Surat Pembaca
PT Tokopedia

Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim

Minggu, 5 November 2017 | 12:29 WIB

Pada tanggal 02 November 2017 saya melakukan pembelian barang di Tokopedia.com dengan nomor invoice INV/20171102/XVII/XI/113364106 dan INV/20171102/XVII/XI/113364105. Dikarenakan saya membutuhkan cepat, saya pesan menggunakan layanan pengiriman sameday delivery dengan instant courier (pengiriman dihari yang sama). Saat itu kebetulan sedang ada promo Grab Instant Delivery.

Dihari yang sama saya cek statusnya. Pihak penjual telah melakukan proses pesanan dan telah melakukan proses pickup untuk siap di-pickup melalui Grab Instant Courier. Esoknya saya cek lagi status di Tokopedia, ternyata masih menunggu driver melakukan pickup.

Berharap mendapatkan pelayanan cepat malah barang sudah dua hari tidak kunjung datang. Hari itu juga saya ajukan komplain kepada pihak Customer Service Tokopedia dengan nomor pengaduan ID: #01509160. Menanyakan kapan barang saya sampai karena saya butuh cepat barangnya.

Pihak customer service hanya meminta saya untuk menunggu karena sedang antrean proses pengecekan pihak terkait. Berkali-kali saya tanyakan pihak customer service dan jawabannya tetap sama, saya diminta menunggu karena barang pesanan saya sedang diproses. Saya butuh barang itu cepat dikirim, karena barang tersebut akan dipakai tanggal 4 November 2017.

Waktu saya sudah semakin dekat. Jika harus menunggu jawaban yang belum pasti, kapan barang saya bisa dikirim. Saya tanya kembali kepada customer service, berapa lama batas waktu proses pengiriman dan jika memang barang tidak bisa dikirim saya meminta uang saya dikembalikan untuk membeli produk di tempat lain karena mengejar waktu.

Terakhir pihak Customer Service Tokopedia menyarankan saya untuk melakukan pembatalan melalui pusat resolusi dan berdiskusi menyelesaikan masalah saya dengan penjual. Saya tambah marah karena disarankan seperti itu. Sudah jelas-jelas kesalahan bukan pada penjual melainkan kesalahan disistem prosedur pengiriman Tokopedia.

Seolah-olah pihak Tokopedia tidak mau bertanggung jawab dengan permasalahan yang ada pada mereka. Mohon penjelasaanya pihak Tokopedia mengenai prosedur pengiriman layanan sameday instant courier yang ada di Tokopedia.

*tayang tanggal 7 November 2017 

Rian Arya
Jl Juraganan No.17, Jakarta
PT Tokopedia

Barang Pesanan Saya Tidak Dikirim

Kamis, 23 November 2017 | 17:44 WIB

Menanggapi kasus yang dialami oleh Saudara Rian Arya (http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/55064/Barang-Pesanan-Saya-Tidak-Dikirim), kami memohon maaf atas ketidaknyamanan Anda dikarenakan adanya kendala sistem yang menyebabkan pencarian driver untuk mengantar barang pesanan menjadi gagal.

Per tanggal 7 November dan 4 November 2017, dana sudah direfund ke Saldo TokoCash pembeli, masing-masing untuk transaksi dengan nomor invoice INV/20171102/XVII/XI/113364106 dan INV/20171102/XVII/XI/113364105. Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam,

Antonia Adega - PR Specialist
Tokopedia Tower, Lantai 52 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua