Surat Pembaca
XL Axiata
Menyesal Menjadi Pelanggan Setia
Saya sudah menjadi pelanggan setia XL sejak 2002. Selama itu tidak mengalami kendala yang berarti. Namun, beberapa bulan belakangan ini, saya harus berpikir ulang untuk menjadi pelanggan setia. Tanggal 21 Oktober 2017, tiba-tiba sinyal HP saya hilang (no service), saya kira sedang ada gangguan.
PT. XL Axiata Tbk
Provider XL Sangat Mengecewakan
Saya sangat kecewa kepada provider XL. Dari tanggal 6 Februari 2018 pulsa saya terpotong untuk layanan facebook 32665, 32666 serta layanan content lainnya. Sudah saya hentikan dengan ketik UNREG FB1, UNREG FB7, UNREG FBK1 dan UNREG FBK7. Saya sudah mendapatkan notifikasi bahwa sudah berhenti, tetapi sampai tanggal 19 Februari 2018 pulsa saya masih terpotong.
XL Axiata
Problem Pasca Bayar
Saya sudah bertahun-tahun jadi pengguna pasca bayar. Tanggal 19 Februari saya call 817 untuk ganti paket pasca bayar. Paket lama saya sudah diberhentikan tapi paket baru tidak juga diaktifkan. Akibatnya nomor saya tidak bisa digunakan. Setiap hari saya telepon 817, jawabannya selalu dalam proses. Mohon perhatian dari tim terkait.
Tokopedia
Bayar BPJS Gantung, Dana Tidak Dikembalikan.
Tanggal 3 Maret 2018 saya melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui Tokopedia. Ternyata setelah melakukan transfer, transaksi tersebut gantung (pending). Setelah itu saya mohon bantuan Customer Service Tokopedia untuk mengecek kejelasan proses transaksi. Customer service menyampaikan agar saya menunggu 1x24 jam.
XL Axiata
Tidak Bertanggung Jawab Atas Kelalaian Prosedural Internal
Selama saya menjadi konsumen XL, ini adalah kekecewaan terbesar yang saya alami dari pelayanan XL. Tanggal 27 November 2017 pihak XL menghubungi saya untuk menawarkan program pascabayar prioritas dan menjanjikan proses migrasi yang tidak lama.
Telkom
Upgrade Telkom yang Bermasalah
Tanggal 10 Januari Telkom melakukan peremajaan kabel telepon rumah dari kabel tembaga ke kabel optik. Setelah dilakukan penggantian kabel, sorenya saya melakukan pengecekan. Ternyata fitur caller ID belum diaktifkan. Kembali diaktifkan tanggal 11. Setelah saya melakukan pengecekan, ternyata nomor yang muncul dari caller ID tersebut cocok untuk nomer masuk dari PSTN.
OVO
Top Up Saldo OVO Melalui KlikBCA Gagal, Dana Tidak Dikembalikan
Tanggal 21 Februari, saya melakukan pengisian saldo OVO via KlikBCA sesuai anjuran dari petugas stan OVO di Lippo Mall Puri, namun dana tidak masuk. Sore harinya saya komplain ke 1500696 dan mendapat jawaban "akan di-follow up ke tim finance."
Tokopedia dan Indosat
Gagal Membeli Pulsa Indosat di Tokopedia
Tanggal 31 Januari 2018 saya melakukan pembelian pulsa Indosat di Tokopedia. Namun hingga saat ini pulsa belum juga saya dapatkan. Saya sudah konfirmasi ke Tokopedia melalui komplain pembelian dan melalui Twitter juga Facebook tetapi jawaban kurang memuaskan.
JD.id dan J-Express
Kecewa dengan JD.Id dan J-Express
Tanggal 08 Februari 2018 saya membeli handphone Samsung Galaxy Note 8 di JD.id dengan paket free TUMI Case. Pesanan dikirimkan tanggal 11 Februari 2018 dengan menggunakan ekspedisi J-Express. Dari pengalaman sebelumnya paling lama diterima 7 hari.
OVO
Top Up Gagal, Satu Bulan Lebih Masalah Belum Selesai
Pada tanggal 24 Januari sekitar jam 9 malam saya melakukan top up OVO sebesar Rp 500 ribu dan gagal menggunakan debit Mandiri. Saya sudah mencoba 3 kali dan tetap gagal. Setelah saya cek ke rekening Mandiri ternyata saldo saya sudah terpotong sebesar Rp 2 juta.