Surat Pembaca
Standard Chartered Bank

Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:43 WIB

Tanggal 11 Juni 2018 saya mendapatkan tagihan kartu kredit Standard Chartered Bank. Dalam rincian tagihan, saya dikenakan biaya untuk penggunaan Airport Lounge Concordia Jakarta. Kartu kredit yang saya miliki adalah Standard Chartered World Miles master card dan memang awalnya Standard Chartered memberikan gratis airport lounge.

Kebetulan saya cukup sering menggunakan Airport Lounge, termasuk Airport Lounge Concordia. Namun yang membuat saya kaget adalah adanya perubahan ketentuan mengenai penggunaan airport lounge di mana per Januari 2018 jika ingin menggunakaan akses airport lounge secara gratis, nasabah wajib melakukan transaksi sebesar 3 juta (sebelumnya tidak ada ketentuan minimum transaksi ini).

Informasi ini pun saya dapatkan ketika saya komplain ke call center Standard Chartered setelah saya menerima tagihan bulan Juni 2018 ini. Saya sebagai nasabah tidak pernah merasa menerima pemberitahuan ini via email atau pun SMS. Ketika CS yang saya hubungi pada bulan Juni tersebut saya tanya kapan diinformasikan via email, CS hanya ngotot menginfokan kalau hal tersebut sudah pernah diinformasikan melalui email.

Saya cek email Standard Chartered mulai dari bulan September 2017 sampai Juni 2018 pun tidak ada sama sekali pemberitahuan tersebut. CS bersikeras bahwa hal tersebut sudah pernah dipublikasikan ke nasabah dan CS hanya bisa mengira-ngira antara bulan Oktober, November, Desember 2017 atau Januari 2018. Sebagai informasi, CS Standard Chartered pun tidak bisa menginfokan email tersebut dipublikasikan ke nasabah tanggal berapa dengan alasan sudah lama diinfokan.

Karena saya tidak mau pusing, saya bayar tagihan tersebut. Bulan Juli 2018, saya mendapatkan tagihan lagi untuk penggunaan Airport Lounge Concordia Jakarta sebanyak 2 kali, di mana tanggal penagihannya 28 Juni 2018. Saya telepon kembali ke call center Standard Chartered dan CS menginfokan bahwa tagihan ini baru masuk di bulan Juli 2018 karena merchant terlambat memasukkan tagihan.

Setelah dicek oleh CS, ternyata penggunaan airport lounge tersebut malah sebelum saya menerima tagihan bulan Juni, yaitu tanggal 6 Mei dan tanggal sekian (saya lupa tanggal berapa). Betapa geramnya saya sebagai nasabah merasa dirugikan karena tidak ada pemberitahuan sama sekali mengenai hal ini. Bahkan saya cek email Standard Chartered satu persatu pun tidak ada.

Saya sangat kecewa dan akan saya bayar tagihan penggunaan airport lounge ini, setelah itu kartu kredit akan saya tutup. Terima kasih.

Teddy Su
Jl. Kalongan V/6, Surabaya
Standard Chartered Bank

Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru

Selasa, 2 Oktober 2018 | 15:23 WIB

Menanggapi surat yang disampaikan oleh Bapak Teddy Su melalui Kompas.com pada tanggal 18 Juli 2018 berjudul “Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru“ , bersama ini kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.

Kami telah menghubungi yang bersangkutan pada tanggal 13 September 2018 sehubungan dengan perubahan fitur airport lounge pada produk kartu kredit WorldMiles efektif bulan Februari 2018 dimana pemberitahuannya telah kami kirimkan melalui email pada tanggal 15 Desember 2017 kepada seluruh nasabah aktif Kartu Kredit Worldmiles Standard Chartered di bulan tersebut.

Terkait dengan hal ini, nasabah telah menerima penjelasan kami baik melalui lisan maupun tulisan pada tanggal 17 September 2018 dan permasalahan telah diselesaikan dengan baik oleh kedua belah pihak.

Demikian tanggapan ini kami sampaikan. Kepuasan nasabah merupakan kunci sukses Standard Chartered Bank dalam upaya menjaga serta meningkatkan mutu layanan kami.

Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat kami.

Bertha E. Siagian - Head of Client Experience STANDARD CHARTERED BANK INDONESIA
8/F Menara Standard Chartered, Jl. Prof. DR. Satrio 164, Jakarta 12950, Indonesia
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal