Surat Pembaca
PT. Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia)
STNK Belum Selesai Diproses, Pihak Mazda Tak Memberikan Plat Nomor Sementara
Saya membeli 1 unit mobil Mazda Biante tahun 2017 melalui Dealer Mazda Bintaro. Mobil Mazda Biante yang saya beli adalah tipe COP sehingga proses pembuatan STNK mobil memakan waktu cukup lama. Mobil tiba di kediaman saya pada November 2018. Saya pun mendapatkan surat izin jalan dan plat nomor sementara. Sampai dengan Maret 2019, saya belum mendapatkan STNK dan juga plat nomor mobil yang asli. Pada 14 Maret 2019, pihak Mazda menginformasikan bahwa STNK saya sudah mulai diproses. STNK tersebut dijanjikan akan selesai dalam waktu 14 hari kerja. Akan tetapi, surat izin jalan untuk mobil baru saya akan habis pada 17 Maret 2019.
Bukalapak
Untuk Pertama Kalinya Kecewa Berbelanja di Bukalapak
Saya adalah pelanggan setia Bukalapak sejak tahun 2015. Selama ini, tidak ada kendala yang berarti dalam bertransaksi di Bukalapak sampai dengan 27 Februari 2019 lalu. Untuk pertama kalinya, saya kecewa melakukan transaksi di Bukalapak. Transaksi tersebut dilakukan pada 27 Februari 2019 dengan nomor transaksi 191758781096. Pada awalnya, Pelapak menginformasikan bahwa sedang terjadi masalah pengiriman dari Batam, sehingga pengiriman dialihkan melalui Pekanbaru. Saya pun memilih jasa ekspedisi TIKI Reguler dengan estimasi pengiriman selama 5 hari dan biaya sebesar Rp258.000,-. Sampai dengan surat pembaca ini dibuat, saya belum menerima barang tersebut.
Bank CIMB Niaga
Kecewa dengan Kualitas Data CIMB Niaga
Pada tanggal 18 Januari 2019, saya melakukan SLIK secara pribadi yang hasilnya adalah terdapat baki kredit sebesar Rp29.976.344. Kredit tersebut berasal dari Bank CIMB Niaga. Sebenarnya, saya hanya memiliki hutang pokok sebesar Rp7.491.586. Akan tetapi pada hasil SLIK tersebut, saya dilaporkan memiliki 13 kartu kredit yang 9 di antaranya masih aktif atau diblokir sementara. Padahal, saya hanya pernah menerima sebanyak 2 kartu kredit. Pihak CIMB Niaga bagian recovery pun pada akhirnya mengakui bahwa terdapat duplikasi data dan kesalahan pelaporan.
Bukalapak
Barang Dagangan Mendadak Diblokir
Saya hanyalah pelapak pribadi bukan pelapak dengan modal besar yang berjualan di Bukalapak. Bagi saya, Bukalapak adalah tempat mencari tambahan uang sehari-hari karena saya tulang punggung keluarga. Saya sangat kecewa karena saat pembeli menanyakan produk, ternyata sudah tidak ada dan telah terblokir.
Bank Permata
KPR Permata Tidak Berikan Solusi
Komplain terkait prosedur top up KPR Permata bagi nasabah lama yang dianggap prosedur baru hingga saya menghadap para manajer di Bank Permata Merdeka, Bandung. Alih-alih mendapatkan solusi, ternyata tetap saja saya harus mengajukan permohonan KPR seperti nasabah baru tanpa ada solusi khusus.
Maybank
Tagihan Tetap Dibayarkan dari Kartu Kredit Expired
Saya bermasalah dengan Maybank sejak bulan Desember 2018. Sesudah laporan ini saya buat, Maybank menghubungi saya dan berjanji menyelesaikan masalah. Ternyata sampai sekarang masalah belum juga diselesaikan dan tagihan tetap dibayarkan oleh kartu kredit yang sudah expired.
JNE
Layanan YES Tidak Sehari Sampai
Tanggal 18 Maret 2019 Manager saya mengirimkan dokumen penting dengan layanan YES nomor resi 030440024951219. Harapannya dokumen tersebut dapat saya terima di kantor tanggal 19 Maret 2019. Namun hingga hari ini tanggal 20 Maret 2019 jam 14:17, dokumen penting tersebut masih belum juga saya terima.
OVO
Transfer Antar OVO Gagal
Tanggal 26 Februari 2019 saya melakukan transfer menggunakan aplikasi OVO senilai Rp20.000,- kepada istri untuk keperluan transaksi ojek online. Namun setelah transaksi dan saldo berkurang, uang tidak masuk kedalam saldo OVO Istri saya.
Bukalapak
Pembayaran Tidak Dikonfirmasi Bukalapak
Saya adalah pelanggan setia Bukalapak. Akan tetapi, 2 transaksi terakhir yang saya lakukan di Bukalapak begitu mengecewakan. Pembayaran untuk transaksi saya dengan nomor 191798131001 dilakukan menggunakan BCA Virtual Account. Akan tetapi, pembayaran tersebut tidak dikonfirmasi oleh pihak Bukalapak dalam batas waktu yang ditentukan.
JD.ID
Status Pesanan Gantung, Mohon Solusinya
Saya pelanggan JD.ID melakukan pemesanan dengan nomor 253684867 tanggal 21 Februari 2019. Pesanan hingga berminggu-minggu belum juga tiba. Saya telah menghubungi kurir, namun kurir mengatakan tidak bisa diantar ulang dan meminta saya melakukan cancel lewat aplikasi. Namun di aplikasi JD.ID pesanan saya tidak bisa cancel karena status gantung dan tidak jelas keberadaannya.