Surat Pembaca
Bank CIMB Niaga
Tambahan Biaya SMS Notifikasi
Bulan Oktober 2018 saya menerima email dari CIMB Niaga terkait akan diberlakukannya biaya SMS notifikasi untuk transaksi yang saya lakukan. Saya langsung menghubungi customer service untuk membatalkan. Oleh customer service dinyatakan saya sudah tidak terdaftar untuk layanan tersebut. Hari ini saya cek history transaksi berturut-turut dalam dua bulan masih dikenakan biaya e-alert package charge.
JD.ID
Layanan Pengiriman dan Customer Service JD.ID Sangat Mengecewakan
Pada 23 Desember 2018 saya melakukan pembelian rice cooker Cosmos non stick 1.8L-CRJ-3306 dengan nomor pesanan 247816738. Namun, sampai dengan saat ini barang belum juga saya terima.
Telkomsel
Kesalahan Aplikasi MyTelkomsel, Telkomsel Tidak Bertanggung Jawab
Semenjak ganti nomor telepon, nomor Telkomsel milik saya disimpan di handphone cadangan dan secara rutin dilakukan pengisian pulsa atau paket data agar nomor tersebut tetap aktif. Bulan November 2018 saya cek melalui aplikasi My Telkomsel dan terlihat bahwa tanggal expired adalah 3 Januari 2019.
Blibli.com
Blibli.com Tidak Bertanggung Jawab Atas Kekurangan Barang
Saya melakukan pembelian voucher Indomaret di Blibli.com, dan diterima pada 10 dan 11 Desember 2018. Terjadi kekurangan pengiriman. Saya langsung melakukan pengaduan dengan nomor laporan RMA150318 dan RMA150128. Setelah melakukan investigasi, proses komplain tidak bisa diteruskan karena saya tidak bisa menyediakan video unboxing. Sedangkan tidak ada keterangan dibagian manapun di Blibli.com bahwa penerimaan barang harus divideokan satu per satu.
OVO dan Tokopedia
Kecewa dengan OVO dan Tokopedia
Saya mempunyai dua keluhan terkait aplikasi OVO dan Tokopedia. Pertama, pada 4 Januari 2019, saya melakukan pembelian listrik PLN melalui aplikasi OVO sebesar Rp 200.000. Saldo OVO saya terpotong namun pulsa listrik tidak terkirim.
Bank Mandiri
Kecewa dengan Layanan Pengiriman Kartu Kredit Mandiri
Saya kecewa dengan pengiriman kartu kredit baru, pengganti kartu kredit lama saya yang sudah memasuki masa expired date yakni Januari 2019. Kronologisnya saya menerima SMS dari bank Mandiri bahwa kartu baru saya sudah dikirimkan ke rumah dan diterima oleh Ibu saya.
Bank Mandiri
Pengembalian Dana Kasus Penipuan Online Tak Kunjung Selesai
Saya mengalami penipuan online tanggal 16 Agustus 2016 dan sudah ditangani pihak internal Bank Mandiri karena terjadi sesama nasabah Bank Mandiri. Customer Service Bank Mandiri menjanjikan penyelesaian kasus penipuan online saya dengan segera. Mereka menjanjikan bahwa dana saya di rekening penipu yang sudah terblokir akan dikembalikan secara sistem. Hal ini adalah SOP yang berlaku di bank Mandiri dan saya menyetujuinya.
Bank Mandiri
Transaksi Pembayaran Melalui Mandiri Online Gagal Tapi Saldo Terpotong
Pada tanggal 13 Desember 2018, saya melakukan transaksi pembayaran (Multi Payment) melalui mandiri online dengan kode pembayaran 07875252321, sejumlah 2.709.200. Pada saat itu, status transaksi tersebut dinyatakan gagal. Akan tetapi, saat saya melakukan pengecekan saldo, ternyata saldo rekening berkurang sejumlah tagihan tersebut. Kemudian saya melakukan pengaduan melalui mandiri call 14000.
JD.ID
Pesanan dari JD.ID Belum Juga Diterima
Saya membeli produk Xiaomi Mijia Electric Shaver di JD.ID dengan nomor pesanan 244827777. Namun sampai dengan saat ini barang belum juga saya terima. Padahal kalau saya cek di aplikasi status pesanan saya sudah selesai.
Bank BNI
BNI, Cairkan Dana Simponi Saya
Pada 14 November 2018 yang lalu, saya melakukan proses pencairan Dana Simponi saya di kantor cabang BNI Kenjeran, dengan persyaratan yang sudah saya penuhi setelah diproses. Pihak BNI menjelaskan bahwa proses pencairan satu bulan. Namun setelah satu bulan, dana Simponi saya belum juga masuk ke rekening saya.