Surat Pembaca
XL Prioritas
Fasilitas yang Diterima Tidak Sesuai dengan Fasilitas yang Ditawarkan
Saya adalah pelanggan XL Prioritas dengan sistem bundling pembelian smartphone pada 27 Februari 2019. Dengan membayar sebesar Rp11.880.000,- untuk paket Diamond XL Prioritas selama 24 bulan, saya berhak mendapatkan free unlimited untuk data internet, Netflix, Joox, dan ChatApps. Hal tersebut tertulis pada brosur untuk layanan yang saya beli. Bonus-bonus tersebut berlaku untuk 3 bulan pertama. Pada bulan pertama, saya mendapatkan fasilitas bonus tersebut. Akan tetapi, memasuki bulan kedua, kuota saya terpotong setelah menggunakan data internet dan Netflix. Fasilitas free unlimited tersebut tidak saya dapatkan di bulan kedua.
Bank CIMB Niaga
Kecewa dengan Pelayanan CIMB Niaga
Saya merupakan pengguna kartu kredit CIMB Niaga sejak tahun 2005. Saya kecewa karena persoalan kartu kredit saya tidak kunjung terselesaikan. Pada bulan November 2018, kartu kredit CIMB Niaga saya telah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terjadi transaksi yang tidak dilakukan oleh saya dengan total transaksi hampir 3 juta rupiah.
PT Bank DBS Indonesia
Kecewa Pembukaan Rekening
Saya kecewa dengan pelayanan dan solusi yang diberikan oleh Customer Service Digibank. Awalnya saya ingin membuat rekening Digibank. Saya pun melakukan registrasi dengan nomor HP dan email. Saat itu saya daftar dengan nomor Telkomsel dan email Gmail. Saat dilakukan proses biometrik, entah kenapa gagal dan tidak bisa.
JNE
Layanan YES Tidak Sehari Sampai
Tanggal 18 Maret 2019 Manager saya mengirimkan dokumen penting dengan layanan YES nomor resi 030440024951219. Harapannya dokumen tersebut dapat saya terima di kantor tanggal 19 Maret 2019. Namun hingga hari ini tanggal 20 Maret 2019 jam 14:17, dokumen penting tersebut masih belum juga saya terima.
Bukalapak
Barang Dagangan Mendadak Diblokir
Saya hanyalah pelapak pribadi bukan pelapak dengan modal besar yang berjualan di Bukalapak. Bagi saya, Bukalapak adalah tempat mencari tambahan uang sehari-hari karena saya tulang punggung keluarga. Saya sangat kecewa karena saat pembeli menanyakan produk, ternyata sudah tidak ada dan telah terblokir.
Tokopedia
Refund dari Tokopedia Belum Kunjung Diterima
Pada 1 Maret 2019, saya membeli sebuah SSD di Tokopedia. Ketika barang tersebut saya terima, saya segera memeriksa kondisinya. Saya terkejut ketika melihat barang tersebut seperti barang bekas pakai. Setelah itu, saya mengajukan komplain kepada pihak Tokopedia. Pada akhirnya, saya pun mengajukan retur. Pengajuan retur disetujui dan barang pun saya kembalikan kepada penjual. Pihak penjual pun sudah menerima barang tersebut dan mengembalikan sejumlah uang sesuai dengan harga barang tersebut. Saya pun melakukan tarik saldo Tokopedia ke rekening saya. Akan tetapi, saldo tersebut belum juga masuk ke rekening saya, padahal sudah melewati batas waktu yang ditentukan.
Lazada dan NinjaVanID
Tidak Puas dengan Pelayanan Lazada dan NinjaVanID
Pada 9 Maret 2019, saya mengajukan retur barang di Lazada dengan nomor retur RN207146531686363. Pada saat mengajukan retur, saya memilih jasa ekspedisi NinjaVanID. Sampai dengan hari ini, pihak NinjaVanID belum melakukan penjemputan barang. Sudah lebih dari 3x saya menghubungi Lazada terkait hal tersebut. Pihak Lazada selalu mengatakan bahwa laporan saya akan segera ditindak lanjuti. Saya pun dijanjikan akan segera dihubungi kembali terkait laporan tersebut. Customer Service Lazada sempat mengatakan bahwa jika sampai dengan 15 hari barang belum dikirim, maka pengajuan retur akan otomatis dibatalkan.
TIKI
Kecewa dengan Jasa Ekspedisi TIKI "One Night Service"
Pada 18 Maret 2019, saya mengirimkan barang kepada customer saya menggunakan jasa ekspedisi TIKI ONS (One Night Service). Nomor resi pengiriman adalah 030126378973. Sampai dengan malam hari tanggal 19 Maret 2019, barang tersebut belum kunjung diterima oleh customer saya. Saya pun mencoba menghubungi Call Center TIKI di nomor 1500125. Bagian call center meminta saya untuk menunggu karena barang sedang dalam proses pengiriman. Hingga saat ini, customer saya belum juga menerima paket tersebut.
Bank DBS
Tidak Bisa Upgrade Kartu Kredit DBS Padahal Limit Mencukupi
Saya nasabah Bank ANZ yang saat ini telah diakusisi oleh Bank DBS. Kartu kredit Bank ANZ yang saya miliki pun dialihkan menjadi kartu kredit Digibank (Bank DBS). Sejak adanya peralihan tersebut, saya sering kali mengalami permasalahan. Pertama, pihak Bank DBS memberikan SMS berisi notifikasi bahwa mulai 8 Februari 2019 kartu kredit berlogo ANZ sudah tidak dapat digunakan. Kartu kredit tersebut akan diganti dengan kartu kredit baru berlogo DBS. Sudah 3 kali saya menghubungi customer service namun kartu kredit baru belum juga dikirimkan.
BCA
Kartu Kredit Sudah Diblokir, Nasabah Tetap Dikenakan Tagihan
Saya menghubungi Call Center BCA untuk mengajukan pemblokiran kartu kredit saya dengan nomor laporan 2106051999. Setelah itu, surat penutupan kartu kredit saya sudah diterima pada 8 Januari 2019 melalui email. Saya mendapatkan kartu kredit BCA yang baru sebagai pengganti kartu kredit yang sudah saya blokir. Paket berisi kartu kredit saya terima pada 10 Januari 2019, namun amplop tidak saya buka. Pada bagian belakang amplop tertulis keterangan “Segera aktifkan kartu kredit dan PIN Anda”. Dengan begitu, saya berasumsi bahwa kartu kredit tersebut belum aktif. Pada 23 Februari 2019, saya mendapatkan tagihan dari BCA melalui email. Tagihan tersebut sebesar Rp1.441.000,-, biaya keterlambatan Rp43.230,-, dan biaya bunga Rp40.174,-. Saya terkejut dengan adanya tagihan tersebut karena kartu kredit BCA saya sudah diblokir pada 29 Desember 2018.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.