Surat Pembaca
JNE
Kesalahan JNE Namun Customer yang Disusahkan
Saya mengirimkan paket via JNE dengan pilihan Yakin Esok Sampai (YES) atau kilat satu hari sampai untuk customer ditanggal 19 Maret 2019 dari Jakarta ke Cikarang. Namun sampai tanggal 20 Maret progress stuck di Jakarta. Saya telepon call center, dan mereka memastikan paket saya akan diterima jam 23.00 yang merupakan deadline akhir penerimaan.
Bank BNI
Mobile Banking Terdebit 8 Kali dan Belum Ada Pengembalian
Tanggal 25 Maret 2019 saya melakukan pembayaran UTBK melalu mobile banking sebesar 200 ribu. Ketika proses, terdapat keterangan “kode ini tidak dapat diakses”. Saya pikir mungkin hanya kesalahan jaringan sementara. Namun setelah saya coba berkali-kali hasilnya sama saja.
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
Perkenalkan, saya nasabah BNI, Deny. Tanggal 15 April 2019 jam 22.55, saya melakukan setor tunai di ATM Bank BNI Gunung Putri, Bogor dengan nomor mesin ATM CRM ID S1GBGRR004 sebesar Rp.2,6 juta.
Telkomsel
Registrasi Paket via Facebook Merugikan Pelanggan
Saya Ahmad Mu'azim Abidin pengguna nomor Telkomsel. Senin, 22 April 2019, sekitar pukul 16.54 WIB menerima SMS pemberitahuan aktivasi paket telah berhasil. Padahal selama jam 16.30 - 16.54 WIB, HP dalam keadaan terkunci dan berada di tas. Saat itu saya mengendarai sepeda motor.
Telkomsel
Pelayanan Buruk, Pulsa Terpotong, Namun Kuota Tidak Masuk
Keluhan saya tidak direspon oleh team Telkomsel Care. Tanggal 2 April 2019 pukul 00.12 saya melakukan aktivasi paket kuota keluarga senilai 250 ribu. Saya sudah mendapatkan SMS dari 3636 yang menyatakan paket sudah aktif pada nomor masing-masing anggota keluarga yang telah saya daftarkan.
XL Axiata
Sinyal XL Bermasalah
Sejak 27 Maret 2019, sinyal internet provider Xl di kediaman saya bermasalah. Layanan internet tidak dapat digunakan. Bahkan, terkadadang sinyal internet hilang. Saya sudah menghubungi puhak XL melalui call center juga Twitter. Akan tetapi, semua solusi yang diberikan oleh pihak XL belum menunjukkan hasil. Hingga saat ini, layanan internet masih bermasalah. Apabila saya keluar dari daerah kediaman saya, sinyal XL kembali normal. Akan tetapi, ketika saya kembali ke rumah sinyal XL pun kembali bermasalah bahkan hilang.
XL Axiata
Paket Dihentikan Tanpa Pemberitahuan
Saya berlangganan XL Prioritas yaitu paket Prio GO Gold dan Prio Apps Komplit yang diperpanjang secara otomatis setiap bulannya. Belum genap 1 tahun berlangganan XL Prioritas, saya dibuat kecewa. Seharusnya, dengan berlangganan paket Prio Apps Komplit, saya mendapatkan akses unlimited ke Youtube, Netflix, Iflix dan beberapa situs lainnya tanpa mengurangi kuota utama yaitu 25GB. Beberapa bulan berjalan, tidak ada masalah dalam penggunaan paket tersebut. Semua paket otomatis diperpanjang. Akan tetapi, pada Maret 2019, paket tersebut tidak diperpanjang secara otomatis. Tidak ada pula notifikasi bahwa paket tersebut dihentikan. Saya tersadar paket tersebut tidak aktif ketika melihat kuota utama yang hanya tersisa 7GB.
XL Prioritas
Fasilitas yang Diterima Tidak Sesuai dengan Fasilitas yang Ditawarkan
Saya adalah pelanggan XL Prioritas dengan sistem bundling pembelian smartphone pada 27 Februari 2019. Dengan membayar sebesar Rp11.880.000,- untuk paket Diamond XL Prioritas selama 24 bulan, saya berhak mendapatkan free unlimited untuk data internet, Netflix, Joox, dan ChatApps. Hal tersebut tertulis pada brosur untuk layanan yang saya beli. Bonus-bonus tersebut berlaku untuk 3 bulan pertama. Pada bulan pertama, saya mendapatkan fasilitas bonus tersebut. Akan tetapi, memasuki bulan kedua, kuota saya terpotong setelah menggunakan data internet dan Netflix. Fasilitas free unlimited tersebut tidak saya dapatkan di bulan kedua.
Bank BNI
Dana Simponi BNI Tak Kunjung Cair
Pada 19 November 2018 saya melakukan pencairan tabungan Simponi di Bank BNI Cianjur tepatnya di Jl. Dr. Muwardi atas nama Agustinus Rinanto Suyana. Namun sampai hari ini, 22 Januari 2019 masih belum juga ada pencairan dari BNI. Informasi dari customer service hanya disuruh menunggu.
Bukalapak
Buka Dompet dan Akun Dibekukan Tanpa Sebab
Awal mula terjadi ketika saya mengajukan pencairan buka dompet tanggal 11 April 2019. Pada waktu bersamaan saya membaca syarat dan ketentuan pencairan dana. Waktu yang diperlukan adalah maksimal 1x24 jam untuk Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA dan diluar empat bank tersebut adalah maksimal 2x24 jam. Saya menggunakan Bank Mandiri.