Surat Pembaca
Bukalapak

Akun Pelapak Diretas, Dana di BukaDompet Habis Dibobol

Jumat, 1 Maret 2019 | 16:31 WIB

Kami adalah salah satu Pelapak atau penjual di Bukalapak. Nama toko kami adalah ChannelB. Pada 21 Januari 2019, akun kami diretas dan dana kami di BukaDompet sebesar Rp13.165.500 dibobol. Pelaku berhasil log in ke akun kami, mengganti nomor handphone kami, dan menggunakan dana tersebut. Dana tersebut habis digunakan pelaku untuk membeli pulsa berkali-kali ke nomor yang sama. Pelaku memanfaatkan sistem Bukalapak yang tidak membatasi transaksi yang sama berulang-ulang dengan nominal transaksi yang besar.

Peristiwa tersebut segera kami laporkan kepada pihak Bukalapak. Saat kami menghubungi Bukalapak, pihak Bukalapak menyatakan bahwa peretasan dan pembobolan ini murni kesalahan kami. Pihak Bukalapak mengatakan bahwa kemungkinan kami membuka link pishing sehingga pelaku dapat log in ke akun kami. Kami sudah menegaskan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Akun hanya dibuka di komputer kantor kami dan kami tidak pernah membuka link apapun. Kami pun tidak pernah memberikan kode OTP kepada siapapun.

Sebagai informasi, admin yang mengelola pemesanan melalui Bukalapak terpisah dengan admin finance yang memegang nomor handphone untuk penarikan dana. Handphone dengan nomor yang terdaftar disimpan di ruangan Owner dan hanya dinyalakan ketika admin finance akan melakukan penarikan dana. Oleh karena itu, jika kami memang membuka link pishing dan pelaku dapat log in pun, pelaku tetap membutuhkan kode OTP untuk mengganti nomor akun kami.  Lalu, dari mana pelaku mendapatkan kode OTP sedangkan kami tidak pernah membagikannya kepada siapapun? Kami sangat menyayangkan hal ini dapat terjadi. Sebagai Pelapak, kami hanya berharap pihak Bukalapak mengganti dana BukaDompet kami yang dibobol pelaku.

Boni Angga Budiman
Jl. Kota Baru No. 2 RT.019/006, Kel. Cideng, Kec. Gambir, Jakarta Pusat
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima
Tanggapan Lain
Lihat Semua
JNE
Dijanjikan Sehari Sampai, Hingga Kini Belum Ada Informasi
Bank BNI
Tagihan Transaksi Kartu Kredit Terlambat 9 bulan
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
PT XL Axiata
Sinyal 3G dan 4G Hilang, Digantikan Sinyal 2G