Surat Pembaca
Grab, OVO, dan Mandiri
Pengalaman Buruk Mengisi Saldo OVO di Aplikasi Grab via ATM Mandiri
Pada 10 Desember 2018, saya mengisi saldo OVO di aplikasi Grab via ATM Mandiri sebesar 300.000 rupiah. Setelah menerima struk tanda transaksi berhasil, ternyata saldo OVO saya masih belum juga terisi. Saya pun langsung menelpon call center Grab dan mengadukan perihal permasalahan tersebut. Mereka meminta waktu sekitar 3-5 hari kerja untuk mengecek pengaduan saya.
CIMB NIAGA
Sudah Berganti Tahun, Redeem Poin Xtra CIMB Niaga Belum Juga Terselesaikan
Saya mengajukan complain ke CIMB Niaga perihal redeem Poin xtra dengan voucher MAP sejak Oktober 2018. Pertama kali saya complain di bulan November 2018 melalui fasilitas pesan di CIMB Clicks, dan dijawab bahwa saya diminta menunggu selama 20 hari kerja untuk SLA-nya. Namun sampai dengan Desember 2018, kabar mengenai proses redeem saya belum juga selesai.
OVO
Kecewa dengan Pelayanan OVO
Pada 14 Desember 2018 saya melakukan transaksi top up OVO melalui Mbanking Mandiri senilai Rp 1 juta. Setelah melakukan pengecekan transaksi, ternyata terjadi dua kali proses transaksi di akun Mandiri saya dengan nilai masing-masing Rp 1 juta. Namun yang berhasil masuk ke OVO cash hanya sekali.
Bank Negara Indonesia (BNI)
Tarik Tunai Tidak Berhasil, Saldo Berkurang
Pada tanggal 25 November 2018 saya melakukan tarik tunai di ATM BNI sebesar Rp.400.000,- dan pada mesin ATM tidak mengeluarkan uang. Tetapi saat saya cek saldo rekening saya berkurang. Saya sudah melaporkan masalah ini ke BNI Call Center dan memperoleh jawaban bahwa proses pelaporan diproses selama 14 hari kerja yang seharusnya tanggal 14 Desember 2018. Tetapi sampai sekarang tanggal 17 Desember tidak ada kejelasan dari pelaporan saya. Sudah berulang kali saya telepon ke call center dengan jawaban pelaporan saya masih diproses. Tolong kejelasannya. Terrima kasih.
Bank Danamon
Bank Danamon Tidak Profesional
Pada 9 November 2018, saya mendapat email dari Bank Danamon bahwa ada perpanjangan kartu kredit Danamon baru dan kartu tersebut akan dikirimkan sesuai dengan alamat. Kenyataanya, kartu tersebut tidak kunjung dikirimkan. Saat saya tanyakan, kartu kredit tersebut tidak terkirim karena alamat salah.
Kartu kredit Bank Mega
Pelayanan Kartu Kredit Bank Mega yang Mengecewakan
Sekitar satu bulan yang lalu saya apply kartu kredit Bank Mega secara online. Setelah pihak bank menghubungi saya beberapa kali untuk konfirmasi, saya menerima kartu yang dikirim oleh kurir pada 3 Desember 2018.
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Jaringan CIMB Niaga Bermasalah
Pada 17 Desember 2018, saya melakukan percobaan penarikan uang sebesar 1.500.000 LAK atau sekitar 2.590.919,18 IDR di mesin ATM Lao Development Bank (LDB), Vientiane, Laos melalui jaringan MasterCard. Kemudian transaksi dinyatakan gagal. Uang tidak saya dapatkan, tapi dana sudah terdebit di sistem CIMB.
CIMB Niaga
Poin Xtra Terdebet, E-Voucher Tidak Terkirim
Pada 3 Oktober 2018, saya menukarkan 5000 Poin Xtra via CIMB Clicks dengan E-Voucher Alfamart, dengan Nomor Referensi RB0380062652. Setelah ditunggu-tunggu, saya tidak kunjung menerima E-Voucher Alfamart tersebut. Sampai pada akhirnya, pada 1 November 2018 saya menghubungi Call Center CIMB Niaga dan dibuatkan Nomor Laporan 01269/c/47002a/kp/11/18.
Blibli.com
Hati-Hati Beli Handphone di Blibli.com
Sebelumnya saya beli handphone Xiomi Redmi 6 Pro di Blibli.com pada seller Gadget Link. Handphone saya terima pada 2 November 2018. Namun, setelah saya buka ternyata dus handphone dalam kondisi tidak bersegel. Saya langsung komplain via customer service chat dengan agen Sisca dan diinformasikan seharusnya kondisi handphone tersegel.
Bukalapak.com
Penipuan Pelapak di Bukalapak.com
Toko Vivo Indonesia dengan nomor whatsapp awal: 085225914744 berhasil menipu saya, setelah saya transfer uang DP plus cicilan pertama. Setelah itu, saya ditelepon seseorang yang seolah dari Pimpinan Bukalapak atas nama Haji, dengan nomor telepon 085213669388. Ia meminta tambahan transfer dengan total sebesar 2.5 juta rupiah. Dari situ saya sadar kalau sudah ditipu.