Surat Pembaca
Bukalapak

Akun Pelapak Diretas, Dana di BukaDompet Habis Dibobol

Jumat, 1 Maret 2019 | 16:31 WIB

Kami adalah salah satu Pelapak atau penjual di Bukalapak. Nama toko kami adalah ChannelB. Pada 21 Januari 2019, akun kami diretas dan dana kami di BukaDompet sebesar Rp13.165.500 dibobol. Pelaku berhasil log in ke akun kami, mengganti nomor handphone kami, dan menggunakan dana tersebut. Dana tersebut habis digunakan pelaku untuk membeli pulsa berkali-kali ke nomor yang sama. Pelaku memanfaatkan sistem Bukalapak yang tidak membatasi transaksi yang sama berulang-ulang dengan nominal transaksi yang besar.

Peristiwa tersebut segera kami laporkan kepada pihak Bukalapak. Saat kami menghubungi Bukalapak, pihak Bukalapak menyatakan bahwa peretasan dan pembobolan ini murni kesalahan kami. Pihak Bukalapak mengatakan bahwa kemungkinan kami membuka link pishing sehingga pelaku dapat log in ke akun kami. Kami sudah menegaskan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Akun hanya dibuka di komputer kantor kami dan kami tidak pernah membuka link apapun. Kami pun tidak pernah memberikan kode OTP kepada siapapun.

Sebagai informasi, admin yang mengelola pemesanan melalui Bukalapak terpisah dengan admin finance yang memegang nomor handphone untuk penarikan dana. Handphone dengan nomor yang terdaftar disimpan di ruangan Owner dan hanya dinyalakan ketika admin finance akan melakukan penarikan dana. Oleh karena itu, jika kami memang membuka link pishing dan pelaku dapat log in pun, pelaku tetap membutuhkan kode OTP untuk mengganti nomor akun kami.  Lalu, dari mana pelaku mendapatkan kode OTP sedangkan kami tidak pernah membagikannya kepada siapapun? Kami sangat menyayangkan hal ini dapat terjadi. Sebagai Pelapak, kami hanya berharap pihak Bukalapak mengganti dana BukaDompet kami yang dibobol pelaku.

Boni Angga Budiman
Jl. Kota Baru No. 2 RT.019/006, Kel. Cideng, Kec. Gambir, Jakarta Pusat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank Standard Chartered
Rekening dan Kartu Kredit Ditutup Sepihak
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Pemberitahuan
Bank BNI
Saldo yang Terpotong Setelah Gagal Tarik Tunai di ATM Belum Dikembalikan
Sriwijaya Air
Delay Hingga 4 Jam dengan Sriwijaya Air SJ-0085
PALYJA
Laporan Tidak Pernah Mendapat Solusi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
OVO
Transfer Saldo OVO Ke Rekening Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Malah Berkurang
OVO dan CIMB Niaga
Top Up OVO Dinyatakan Gagal, Saldo CIMB Niaga Tetap Terdebet
PT. XL Axiata
XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan
XL Axiata
Layanan RBT Aktif Secara Tiba-Tiba
OVO
Tidak Bisa "Upgrade" OVO Premier karena KTP Sudah Digunakan Oleh Akun Tidak Dikenal