Surat Pembaca
Tokopedia

Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup

Jumat, 20 Oktober 2017 | 09:32 WIB

Surat ini saya buat setelah dua aduan saya ke Customer Service Tokopedia tidak menghasilkan solusi apapun. Kejadian bermula ketika saya membeli HP Samsung Galaxy J3 seharga Rp.1.575.200 di Tokopedia melalui toko Fanta Ponsel pada tanggal 10 September 2017 dan pembayaran dilakukan tanggal 11 September 2017 pukul 19.11.

Penjual langsung mengirimkan barangnya pada tanggal yang sama pukul 21.06 dan memberikan nomor resi pengiriman JNE. Dari sini kejanggalan mulai terjadi. System-tracker di tokopedia mendeteksi bahwa pada tanggal yang sama pula rentang pukul 21.41 – 22.07, penjual mengubah nomor resi sebanyak 8 kali dan langsung dinyatakan barang diterima pada pukul. 22.07.

Ternyata resi terakhir yang diberikan adalah resi untuk orang lain di Depok (saya di Jepara, Jateng). Hal itu baru saya ketahui keesokan harinya tangga 12 September. Setelah saya tanyakan ke penjual, saya diminta menunggu terlebih dahulu. Hingga hari berikutnya tanggal 13 September saya menerima paket dari penjual yang ternyata isinya hanya berupa kabel USB OTG.

Ketika saya mau komplain ke Tokopedia, di hari itu juga sistem Tokopedia menyatakan transaksi selesai tanpa konfirmasi penerimaan barang dari saya. Saya langsung menghubungi penjual via chat Tokopedia untuk menagih barang saya. Mulai ada indikasi penipuan dari penjual karena penjual tidak mau mengirim pesanan saya.

Tanggal 14 September 2017 saya adukan ke Customer Service Tokopedia. Saya diminta tidak perlu khawatir karena dana masih ditahan di Tokopedia. Hingga akhirnya pada tanggal 18 September 2017 ada kabar dari customer service bahwa penjual telah mengirimkan barangnya.

Namun yang terjadi pada tanggal 20 September, saya kembali menerima paket yang hanya berisikan earphone dan kabel USB. Karena sudah dua kali ditipu, saya minta Tokopedia mengembalikan uang saya yang masih ditahan di Tokopedia. Tetapi Tokopedia menolak dengan alasan transaksi sudah selesai. Saya pun diminta menunggu lagi tanpa kejelasan. Hingga tanggal 2 Oktober aduan saya dinyatakan ditutup tanpa hasil.

Tanggal 3 Oktober saya kembali mengadukan masalah tersebut ke Tokopedia dan meminta uang saya dikembalikan. Customer Service Tokopedia memilih sikap bertele-tele tanpa solusi. Aduan saya pun ditutup untuk yang kedua kalinya pada tanggal 6 Oktober tanpa hasil.

Sampai tanggal 19 Oktober 2017, uang saya belum kembali, barang pesanan saya pun belum saya terima. Melalui surat pembaca ini, saya mohon kebijaksanaan Tokopedia untuk mengembalikan uang saya yang katanya masih ditahan di Tokopedia. 

*tayang tanggal 24 Oktober 2017

Salik Muzakki
Kuanyar, Rt.3, Rw.3, Kec.Mayong, Jepara
PT Tokopedia

Uang Belum Kembali, Aduan Sudah Ditutup

Senin, 20 November 2017 | 17:04 WIB

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut atas kasus Saudara Salik Muzakki (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/54980/Uang-Belum-Kembali-Aduan-Sudah-Ditutup), sistem kami mendeteksi adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pihak penjual dengan memasukkan nomor resi yang tidak valid dan mengirimkan barang tidak sesuai dengan pesanan.

Per tanggal 27 Oktober 2017, kami sudah mengembalikan uang kepada Saudara Salik dan sudah memberikan sanksi kepada penjual sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sekian penjelasan dari kami. Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal