Surat Pembaca
OVO
Rekening Terdebet, Saldo OVO Tidak Bertambah
Saya adalah pengguna OVO Premier yang sudah berulang kali melakukan top up dan transaksi dengan OVO. Pada 1 Maret 2019, saya melakukan top up saldo OVO sejumlah Rp1.000.000 dari rekening Bank Mandiri. Akan tetapi, saldo OVO saya tidak kunjung bertambah. Saya sudah menghubungi call center OVO dan mendapatkan nomor laporan 1246281. Setelah pelaporan tersebut, hingga saat ini pihak OVO belum memberikan tanggapannya.
Sharp Indonesia
Kecewa dengan Lambatnya Perbaikan Mesin Cuci Sharp
Saya membeli sebuah mesin cuci merek Sharp pada 15 November 2019 dengan garansi resmi Sharp Indonesia. Pada 10 Februari 2019, mesin cuci tersebut mengalami kerusakan. Saya pun melaporkan hal tersebut ke customer care Sharp Indonesia di nomor 0-800-1-225588. Saya mengajukan perbaikan karena mesin cuci tersebut masih dalam masa garansi. Pada 16 Februari 2019, teknisi Sharp Indonesia mendatangi kediaman saya untuk melakukan pengecekan terhadap mesin cuci saya. Hasil dari pengecekan tersebut adalah terdapat kerusakan pada sparepart modul mesin cuci sehingga perlu diganti. Akan tetapi, hingga saat ini sparepart yang dibutuhkan belum juga tiba.
Bukalapak
Dua Kali Kecewa Berbelanja di Bukalapak
Saya mempunyai dua masalah terkait transaksi melalui Bukalapak. Pertama, pada 16 Februari 2019, saya melakukan pembelian di Bukalapak dengan menggunakan jasa ekspedisi Ninja Xpress. Sampai dengan 1 Maret 2019, paket tersebut masih belum diketahui status dan keberadaannya. Saya pun menghubungi pihak Ninja Xpress untuk membatalkan pesanan dan meminta agar pihak Ninja Xpress mengembalikan ongkos kirim kepada penjual agar dana saya sepenuhnya dikembalikan dari Bukalapak. Permintaan tersebut disetujui oleh pihak Ninja Xpress. Transaksi berhasil dibatalkan namun ongkos kirim tidak dikembalikan. Saya merasa dirugikan terkait hal tersebut. Saya berharap Bukalapak segera menyelesaikan masalah ini dan menyerahkan refund secara utuh. Kendala kedua adalah ketika saya membeli 15 unit konektor. Saat paket tersebut tiba, saya hanya menerima 5 unit konektor yang sesuai pesanan. Saya sudah mencoba menghubungi pihak penjual, tetapi tidak mendapatkan respon. Pihak Bukapalak menyarankan saya untuk mengirimkan unit yang tidak sesuai dengan pesanan tersebut ke alamat Bukalapak. Saya pun mengirimkan barang tersebut ke alamat Bulapak. Akan tetapi, hingga saat ini saya belum mendapatkan respon ataupun refund dari pihak Bukalapak atas barang yang bermasalah tersebut.
OVO
Saldo OVO Tidak Bertambah
Tanggal 25 Februari saya transfer uang via M-Banking BCA untuk top up saldo OVO sebesar Rp.3.800.000,-. Saya cek mutasi sudah terkirim, tapi ternyata saldo OVO tidak bertambah. Saya komplain ke customer service, diinformasikan bahwa transaksi saya sudah overlimit 20 juta/bulan. Pihak OVO menjanjikan akan input manual.
OVO
Saldo OVO Terpotong, Pulsa Tidak Terisi
Hari Jumat, 22 Februari 2019 saya melakukan pembelian pulsa Smartfren melalui aplikasi OVO dengan nomor referensi Tpaid-1a842f0b402624. Saldo OVO pun terpotong, namun sampai saat ini pulsa tidak masuk. Saya sudah komplain lewat email, WA, telepon, tetapi hanya diberikan nomor serial 340531237. Saya diminta cek ke provider.
JNE Express
JNE Tak Kunjung Mengirimkan Paket
Sudah 2x saya mengalami kendala saat menggunakan jasa ekspedisi JNE. Keduanya saya alami ketika hendak mengirimkan paket dengan tujuan yaitu alamat kantor saya. Paket saya dengan nomor resi 012860014743519 belum juga saya terima. Saya sudah mengajukan komplain dan membuat laporan, namun belum ada tindak lanjutnya.
Ninja Xpress
Hampir Dua Minggu Paket Belum Kunjung Tiba
Saya melakukan pembelian barang dari Bukalapak tanggal 16 Februari 2019. Saya membutuhkan paket itu ditanggal 25 Februari 2019. Waktu itu pelapak menyarankan menggunakan pengiriman Ninjaxpress. Katanya proses kirim paling lama 5 hari dan saya menyetujuinya.
JD.ID
Pesanan Dari JD.ID Tak Kunjung Tiba
Pada tanggal 1 Januari 2019 saya membeli tempat penyimpanan sepatu di JD.ID dengan nomor pesanan 251726677. Pihak JD.ID menjanjikan bahwa barang akan dikirimkan paling lambat dalam waktu 3 hari. Akan tetapi, hingga surat pembaca ini saya tulis, barang pesanan belum kunjung tiba.
Bank CIMB Niaga
Penukaran Poin Extra, Voucher Tak Kunjung Sampai
Pada tanggal 5 Desember 2018 saya menukarkan poin reward CIMB Niaga saya ditambah dengan transfer tunai sebesar Rp50.000,- dan voucher MAP nominal Rp100.000,-. Penukaran saya lakukan melalui CIMB Clicks. Namun sampai tanggal 13 Februari 2019 voucher tersebut belum saya terima.
JD.ID
Kecewa Terhadap Layanan Purna Jual JD.ID
Pada 2 Januari 2019, saya mengajukan layanan purna jual laptop di JD.ID dengan nomor pesanan 243522848. Tanggal 8 Januari 2019 status pesanan sudah diterima, saya pun menerima konfirmasi maksimal 14 hari kerja untuk perbaikan. Kemudian, tanggal 25 Januari 2019 saya telepon customer service purna jual, saya diminta menunggu 3x24 jam dan pihak JD.ID akan menghubungi saya.