Surat Pembaca
OYO 871 Aira Costel Cianjur

Ditagihkan Biaya Pemeliharaan Kamar Meski Telah Membayar Lunas Biaya Menginap Melalui Aplikasi OYO

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:37 WIB

Pengalaman tidak menyenangkan saya alami pada 1 Oktober 2021, saat saya akan menginap di OYO 871 Aira Costel Cianjur.

Pada saat akan check in, saya diminta membayar biaya pemeliharaan kamar sebesar Rp20.000. Padahal saya sudah membayar lunas biaya menginap satu malam di hotel tersebut melalui aplikasi OYO.

Ketika saya menolak membayar biaya tambahan yang tidak jelas dan tidak ada dalam persyaratan di aplikasi OYO, petugas hotel menghubungkan saya dengan atasannya atau pemilik hotel via handphone.

Dalam percakapan tersebut, lawan bicara saya yang merupakan atasan petugas hotel menyampaikan kata-kata yang tidak sopan yang menurut saya sangat merendahkan saya sebagai customer.

Sebenarnya ini bukan hanya masalah uang Rp20.000 yang tidak seberapa, tetapi masalah pemungutan biaya di luar kesepakatan yang membuat saya menolak membayar. Apalagi ditambah dengan perkataan tidak sopan yang saya terima dari pemilik hotel.

Kemudian saya mengajukan pembatalan pesanan via aplikasi OYO. Namun ternyata biaya yang sudah saya bayarkan tidak bisa di-refund.

Saya mengajukan complain via chat dan dilanjutkan via email ke pihak aplikasi OYO. Tapi saya harus kecewa lagi, karena setelah menunggu sampai hari ini, 5 Oktober 2021, jawaban dari pihak OYO via email adalah sebagai berikut, “No. Pesanan : DDTM8646 Hotel : OYO 871 Aira Costel Check-in : 01/10/2021 Nama Tamu : Elisabeth Sondang Sebelumnya mohon maaf atas kendala yang terjadi. Berdasarkan konfirmasi dari pihak hotel, pemesanan Anda dimintai biaya untuk permintaan pribadi Anda karena ingin penambahan amenities yang memang tidak disediakan oleh OYO, namun Anda menolak. Dengan demikian pemesanan tidak dapat kami ajukan pengembalian dana.”

Pada email tersebut, pihak OYO menerangkan bahwa saya dimintai biaya tambahan, karena permintaan pribadi saya atas penambahan amenities yang memang tidak disediakan oleh OYO. Padahal saya tidak pernah meminta penambahan amenities.

Begitulah, akhirnya mereka menempatkan saya dipihak yang salah, sehingga pengembalian dana yang saya ajukan tidak bisa disetujui oleh OYO. Semoga pengalaman tidak menyenangkan ini hanya terjadi kepada saya dan tidak terjadi kepada customer lain. (IRA)

Elisabeth
KAMPUS IPDN BLOK A10. JL.AMPERA RAYA, CILANDAK TIMUR
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
PT Telkom Indonesia
Sudah 10 hari Indihome Mengatakan Sedang Perbaikan Central
Bagian Pelayanan dan Teknisi Telkomsel
Jaringan Internet Jelek, Optimasi Hanya Janji
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Shopee
Transaksi QRIS Gagal, Tapi Saldo ShopeePay Malah Terpotong
Pemimpin Cabang Pembantu Bank BSI KCP Jakarta Pangkalan Jati 1
Respon Cepat dan Tindak Lanjut Solusi oleh Pihak BSI
Tanggapan Lain
Lihat Semua
IndiHome
Pelanggan Dikenai Denda Meski Kesalahan Terjadi Pada Sistem Pembayaran IndiHome
Bank Danamon
Kecewa dengan Layanan Bank Danamon
Bank Danamon
Kecewa dengan Kartu Kredit Danamon Amex
Customer Service Kartu Kredit BCA
Sulitnya Mengurus Surat Lunas Kartu Kredit BCA
Tunaiku - Amar Bank
Tagihan Sudah Lunas, Tunaiku Amar Bank Tidak Kunjung Memperbaharui Status SLIK OJK