Surat Pembaca
JD.ID
Barang yang Dikirim JD.ID Tidak Sesuai dengan Iklan
Pada 22 Maret 2019, saya membeli Shampo Palmolive Honey Milk di JD.ID. Pada saat itu, sedang ada promo beli 1 gratis 1, maka saya pun membeli 3 buah agar mendapatkan bonus tambahan 3 buah juga. Nomor pesanan saya adalah 256789936. Pada 24 Maret 2019, saya pun menerima pesanan tersebut. Akan tetapi, saya hanya menerima 3 botol shampoo. Padahal, berdasarkan promo seharusnya Shampo Palmolive yang saya terima adalah 6 botol. Barang yang dikirim tidak sesuai dengan iklan. Mohon tanggapannya dari pihak JD.ID.
XL Axiata
Paket Dihentikan Tanpa Pemberitahuan
Saya berlangganan XL Prioritas yaitu paket Prio GO Gold dan Prio Apps Komplit yang diperpanjang secara otomatis setiap bulannya. Belum genap 1 tahun berlangganan XL Prioritas, saya dibuat kecewa. Seharusnya, dengan berlangganan paket Prio Apps Komplit, saya mendapatkan akses unlimited ke Youtube, Netflix, Iflix dan beberapa situs lainnya tanpa mengurangi kuota utama yaitu 25GB. Beberapa bulan berjalan, tidak ada masalah dalam penggunaan paket tersebut. Semua paket otomatis diperpanjang. Akan tetapi, pada Maret 2019, paket tersebut tidak diperpanjang secara otomatis. Tidak ada pula notifikasi bahwa paket tersebut dihentikan. Saya tersadar paket tersebut tidak aktif ketika melihat kuota utama yang hanya tersisa 7GB.
Bukalapak
Refund Belum Diterima, Tagihan Dikenakan Bunga oleh Bank
Saya melakukan transaksi pembayaran kartu kredit melalui Bukalapak pada 3 Maret 2019 dengan nomor transaksi BL1912EJVNAHINV karena ada promo cashback. Belum 24 jam, transaksi saya dibatalkan oleh pihak Bukalapak dan uang saya akan di-refund. Setelah menunggu selama dua hari, refund belum saya terima.
OVO
Top Up Berhasil tapi Saldo Tidak Bertambah
Saya adalah pengguna OVO tipe premier. Tanggal 19 Maret 2019 pukul 18.29, saya top up saldo OVO menggunakan mobile banking Bank Permata senilai satu juta rupiah. Saldo Permata sudah terdebit. Namun saldo OVO hingga tanggal 20 Maret tidak berubah, tidak ada dana yang masuk. Tidak ada notifikasi gagal debit dari rekening Permata.
Asuransi Raksa
Lebih dari Satu Minggu, Mobil Belum Diperbaiki
Saya pelanggan Asuransi Raksa. Saya mengajukan klaim mobil tanggal 3 Februari 2019 karena mobil tertabrak. Saat ini mobil saya berada di bengkel Putra Wijaya Motor. Mobil sudah selesai survey oleh pihak asuransi tanggal 20 Februari 2019. Dikatakan oleh bengkel bahwa SPK sudah diterima dan mobil dalam proses pengerjaan, hanya menunggu spare part.
Bukalapak
Lambatnya Penanganan Barang yang Belum Terkirim
Tanggal 14 Maret saya membeli tempered glass, casing handphone, headset, dan charger di Bukalapak sesuai dengan kesepakatan harga dan barang yang telah dikirimkan melalui WA dengan seller. Ternyata seller punya dua lapak berbeda. Lapak satu dengan keterangan headset dan charger, dan satu lagi khusus tempered glass dan casing.
Smartfren
Sinyal Internet Buruk, Smartfren Tak Kunjung Mengabulkan Permintaan Refund
Pada awal Januari 2019, saya membeli paket dan mulai berlangganan layanan internet 12 bulan dari Smartfren WiBox. Berdasarkan pemakaian saya di tahun sebelumnya, sinyal Smartfren dapat dikatakan bagus di wilayah kediaman saya. Setelah pembelian paket tersebut, saya pun melakukan uji kecepatan sinyal. Ternyata, sinyal layanan tersebut tidak stabil dan cenderung terputus-putus. Saya pun menghubungi pihak Smartfren untuk mengajukan refund. Terkait pengajuan tersebut, pihak Smartfren menyarankan saya untuk mengganti perangkat saja.
Air Asia
Air Asia Menahan Pengembalian Uang Penumpang
Pada tanggal 18 September 2018 saya melakukan transaksi virtual di Airasia.com sebanyak empat tiket dengan rute Surabaya-Kuala Lumpur-Taipei. keberangkatan 24 September 2018 sejumlah Rp.12.232.800. Pada saat saya membayar menggunakan kartu kredit BCA, muncul status pending dan tiket belum keluar di email saya.
Manulife Financial
Manulife Belum Juga Menanggapi Permohonan Pencairan Dana Pensiun
Saat ini saya sedang mengajukan pencairan dana pensiun dari Manulife. Hal tersebut dikerenakan saya sudah berhenti bekerja dari perusahaan saya sebelumnya. Saya pun menghubungi Customer Service Manulife. Pihak customer service menyarankan saya untuk meminta formulir pencairan dana melalui email karena saat ini saya berdomisili di luar negeri. Saya pun mengikuti saran tersebut. Sudah sekitar 4x saya mengirim email berisi permintaan formulir pencairan dana. Akan tetapi, email yang saya kirim tidak pernah direspon oleh pihak Manulife. Saya berharap pihak Manulife menanggapi surat pembaca ini karena saya menunggu tanggapan dan iktikad baik dari pihak Manulife.
Bukalapak
Bukalapak Belum Menyerahkan Barang Retur Kepada Penjual
Kami selaku pihak Penjual di platform jual beli Bukalapak, mendapatkan komplain dari pembeli pada 16 Januari 2019. Komplain tersebut ditujukan untuk transaksi dengan nomor 191619725469. Pihak Bukalapak mengarahkan pembeli agar mengirimkan retur ke alamat kantor PT Bukalapak.com melalui ekspedisi JNE dengan nomor resi 541130001368819. Paket pun diterima oleh pihak Bukalapak pada 25 Januari 2019. Pihak Bukalapak pun menginformasikan bahwa paket tersebut akan segera dikirimkan kepada kami. Akan tetapi, sampai dengan 22 Maret 2019 kami belum menerima paket tersebut.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.