Surat Pembaca
Lazada

Akun Customer Diretas, Voucher Refund Dicuri

Minggu, 3 Maret 2019 | 10:26 WIB

Pada 2 Maret 2019, saya berbelanja di Lazada. Ketika log in ke akun saya, saya terkejut saat melihat daftar transaksi pada 21 Februari 2019. Transaksi tersebut menggunakan voucher Velve Steam Wallet senilai Rp120.000x2 yang dikirimkan ke alamat email bya.n.n.a.nu.t.z.a@gmail.com. Padahal, saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Saya juga tidak menerima email ataupun SMS terkait transaksi tersebut. Email yang tertera pun bukan alamat email saya. Saya pun segera menghubungi customer service Lazada untuk menanyakan perihal transaksi tersebut.

Saya terhubung dengan customer service Lazada. Customer service tersebut menanyakan beberapa hal dalam upaya pengecekan. Setelah diperiksa, transaksi tersebut dibuat dengan menggunakan voucher refund yang ada di akun saya. Customer service pun meminta waktu untuk melakukan pengecekan lebih lanjut dan akan menghubungi saya kembali. Setelah itu, di hari yang sama saya pun dihubungi kembali. Pihak Lazada menginformasikan bahwa akun saya sudah diretas dan email saya diganti menjadi bya.n.n.a.nu.t.z.a@gmail.com. Saya juga diinformasikan bahwa pihak Lazada tidak dapat bertanggung jawab atas kejadian ini. Pihak Lazada mengatakan bahwa kewajibannya sudah dipenuhi untuk mengembalikan refund dalam bentuk voucher ke akun saya.

Terkait peretasan akun Lazada, saya pun menanyakan bagaimana hal ini bisa terjadi kepada pihak Lazada. Selama ini, saya tidak pernah memberikan email, password, dan kode verifikasi untuk log in kepada siapapun. Saya pun hanya log in melalui aplikasi Lazada di handphone saya, tidak pernah di sembarang gadget. Lazada menyatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui mengapa akun saya bisa diretas. Pihak Lazada pun mengasumsikan bahwa hal ini terjadi murni karena kesalahan saya yang lalai memberikan data pribadi ke pihak lain. Padahal, hal tersebut tidak pernah saya lakukan.

Saya pun meminta solusi kepada pihak Lazada terkait kejadian ini. Saya cukup terkejut ketika pihak Lazada menyarankan saya untuk mengajukan pemblokiran akun saya. Saya disarankan untuk membuat akun baru dengan alamat email dan nomor handphone yang baru. Saya harap pihak Lazada melihat surat pembaca ini sebagai bahan untuk membenahi manajemen lebih baik lagi.

Gabriella Jane A.
Jl. Janur 4 Blok F No. 1 RT.003/007, Kel. Kelapa Dua, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank Standard Chartered
Rekening dan Kartu Kredit Ditutup Sepihak
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Pemberitahuan
Bank BNI
Saldo yang Terpotong Setelah Gagal Tarik Tunai di ATM Belum Dikembalikan
Sriwijaya Air
Delay Hingga 4 Jam dengan Sriwijaya Air SJ-0085
PALYJA
Laporan Tidak Pernah Mendapat Solusi
Tanggapan Lain
Lihat Semua
OVO
Transfer Saldo OVO Ke Rekening Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Malah Berkurang
OVO dan CIMB Niaga
Top Up OVO Dinyatakan Gagal, Saldo CIMB Niaga Tetap Terdebet
PT. XL Axiata
XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan
XL Axiata
Layanan RBT Aktif Secara Tiba-Tiba
OVO
Tidak Bisa "Upgrade" OVO Premier karena KTP Sudah Digunakan Oleh Akun Tidak Dikenal