Surat Pembaca
JD.ID
Refund Dari JD.ID Tidak Sesuai dengan Jumlah Seharusnya
Pada tanggal 9 Januari 2019, saya melakukan pembelian produk di JD.ID dengan nomor pesanan 249333694. Sebagian pembayarannya saya lakukan menggunakan saldo Go-Pay dan sebagian yang lain menggunakan voucher yang saya beli dengan harga penuh. Pesanan saya dibatalkan oleh sistem pada tanggal 16 Januari 2019. Akan tetapi, dana refund kurang dari total biaya yang saya bayarkan di awal.
Maybank Indonesia
Dijanjikan Tertutup Otomatis, Kartu Kredit Maybank Masih Juga Aktif
Saya memiliki kartu kredit Maybank yang berlaku sampai dengan Desember 2018. Akan tetapi, sudah tidak pernah lagi dilakukan maintain terhadap kartu kredit tersebut. Saya menghubungi pihak Maybank dan mengajukan penutupan kartu kredit. Saya pun menutup seluruh kartu kredit Maybank, kecuali kartu master reguler yang sudah habis masa berlaku. Berdasarkan informasi dari pihak Maybank, kartu master reguler tersebut akan tertutup otomatis pada akhir Desember 2018 karena sudah expired. Ternyata, hingga saat ini kartu saya masih aktif. Saya sudah menghubungi pihak Maybank. Akan tetapi, customer service yang melayani saya tidak dapat membaca histori dan detail permohonan saya sebelumnya.
PT Nissan Motor Indonesia
Sulitnya Mendapatkan Nosel Injektor Nissan Serena C26
Pada liburan akhir tahun, 23 Desember 2018, saya sekeluarga bermaksud melakukan "Carpakers" atau trip menggunakan kendaraan pribadi Nissan Serena C26, produksi tahun 2015 dengan tujuan Pulau Dewata, Bali. Dalam perjalanan, tepatnya di KM 249 Tol Pejagan, kendaraan mengalami over heat, sehingga harus dibawa ke bengkel terdekat.
3 (Tri) Indonesia
Kecepatan Jaringan Menurun, Pihak 3 (Tri) Belum Juga Memberi Solusi
Saya adalah pengguna provider Tri. Biasanya, kecepatan jaringan provider Tri di tempat saya berkuliah sangat stabil bahkan terbilang cepat. Saya terbiasa menggunakan provider ini di jaringan 3G dan 4G. Pada tanggal 7 Februari 2019, wilayah Keputih, Gebang Kidul, kota Surabaya Timur dilanda hujan deras disertai petir dan angin kencang. Setelah hujan deras tersebut, kecepatan jaringan Tri menurun. Jaringan 3G dan 4G yang biasa saya gunakan menjadi tidak berfungsi.
Bank CIMB Niaga
Tukar "Poin Reward" Kartu Kredit, Voucher Tak Kunjung Sampai
Pada November 2018 saya menukarkan poin reward kartu kredit CIMB Niaga dengan voucher Hypermart. Penukaran saya lakukan dengan menghubungi 14041, namun sampai hari ini voucher belum saya terima.
TIKI
Kecewa dengan Pelayanan Ekspedisi "One Night Service" TIKI
Pada tanggal 6 Februari 2019 saya mengirimkan paket dari Jakarta ke Bandung menggunakan jasa ekspedisi TIKI. Karena paket tersebut bersifat urgent, maka saya memilih layanan ONS atau One Night Service. Perkiraan paket akan tiba di lokasi tujuan pada tanggal 8 Februari 2019. Akan tetapi, sampai dengan 12 Februari 2019 paket belum juga sampai di tangan penerima.
Bukalapak dan Ninja Express
Barang yang Dibeli di Bukalapak Tak Kunjung Tiba
Pada 30 Januari 2019, saya melakukan transaksi di Bukalapak dengan pengiriman menggunakan jasa Ninja Express. Pada kolom deskripsi toko, penjual menuliskan bahwa proses pengiriman menggunakan Ninja Express dalam 2-3 hari. Akan tetapi, sudah 12 hari barang yang saya belu belum kunjung datang. Menurut keterangan, pada 11 Februari 2019 barang yang saya beli masih berstatus di Jakarta.
Bukalapak
Transaksi Dibatalkan Bukalapak Tanpa Pemberitahuan
Saya membeli dua buah tiket konser John Mayer di Bukalapak. Pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit dan transaksi pembelian dinyatakan berhasil. Pihak Bukalapak menginformasikan bahwa tiket yang saya beli akan dikirim ke alamat email saya. Akan tetapi, ketika saya memeriksa tagihan kartu kredit, saya menemukan notifikasi bahwa terdapat dana refund dari Bukalapak. Transaksi saya dibatalkan dengan alasan adanya kesalahan internal.
JD.ID
Barang Belum Dikirim dari Bulan Desember
Saya berlangganan JD.ID hampir 2 tahun, mulai dari membeli barang elektronik sampai keperluan rumah tangga atau bahan makanan. Namun kali ini saya benar-benar kecewa dengan pelayanan yang tidak dapat terselesaikan.
Bukalapak
Bukalapak Membatalkan Transaksi Secara Sepihak
Saya adalah penjual di platform ecommerce Bukalapak. Pada tanggal 27 Desember 2018, saya mendapatkan transaksi. Saat itu, pembeli memilih pengiriman one day service menggunakan Grab. Pada tanggal 28 Desember 2019, barang pun diterima oleh pembeli. Akan tetapi, pada tanggal 29 Desember 2019, Bukalapak membatalkan transaksi tersebut dengan alasan penjual tidak bisa mengirim barang. Padahal, barang yang dipesan sudah diterima oleh pembeli satu hari setelah transaksi.