Surat Pembaca
Blibli.com

Hati-Hati Beli Handphone di Blibli.com

Rabu, 19 Desember 2018 | 09:15 WIB

Sebelumnya saya beli handphone Xiomi Redmi 6 Pro di Blibli.com pada seller Gadget Link. Handphone saya terima pada 2 November 2018. Namun, setelah saya buka ternyata dus handphone dalam kondisi tidak bersegel. Saya langsung komplain via customer service chat dengan agen Sisca dan diinformasikan seharusnya kondisi handphone tersegel.

Tanpa pikir panjang saya langsung mengisi form pengajuan pengembalian (karena tidak bersegel) via aplikasi, tanpa mengecek kondisi handphone. Pengajuan berhasil.

Berdasarkan informasi dari aplikasi, barang akan dijemput oleh Blibli. Namun, pihak Blibli tidak kunjung datang. Padahal disitu tertulis dengan jelas bahwa pengajuan berhasil. 

Saya mengisi form pengajuan pengembalian lagi pada 5 November 2018 via aplikasi. Namun lagi-lagi pihak Blibli tidak datang.

Saya mengisi form pengajuan pengembalian lagi pada 6 November 2018 via web, karena via aplikasi sebelumnya ternyata error. Besoknya saya kirim ke kantor pos Kertosono-Nganjuk. Namun, ternyata pihak pos sudah tidak kerjasama dengan Blibli per 31 Oktober 2018 dan ada note di komputernya. Pihak pos sudah coba input namun gagal (silahkan konfirmasi ke kantor pos tersebut jika tidak percaya).

Saya sudah coba juga ke kantor pos Kediri dan dijawab, “Kalau tujuannya ke Sidoarjo tidak bisa, kalau ke Jakarta bisa.” Padahal tujuannya ke Sidoarjo itu sesuai form pengembalian.

“Silahkan konfirmasi juga ke kantor pos tersebut kalo tidak percaya.” Jawab petugas pos lagi

Apakah kendala-kendala seperti ini pihak Blibli mengetahuinya?

Saya mengisi form pengajuan pengembalian lagi pada 9 November 2018, karena pengajuan sebelumnya tidak diterima kantor pos. Lalu metode pengembalian ganti ke JNE. Saya belum pernah retur di Blibli. Setahu saya yang penting tidak lewat dari 15 hari (coba kalo tidak ada kendala pada pengajuan via aplikasi pada 3 November 2018 dan pihak kantor pos masih kerjasama pasti tidak berlarut-larut begini).

Pada 23 November 2018 saya mengisi form pengajuan pengembalian lagi dan ditolak, dengan alasan pengajuan RMA double dan cacat fisik. Padahal RMA double karena RMA sebelumnya tidak bisa di terima pihak kantor pos.

Mengenai cacat fisik, ya mana saya tahu, karena hasil chatting dengan Customer Service Blibli diinformasikan bahwa seharusnya kondisi handphone tersegel. Makanya barang langsung saya kembalikan tanpa cek kondisi handphone, karena dari awal terima memang tidak tersegel adanya.

Jika Blibli jadi saya, menerima barang dengan kondisi tidak tersegel, lalu komplain kemudian ditolak, apakah Blibli akan diam saja?

Oleh karena saya membeli handphone baru, mohon berikan handphone yang bersegel.

Aan
Perum Taman Salak A-03, Madiun
Blibli.com

Hati-Hati Beli Handphone di Blibli.com

Kamis, 10 Januari 2019 | 14:26 WIB

Menanggapi surat Bapak yang dimuat di Kompas.com, Rabu, 19 Desember 2018, pertama-tama kami menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Kami telah menghubungi Bapak Aan untuk proses penyelesaian ini dan sepakat untuk melakukan pengembalian dalam bentuk voucher.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Terima kasih atas kerjasama semua pihak dan rekan redaksi Kompas.com yang telah memuat tanggapan ini.

Hormat kami,

Dickson Parulian - Blibli Loyalty Team Service (BLITS) Manager
Jl. Aipda K.S. Tubun 2C/No.8, Jakarta Barat 11410
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Telkomsel
Pelayanan & Apps Telkomsel Sangat Tidak Memuaskan
JNE
Dijanjikan Sehari Sampai, Hingga Kini Belum Ada Informasi
Bank BNI
Tagihan Transaksi Kartu Kredit Terlambat 9 bulan
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima