Surat Pembaca
Bukalapak

Dua Kali Kecewa Berbelanja di Bukalapak

Jumat, 1 Maret 2019 | 20:12 WIB

Saya mempunyai dua masalah terkait transaksi melalui Bukalapak. Pertama, pada 16 Februari 2019, saya melakukan pembelian di Bukalapak dengan nomor transaksi 191722849776. Di hari yang sama, saya mendapatkan resi pengiriman yaitu BLAPK191722849776. Pengiriman tersebut saya pilih menggunakan jasa ekspedisi Ninja Xpress. Pada 19 Februari 2019, saya melakukan cek status pengiriman dan tertera informasi bahwa paket sudah dikirimkan dari gudang dan sedang transit. Kemudian, pada 21 Februari 2019 saya melakukan cek status kembali. Status pengiriman paket saya masih sama dengan sebelumnya. Saya mencoba menghubungi pihak Ninja Xpress untuk menanyakan status pengiriman paket saya tersebut. Saya diminta untuk menghubungi Ninja Xpress kembali keesokan harinya. Saya pun mengikuti permintaan tersebut. Keesokan harinya, saya mendapatkan jawaban bahwa paket belum diketahui statusnya.

Saya kembali menghubungi pihak Ninja Xpress pada 23 Februari 2019. Jawaban yang saya dapatkan pun masih sama. Paket saya masih belum diketahui statusnya. Sampai dengan 1 Maret 2019, paket tersebut masih belum diketahui status dan keberadaannya. Saya pun kembali menghubungi pihak Ninja Xpress untuk membatalkan pesanan. Saya juga meminta agar pihak Ninja Xpress mengembalikan ongkos kirim kepada penjual agar dana saya sepenuhnya dikembalikan dari Bukalapak. Permintaan tersebut disetujui oleh pihak Ninja Xpress.

Setelah mengajukan pembatalan transaksi dan pengembalian ongkos kirim, saya pun memeriksa status transaksi saya di Bukalapak. Transaksi berhasil dibatalkan namun ongkos kirim tidak dikembalikan. Saya merasa dirugikan terkait hal tersebut. Saya berharap Bukalapak segera menyelesaikan masalah ini dan menyerahkan refund secara utuh.

Kedua, kendala saya ketika bertransaksi di Bukalapak adalah terkait jumlah pesanan yang tidak lengkap karena terjadi kesalahan pengiriman. Saya membeli 15 unit konektor dengan nomor transaksi 191710934101. Saat paket tersebut tiba, saya hanya menerima 5 unit konektor yang sesuai pesanan. Saya sudah mencoba menghubungi pihak penjual, tetapi tidak mendapatkan respon. Pada 22 Februari 2019, pihak Bukapalak menyarankan saya untuk mengirimkan unit yang tidak sesuai dengan pesanan tersebut ke alamat Bukalapak. Saya pun mengirimkan barang tersebut ke alamat Bulapak pada 23 Februari 2019 dengan nomor resi JD0031000437. Pada 26 Februari 2019, pihak Bukalapak menginformasikan bahwa barang sudah diterima dan akan segera dilakukan pengecekan. Akan tetapi, sampai dengan 1 Maret 2019 saya belum mendapatkan respon ataupun refund dari pihak Bukalapak atas barang yang bermasalah tersebut. Saya harap pihak Bukalapak dapat segera merespon dan menyelesaikan masalah ini.

Lukman
Jl. Sekolah No.66 Desa Kota Baru, Kel. Abepura, Jayapura
PT. Bukalapak.com

Dua Kali Kecewa Berbelanja di Bukalapak

Selasa, 5 Maret 2019 | 18:01 WIB

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Kompas.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Kompas.com tertanggal 1 Maret 2019 yang ditulis oleh Bapak Lukman perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Dua Kali Kecewa Berbelanja di Bukalapak", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Menindaklanjuti keluhan yang dialami Bapak Lukman, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Lukman terkait kendala transaksi dengan nomor 191722849776 dan 191710934101. Perihal transaksi nomor 191722849776 setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, terjadi kendala pengiriman di mana barang dinyatakan hilang oleh pihak ekspedisi dan saat ini kendala tersebut sudah dibantu selesaikan dengan dana dikembalikan ke saldo BukaDompet Bapak Lukman. Untuk transaksi nomor 191710934101 sudah dibantu selesaikan dan dana sudah dibantu kembalikan sesuai jumlah barang yang tidak dikirimkan oleh pelapak. Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

Salam,

Evi Andarini - Public Relations Manager Bukalapak
Jl. Kemang Timur No.22, Jakarta Selatan 12560 Indonesia
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
XL Center Mall Puri dan XL Axiata Pusat
Kecewa, Buruknya Pelayanan XL Center Mall Puri
Biznet Home
Kecewa dengan Pelayanan Biznet Home Internet
PT Prudential Life Assurance
Kecewa Dengan Proses Reimbursement Prudential yang Tidak Jelas
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.