Surat Pembaca
AirAsia

Refund dari Air Asia Belum Kunjung Diterima

Rabu, 27 Februari 2019 | 19:52 WIB

Pada 26 Juli 2018 saya membeli tiket penerbangan langsung dengan rute Narita-Jakarta untuk 3 orang penumpang. Saya membeli tiket tersebut dengan kode booking YW7SQP. Pada 9 Agustus 2018, saya menerima email dari AirAsia yang berisi informasi bahwa penerbangan tersebut dibatalkan. Dalam email tersebut, AirAsia menawarkan refund, re-route transit Denpasar, atau credit account. Saya pun memilih re-route sehingga rute penerbangan menjadi Narita-Denpasar-Jakarta. Pada 22 Oktober 2018, saya kembali menerima email dari AirAsia yang berisi keterangan bahwa penerbangan tersebut dibatalkan. Dalam email tersebut saya diberikan pilihan kembali yaitu refund, re-route transit Kuala Lumpur, atau credit card. Pada akhirnya, saya memilih refund. Saya pun mengisi e-form refund pada 23 Oktober  2018 lengkap dengan data penumpang, kode booking, nomor penerbangan, serta perubahan nomor rekening kartu kredit saya. Nomor laporan e-form tersebut adalah 07014656. Pihak AirAsia menginformasikan bahwa proses refund memakan waktu 30-60 hari.

Terkait perubahan nomor rekening, saya sudah menjelaskan bahwa perubahan nomor rekening disebabkan karena adanya penyalahgunaan pada kartu kredit saya. Akan tetapi, nama pemegang rekening serta nama bank masih sama. Saya juga sudah melakukan konfirmasi kepada pihak bank, jika AirAsia mentransfer ke nomor rekening lama, maka akan dibantu proses untuk segera ditransfer ke rekening baru.

Tidak kunjung ada penjelasan terkait kelanjutan permohonan refund saya. Akhirnya, saya pun kembali mengisi e-form pada 15 Februari 2019 dengan nomor laporan 10487886. Akan tetapi, hingga saat ini refund belum juga saya terima. Padahal, sudah lebih dari 60 hari sejak pelaporan pertama. Setiap minggu, saya selalu menghubungi call center AirAsia. Jawaban yang diberikah customer service selalu sama yaitu permohonan refund sedang diproses dan saya diminta untuk menunggu.

Selain menghubungi call center AirAsia, saya pun berusaha membuat laporan ke Dirjen Perhubungan Udara melalui email dan call center. Akan tetapi, belum ada tanggapan dan jawaban terkait laporan saya. Saya berharap AirAsia segera menyelesaikan proses refund ini karena nominalnya cukup besar.

Yeanne
Tanjung Duren Raya No.91 A, Jakarta Barat 11470
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank Standard Chartered
Rekening dan Kartu Kredit Ditutup Sepihak
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Pemberitahuan
Bank BNI
Saldo yang Terpotong Setelah Gagal Tarik Tunai di ATM Belum Dikembalikan
Sriwijaya Air
Delay Hingga 4 Jam dengan Sriwijaya Air SJ-0085
PALYJA
Laporan Tidak Pernah Mendapat Solusi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
OVO
Transfer Saldo OVO Ke Rekening Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Malah Berkurang
OVO dan CIMB Niaga
Top Up OVO Dinyatakan Gagal, Saldo CIMB Niaga Tetap Terdebet
PT. XL Axiata
XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan
XL Axiata
Layanan RBT Aktif Secara Tiba-Tiba
OVO
Tidak Bisa "Upgrade" OVO Premier karena KTP Sudah Digunakan Oleh Akun Tidak Dikenal