Surat Pembaca
Ninja Xpress
Hampir Dua Minggu Paket Belum Kunjung Tiba
Saya melakukan pembelian barang dari Bukalapak tanggal 16 Februari 2019. Saya membutuhkan paket itu ditanggal 25 Februari 2019. Waktu itu pelapak menyarankan menggunakan pengiriman Ninjaxpress. Katanya proses kirim paling lama 5 hari dan saya menyetujuinya.
AirAsia
Refund dari Air Asia Belum Kunjung Diterima
Pada 26 Juli 2018 saya membeli tiket penerbangan langsung dengan rute Narita-Jakarta untuk 3 orang penumpang. Saya membeli tiket tersebut dengan kode booking YW7SQP. Pada 9 Agustus 2018, saya menerima email dari AirAsia yang berisi informasi bahwa penerbangan tersebut dibatalkan. Saya pun memilih re-route sehingga rute penerbangan menjadi Narita-Denpasar-Jakarta. Pada 22 Oktober 2018, saya kembali menerima email dari AirAsia yang berisi keterangan bahwa penerbangan tersebut dibatalkan. Pada akhirnya, saya memilih refund. Pihak AirAsia menginformasikan bahwa proses refund memakan waktu 30-60 hari. Akan tetapi, hingga saat ini refund belum juga saya terima.
Grab Express
Layanan Grab Express Mengecewakan
Saya membeli barang dari distributor jersey Tanah Abang melalui aplikasi Tokopedia pada 16 Januari 2019. Pengiriman saya pilih menggunakan jasa Grab Express dengan tujuan Angke, Jakarta Barat. Alamat tersebut merupakan alamat rekan saya yang akan membantu mengirimkan barang ke kediaman saya di Jambi. Pesanan saya dikirimkan di hari yang sama dengan proses transaksi. Setelah kurir mengatakan sudah tiba di alamat tersebut dan sedang menunggu pemilik rumah keluar untuk menerima barang, beberapa saat setelahnya saya mendapatkan notifikasi dari Tokopedia bahwa pesanan sudah diterima. Akan tetapi setelah dikonfirmasi, rekan saya mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menerima pesanan saya.
Indosat
Sudah Dibeli, Paket Roaming Asia dari Indosat Tidak Dapat Digunakan
Saya adalah pengguna kartu selular Indosat. Pada 20 Februari 2019 saya mengaktifkan paket roaming Asia senilai Rp300.000 untuk paket unlimited selama 5 hari. Sebelumnya, customer service di Galeri Indosat mengatakan bahwa paket tersebut dapat digunakan di Hainan, China. Akan tetapi, ketika saya tiba di Hainan saya hanya bisa mendapatkan sinyal di jaringan Edge atau 2G. Jaringan 3G tidak terdaftar sama sekali. Saya pun membeli kartu selular baru karena paket roaming dari Indosat tersebut tidak dapat digunakan. Bahkan untuk Whatsapp saja tidak bisa. Saya merasa kecewa sudah membeli paket tersebut.
JD.ID
JD.ID Belum Juga Mengirimkan Pesanan
Saya adalah member Diamond JD.ID yang sangat kecewa dengan pelayanan customer service maupun pengiriman JD.ID. Pada 11 Februari 2019, saya membeli beberapa produk di JD.ID untuk keperluan kantor. Dari total pesanan, terdapat 1 pesanan yang belum saya terima sampai saat ini. Saya sudah beberapa kali menghubungi pihak JD.ID dan customer service JD.ID selalu mengatakan bahwa persoalan tersebut sudah dibuatkan laporannya dan disampaikan kepada pihak terkait. Akan tetapi, hingga saat ini pesanan saya belum kunjung tiba.
JNE Express
Sulitnya Mengajukan Klaim Kepada JNE
Pada 14 Februari 2019, saya mengrimkan barang menggunakan layanan ekspedisi JNE. Nomor resi untuk pengiriman paket saya adalah 0112001921008242 dengan menggunakan sistem cashless. Paket tersebut dikirimkan dari Tangerang ke Cengkareng dengan estimasi waktu pengiriman yaitu 2-3 hari. Sudah lebih dari estimasi pengiriman, paket belum juga tiba di tangan penerima.
Tunaiku
Tunaiku Berikan Informasi yang Berbeda-beda, Pengguna Dikenakan Denda
Saya adalah pengguna aplikasi Tunaiku. Pada 26 Februari 2019, terdapat dana cair dan masuk ke rekening saya. Saya juga menerima email berisi informasi bahwa tanggal jatuh tempo adalah 24 Maret 2019. Pada saat yang bersamaan, saya bermaksud mengajukan penggantian tanggal jatuh tempo kepada pihak Tunaiku. Sebelum dana tersebut cair dan masuk ke rekening, saya sempat menghubungi pihak Tunaiku dan diinformasikan bahwa jadwal jatuh tempo dapat diganti. Akan tetapi, pihak customer service menolak penggantian jadwal jatuh tempo. Saya pun dikenakan denda berupa biaya pinalti dan bunga tambahan.
Bukalapak
Kecewa dengan Pembayaran Kartu Kredit di Bukalapak
Saya melakukan transaksi untuk pembayaran kartu kredit HSBC sebesar Rp1.720.000,- di Bukalapak pada 12 Februari 2019. Setelah uang tersebut dibayarkan, status transaksi yang tertera adalah “Diproses dengan nomor tagihan BL191287QI4HINV". Status tersebut tidak berubah hingga 13 Februari 2019. Saya pun menghubungi Bukalapak melalui Twitter. Tidak lama, saya pun menerima email yang berisi informasi "Apabila dalam 1x24 jam setelah pembayaran dan transaksi Anda tidak diproses, maka dana akan kami kembalikan ke BukaDompet Anda”. Akan tetapi, hingga saat ini uang tersebut belum masuk ke pembayaran kartu kredit maupun BukaDompet saya.
PT. Indosat Ooredoo
Indosat Memblokir Nomor Pelanggan Secara Sepihak
Saya adalah pengguna kartu selular Indosat Ooredoo. Masa aktif kartu saya masih panjang. Nomor selular pun sudah didaftarkan. Akan tetapi, pihak Indosat Ooredoo memblokir nomor saya secara sepihak. Saya sudah beberapa kali menghubungi customer care Indosat. Jawaban yang diberikan oleh customer service selalu berbeda-beda.
Kompas.com dan XL
Permasalahan Pulsa Terpotong karena Iklan RBT dari PT XL Axiata Sudah Selesai
Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Kompas.com yang sudah memuat keluhan saya terkait pulsa XL terpotong karena iklan RBT yang tidak pernah diikuti. Saat ini XL sudah menanggapi keluhan saya. Tanggal 25 Februari 2019 saya dihubungi 817 dan dijelaskan oleh customer service terkait layanan tersebut dan tak lama setelah panggilan berakhir saya mendapatkan notifikasi pemberhentian layanan RBTnya dan pulsa langsung dikembalikan dihari yang sama.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.