Surat Pembaca
Bank CIMB Niaga

Pendebitan Sepihak dari Bank CIMB Niaga

Sabtu, 20 Juni 2020 | 14:37 WIB

Saya adalah nasabah Bank CIMB Niaga sejak 2003. Secara saldo, rata-rata bulanan saya memang termasuk kecil. Hal ini dikarenakan tujuan saya membuka rekening di Bank Lippo saat itu adalah hanya untuk kebutuhan pendebetan Asuransi Lippo Life.

Tiba-tiba di bulan Februari 2020 saya mendapati adanya pendebitan sepihak dari pihak bank sebesar Rp250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dengan description fall below fee. Pendebitan ini berlangsung lagi di bulan Maret dan April.

Biaya fall below fee sebelumnya, terakhir di Desember 2019, hanya di kisaran Rp. 17.500,- (tujuh belas ribu lima ratus rupiah).

Saya menghubungi Hotline CIMB Niaga di 14041. Customer Service CIMB Niaga menjelaskan bahwa ini terjadi dikarenakan saya telah melakukan upgrade level nasabah menjadi CIMB Privilege/Preferred.

Saya tidak pernah meminta atau diminta konfirmasi dari pihak bank mengenai upgrade ini. Dapat dikatakan dilakukan otomatis, sepihak, dan tanpa persetujuan saya.

Saya pun meminta pengembalian atas dana yang telah dipotong secara sepihak tersebut. Pihak bank mengatakan akan melakukan pengecekan, dan saya dijanjikan akan dihubungi kembali.

Saya terus menunggu namun tidak ada telepon dari CIMB Niaga. Hingga saya berinisiatif menghubungi untuk kedua kalinya. Singkat kata, hasilnya sama.

Saya pun menghubungi untuk ketiga kalinya pada 19 Juni 2020, jam 8.30 WIB. Diinformasikan, saya harus mengurus langsung ke cabang dimana saya membuka rekening untuk pengurusan downgrade ke regular account sehingga proses pendebetan bisa dihentikan.

Menurut saya, ini sungguh aneh dan mengecewakan. Hal ini terjadi dikarenakan perlakuan sepihak CIMB Niaga. Tetapi untuk memperbaikinya, nasabah yang harus kerepotan. Berkali-kali membuang pulsa, waktu, tenaga, dan biaya transport.

Customer service menjanjikan saya akan dihubungi oleh relationship manager, yang tidak pernah menghubungi saya.

Terus terang melelahkan sekali pengurusan ini. Masalah tidak kunjung selesai, janji tidak ditepati, dan saya hanya berjuang mendapatkan kembali apa yang menjadi milik saya.

Mohon tanggapan dari pihak CIMB Niaga. Terima kasih. (VEN)

Luciawati
Gading Serpong, Tangerang
PT Bank CIMB Niaga Tbk

Pendebitan Sepihak dari Bank CIMB Niaga

Jumat, 26 Juni 2020 | 21:12 WIB

Sehubungan dengan surat Ibu Luciawati yang berjudul “Pendebitan Sepihak dari Bank CIMB Niaga” di Kompas.com pada 20 Juni 2020, dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Luciawati.

Sebagai tindak lanjut dari keluhan tersebut, kami telah menghubungi Ibu Luciawati untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi dan permasalahan telah diselesaikan.

Dapat kami sampaikan juga bahwa untuk masukan dan keluhan atas pelayanan CIMB Niaga dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau melalui email: 14041@cimbniaga.co.id. 

Demikian kami sampaikan. Atas kerja sama dan dimuatnya tanggapan ini, kami ucapkan terima kasih.

Deddy T. Hasibuan - Media Relations Group Head
Menara Sentraya, Jakarta Selatan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal