Surat Pembaca
JD.ID
Tidak Ada Kejelasan Kapan Pesanan Akan Dikirimkan
Tanggal 5 Februari 2019 saya melakukan pemesanan produk Nankai kunci ring set 12 pc di JD.ID dengan nomor pesanan 252157479. Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada kejelasan kapan pesanan akan dikirimkan dan sampai di tempat penerima. Status dari tanggal 5 Februari 2019 hingga saat ini masih dalam proses pengemasan.
Bukalapak
Transaksi Dibatalkan Secara Sepihak, Bukalapak Tidak Mengembalikan Ongkos Kirim
Saya melakukan pembelian barang di Bukalapak pada tanggal 12 Februari 2019 dengan nomor transaksi 191710934046. Barang yang saya beli berupa headset Keenion sebanyak 40 buah dari pelapak yang berlokasi di Makassar. 40 buah headset tersebut saya beli seharga Rp2.160.000 dan biaya ongkos kirim sebesar Rp816.000. Total biaya yang saya bayar adalah Rp2.976.000. Di hari yang sama, tanggal 12 Februari 2019, pesanan dikirimkan dengan nomor resi JB0015968680. Akan tetapi, pada tanggal 14 Februari 2019 saya mendapatkan email berisi informasi bahwa pesanan saya telah dibatalkan pihak penjual. Dalam email itu disebutkan pula bahwa saya telah mendapatkan refund. Setelah dicek, memang benar dana refund sudah saya terima, tetapi nominalnya tidak sesuai dengan total biaya yang saya keluarkan.
Bank BCA
Menanti Kartu Kredit Perpanjangan BCA yang Tak Kunjung Tiba
Awal bulan Januari 2019, saya menghubungi Hallo BCA untuk menanyakan status pengiriman kartu kredit Visa perpanjangan. Customer service Hallo BCA menyatakan bahwa pengiriman gagal karena pada saat pengiriman sedang tidak ada orang di rumah saya. Bank BCA mengatakan bahwa pihaknya akan membuat laporan untuk mengirim ulang kartu kredit saya. Akan tetapi, sampai dengan tanggal 31 Januari 2019 kartu kredit saya belum kunjung tiba.
DBS Digibank
Promo DBS Tidak Sesuai Iklan
Customer Service DBS tidak sesuai dalam memberikan informasi padahal info-info dan promo mereka sebagian besar hanya mengandalkan SMS dan telepon. DBS jarang sekali memberi detail promo di website atau email. Kebanyakan SMS promonya memiliki S&K yang tidak jelas dan menginstruksikan untuk menelepon call center, namun tiap customer service memiliki jawaban yang berbeda.
Bukalapak
Transaksi Dibatalkan, Bukalapak Belum Melakukan Refund
Pada tanggal 11 November 2018, saya membeli sebuah kamera di Bukalapak seharga. Pembayaran saya lakukan dengan metode cicilan 3x menggunakan kartu kredit Bank Mandiri. Kamera yang saya terima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang dituliskan oleh penjual. Akhirnya, saya pun mengembalikan unit tersebut kepada penjual. Proses pengembalian barang dikatakan akan selesai pada 15 November 2018 dan dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit. Akan tetapi, hingga bulan Februari 2019 saya masih diberikan tagihan untuk transaksi yang sudah saya batalkan tersebut.
PT. XL Axiata
Pulsa XL Terpotong Karena Layanan yang Tidak Didaftarkan
Saya adalah pengguna baru provider XL. Saya berhasil melakukan registrasi kartu ke nomor 4444. Setelah itu, saya melakukan isi ulang pulsa. Akan tetapi, secara tiba-tiba pulsa tersebut terpotong pada tanggal 31 Januari 2019 ketika saya menerima SMS dari nomor 99138 dan 998858. SMS tersebut berisi notifikasi bahwa saya sudah berhasil terdaftar pada sebuah layanan. Padahal, saya merasa sama sekali tidak mendaftar pada layanan tersebut. Saya pun tidak tahu fungsi dari layanan tersebut.
PT. XL Axiata
Kualitas Jaringan XL yang Sangat Lambat
Saya menghubungi customer service XL di nomor 817 pada tanggal 28 Januari 2019 untuk menyampaikan keluhan terkait kecepatan sinyal selular XL yang sangat lambat meskipun pada jaringan 4G. Saya sering membuat laporan, tapi hasilnya kurang maksimal.
JD.ID
Refund Dari JD.ID Tidak Sesuai dengan Jumlah Seharusnya
Pada tanggal 9 Januari 2019, saya melakukan pembelian produk di JD.ID dengan nomor pesanan 249333694. Sebagian pembayarannya saya lakukan menggunakan saldo Go-Pay dan sebagian yang lain menggunakan voucher yang saya beli dengan harga penuh. Pesanan saya dibatalkan oleh sistem pada tanggal 16 Januari 2019. Akan tetapi, dana refund kurang dari total biaya yang saya bayarkan di awal.
Maybank Indonesia
Dijanjikan Tertutup Otomatis, Kartu Kredit Maybank Masih Juga Aktif
Saya memiliki kartu kredit Maybank yang berlaku sampai dengan Desember 2018. Akan tetapi, sudah tidak pernah lagi dilakukan maintain terhadap kartu kredit tersebut. Saya menghubungi pihak Maybank dan mengajukan penutupan kartu kredit. Saya pun menutup seluruh kartu kredit Maybank, kecuali kartu master reguler yang sudah habis masa berlaku. Berdasarkan informasi dari pihak Maybank, kartu master reguler tersebut akan tertutup otomatis pada akhir Desember 2018 karena sudah expired. Ternyata, hingga saat ini kartu saya masih aktif. Saya sudah menghubungi pihak Maybank. Akan tetapi, customer service yang melayani saya tidak dapat membaca histori dan detail permohonan saya sebelumnya.
PT Nissan Motor Indonesia
Sulitnya Mendapatkan Nosel Injektor Nissan Serena C26
Pada liburan akhir tahun, 23 Desember 2018, saya sekeluarga bermaksud melakukan "Carpakers" atau trip menggunakan kendaraan pribadi Nissan Serena C26, produksi tahun 2015 dengan tujuan Pulau Dewata, Bali. Dalam perjalanan, tepatnya di KM 249 Tol Pejagan, kendaraan mengalami over heat, sehingga harus dibawa ke bengkel terdekat.