologisnya sebagai berikut. Pada tanggal 13 Agustus 2017 saya melakukan transaksi di Tokopedia sebesar 20 juta, akan tetapi berdasarkan info dari Tokopedia transaksi saya tidak bisa diproses dan harus dibatalkan dibulan berikutnya. Tanggal cetak tagihan kartu kredit saya selama ini ditanggal 12 setiap bulannya, akan tetapi tanggal cetak tagihan saya berubah menjadi tanggal 16 untuk billing September 2017 tanpa ada konfirmasi apapun dan alasan apapun.

Transaksi pembatalan tersebut langsung dikreditkan oleh Tokopedia ditanggal 11 September 2017, artinya tidak ada sejumlah tagihan transaksi di Tokopedia yang harus saya bayarkan ataupun tertunggak di-billing September 2017 sebesar 1,7 jutaan dengan pembayaran minimal 178 ribu. Saya melakukan pembayaran sejumlah 500 ribu.

Keanehan terjadi saat masuk billing Oktober 2017, terdapat interest charge sejumlah 400 ribuan. Interest charge dikenakan berdasarkan tagihan yang tertunggak atau tidak dibayarkan penuh oleh nasabah, akan tetapi jumlah 400 ribuan sangat tidak sesuai dengan jumlah tagihan tertunggak saya di-billing September 2017 yaitu hanya 1,7 jutaan.

Saya mencoba menghubungi Mega Call dan mendapatkan penjelasan tidak rasional bahwa pengenaan interest charge 400 ribuan berasal dari tagihan 20 juta saya di Tokopedia yang notabene tidak pernah menjadi tagihan tertunggak saya di-billing September 2017. Bank Mega berdalih bahwa setiap transaksi yang sudah tercatat akan dikenakkan bunga. Apakah seperti ini berkartu kredit? Setiap transaksi langsung dikenakan bunga? Even kita sudah bayar?

Dengan alasan apapun dari Bank Mega mengenai pengenaan interest charge tersebut, saya secara resmi menyatakan tidak akan melakukan pembayaran tagihan apapun sampai ada adjustment

Nana Rahmadhani
Jl. Rawa 1 No. 3. Medan
PT Bank Mega, Tbk

Perhitungan Bunga Kartu Kredit yang Aneh

Jumat, 17 November 2017 | 12:46 WIB

Sehubungan dengan surat Ibu Nana Rahmadhani di Kompas.com (18/10), "Perhitungan Bunga Kartu Kredit yang Aneh", berikut ini kami sampaikan bahwa kami telah menghubungi Beliau untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan memberikan penjelasan terkait keluhannya serta melakukan penyelesaian permasalahan kartu kredit Bank Mega. Saat ini Ibu Nana Rahmadhani telah menerima penjelasan yang diberikan dan sudah tidak mempermasalahkan.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerja sama Kompas.com untuk memuat tanggapan kami.

Christiana M. Damanik - Corporate Secretary
Menara Bank Mega 14th Floor Jl. Kapten Tendean Kav. 12-14A Jakarta, 12790
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal