Surat Pembaca
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Pemberitahuan
Saya seorang pelapak. Pada tanggal 7 April 2019 saya transakasi di Bukalapak. Saya mengirimkan alat-alat tulis ke pembeli. Setelah barang sampai dan diterima pembeli, otomatis dana masuk ke buka dompet saya. Saat itu buka dompet saya senilai Rp.3.190.000. Selang beberapa jam saya lakukan pencairan.
OVO
Transfer Saldo OVO Ke Rekening Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Malah Berkurang
Pada 10 April 2019 sekitar pukul 8 pagi, saya melakukan transfer saldo OVO ke rekening BNI saya. Pada saat itu, proses transfer dinyatakan gagal. Akan tetapi, saldo pada akun OVO saya terpotong dan saldo di rekening BNI saya tidak bertambah. Saya pun mencoba memeriksa riwayat transaksi tersebut namun tidak ditemukan. Akhirnya saya pun memutuskan untuk menunggu 1x24 jam. Setelah menunggu, saldo OVO tetap terpotong namun saldo di rekening BNI masih belum juga bertambah.
OVO dan CIMB Niaga
Top Up OVO Dinyatakan Gagal, Saldo CIMB Niaga Tetap Terdebet
Pada 27 Maret 2019, saya melakukan top up OVO menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga. Saya melakukan top up melalui Aplikasi OVO. Pertama, saya melakukan top up sebesar Rp100.000,- namun transaksi dinyatakan gagal. Saya pun mencoba kembali dengan melakukan top up sebesar Rp100.000,-. Kali ini, transaksi dinyatakan berhasil. Akan tetapi, saldo Kartu Kredit CIMB Niaga terpotong Rp200.000,-. Padahal, saldo yang masuk ke akun OVO saya hanya Rp100.000,-.
PT. XL Axiata
XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan
Saya mengunjungi XL Center Puri Indah Mall untuk mengajukan update data kartu kredit karena ada promo pemutakhiran data. Saat itu, data yang saya serahkan tidak langsung dimasukkan ke dalam sistem. Customer service yang melayani saya hanya mencatat data-datanya di selembar kertas. Customer service tersebut menyatakan bahwa saya akan mendapatkan benefit dari promo ini bulan depan. Ketika tagihan datang, total biaya yang tercantum adalah biaya normal tanpa adanya potongan dari promo. Setelah diselidiki, ternyata data yang saya serahkan di XL Center Puri Indah Mall hilang, sehingga saya tidak dikenakan promo tersebut. Recovery data tidak dapat dilakukan karena hanya dicatat di selembar kertas dan customer service yang melayani saya pada saat itu sudah resign. Saya sangat kecewa dengan kejadian ini. Saya harap pihak XL segera membenahi manajemennya sehingga kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang.
XL Axiata
Layanan RBT Aktif Secara Tiba-Tiba
Saya adalah pengguna kartu selular XL. Saya tidak pernah mengikuti layanan RBT. Akan tetapi, tiba-tiba RBT aktif dan pulsa saya terpotong. Pulsa yang terpotong memang tidak seberapa, akan tetapi saya merasa terganggu dengan aktivasi RBT secara tiba-tiba ini. saya sudah coba menghubungi customer service XL. Akan tetapi, call center XL sulit dihubungi. Saya harap pihak XL segera menangani hal ini. Terima kasih.
OVO
Tidak Bisa "Upgrade" OVO Premier karena KTP Sudah Digunakan Oleh Akun Tidak Dikenal
Saya melakukan upgrade OVO Premier berkali-kali mulai dari via online pada 3 April 2019 dan via on booth di Plaza Semanggi sekitar tanggal 4 - 6 April 2019. Info melalui email dan CS-nya bahwa proses upgrade OVO Premiere membutuhkan waktu 24 jam.
JD.ID
Barang yang Dikirim JD.ID Tidak Sesuai dengan Iklan
Pada 22 Maret 2019, saya membeli Shampo Palmolive Honey Milk di JD.ID. Pada saat itu, sedang ada promo beli 1 gratis 1, maka saya pun membeli 3 buah agar mendapatkan bonus tambahan 3 buah juga. Nomor pesanan saya adalah 256789936. Pada 24 Maret 2019, saya pun menerima pesanan tersebut. Akan tetapi, saya hanya menerima 3 botol shampoo. Padahal, berdasarkan promo seharusnya Shampo Palmolive yang saya terima adalah 6 botol. Barang yang dikirim tidak sesuai dengan iklan. Mohon tanggapannya dari pihak JD.ID.
Bank Mega
Tidak Berhutang Namun Terus Ditelepon Oleh Agency
Saya bukan nasabah atau melakukan hutang ke Bank Mega. Namun nomor kontak saya menjadi referensi nasabah terkait pengajuan kartu kredit. Singkat cerita, terdapat debt collector yang mengaku dengan sebutan "agency" menelepon saya dengan nada memaksa dan mengintimidasi untuk menanyakan nasabah.
Bukalapak
Bukalapak Tak Kunjung Melakukan Verifikasi Pembayaran
Melalui surat pembaca ini, saya bermaksud menyampaikan keluhan saya kepada Bukalapak. Saya membeli token listrik senilai Rp201.000,- di Bukalapak menggunakan Virtual Account Bank Niaga. Sampai dengan saat ini, pembayaran tersebut belum juga terverifikasi. Padahal, saldo di rekening Bank Niaga saya sudah terdebet dan transaksi dinyatakan berhasil. Saya sudah menghubungi Customer Service Bukalapak dan diinformasikan bahwa update pembayaran akan segera diselesaikan dalam 10-15 menit. Akan tetapi, sampai dengan saat ini pernyataan tersebut belum terealisasi.
Bank Negara Indonesia
Perhitungan Bunga Bank BNI Tidak Sesuai Sehingga Memberatkan Nasabah
Saya merupakan pemegang kartu kredit BNI Lotte Mart. Tagihan kartu kredit saya pada tanggal 7 Januari 2019 adalah sebesar Rp16.139.187. Kemudian saya melakukan pembayaran sebesar Rp14.000.000 pada 25 Januari 2019. Pembayaran akan jatuh tempo pada tanggal 27 Januari 2019. Artinya, saya membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Akan tetapi, pada tanggal 7 Februari 2019 saya ditagih bunga sebesar Rp285.883. Padahal, sisa tagihan saya sebesar Rp2.000.000 tapi bunganya begitu besar. Di belakang tagihan kartu kredit tertulis bunga sebesar 2,25% per bulan. Ketika saya menghubungi call center Bank BNI, pihak Bank BNI menyatakan bahwa bunga tersebut terhitung untuk setiap transaksi. Perhitungan bunga kartu kredit Bank BNI tidak sesuai dan jumlahnya memberatkan nasabah.