Surat Pembaca
Tokopedia
Sebulan Lebih Saldo Refund di Tokopedia Tidak Bisa Ditarik
Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan masalah transaksi yang saya alami di Tokopedia. Sekitar tanggal 19 dan 21 Februari 2019, saya melakukan order pembelian di Tokopedia dan transaksi sukses dengan metode pembayaran menggunakan kartu debit.
Go-Jek & Tokopedia
Belanja di Tokopedia, Kapok Menggunakan Jasa Pengiriman Go-Send
Pada 2 April 2019 saya melakukan pembelian di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20190402/XIX/IV/292187923 dan nomor pengiriman GK-166986948. Untuk durasi pengiriman saya memilih Same Day (6 jam) antara Go-Jek & Grab. Pihak seller mengirimkan dengan Go-Send yakni layanan pengiriman barang dari Go-Jek.
OVO
Rekening BNI Terdebet, Saldo OVO Tak Kunjung Bertambah
Pada 1 April 2019 sekitar pukul 07.52 WIB saya melakukan top up saldo OVO melalui BNI mobile banking sebesar Rp2.500.000,-. Saldo saya di rekening BNI sudah terdebet, akan tetapi saldo OVO saya tak kunjung bertambah.
Indosat
Indosat Tidak Memberikan Informasi yang Lengkap
Sudah lebih dari 10 tahun saya berlangganan IM3 dari Indosat. Akan tetapi, kali ini saya kembali dibuat kecewa oleh pelayanan Indosat. Pada 27 Maret 2019, saya mengunjungi Galeri Indosat untuk melakukan pembelian 1 unit handphone dengan paket bundling pulsa selama 1 tahun. Pihak Indosat menjanjikan bahwa pulsa akan masuk pada 29 Maret 2019. Akan tetapi, kartu IM3 saya tidak dapat digunakan untuk akses internet dan melakukan panggilan keluar pada 29 Maret 2019.
MNC play
Kecewa dengan Sistem Perbaikan Layanan MNC Play
Saya adalah pelanggan MNC Play dengan nomor pelanggan 1000160069. Sebagai pelanggan, saat ini saya merasa kecewa dengan sistem perbaikan yang dilakukan oleh MNC Play. Pada 21 Maret 2019, TV dan internet saya mengalami gangguan sehingga tidak dapat digunakan. Pihak MNC Play menyatakan bahwa akan ada teknisi yang datang untuk melakukan perbaikan pada 22 Maret 2019. Teknisi yang dijanjikan pun datang dan melakukan perbaikan pada 22 Maret 2019. TV dan internet saya pun kembali berfungsi normal. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama. Pada 29 Maret 2019, TV dan internet kembali mengalami gangguan. Kali ini, gangguan pada TV dan internet saya semakin parah dari gangguan sebelumnya.
Mitsubishi Bintaro
Kecewa dengan Pelayanan Sales Mitsubishi Bintaro
Pada 26 Januari 2019, saya melakukan test drive di Pameran Mitsubishi yang berlokasi di Summarecon Mall Serpong. Ketika itu, seorang Sales dari Mitsubishi Bintaro menjanjikan jika saya membuat Surat Pesanan Kendaraan (SPK) pada saat itu, maka saya akan mendapatkan harga mobil Mitsubishi Xpander Ultimate di angka Rp258.900.000,-. Dengan begitu, saya pun membuat SPK untuk pembelian 1 unit Mitsubishi Xpander Ultimate. Akan tetapi, setelah STNK mobil selesai diproses, saya dikenakan biaya-biaya terkait pajak yang dihitung dari harga OTR baru. Hal tersebut tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh sales di awal pembuatan SPK.
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
Sejak pertengahan Februari 2019, sinyal 3G provider XL dan Axis di sekitar kediaman saya hilang. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Kejadian ini dialami oleh saya pribadi dan 5 orang pelanggan lainnya di kediaman yang sama. Saya mohon agar pihak XL segera melakukan perbaikan. Terima kasih.
Zalora
Proses Refund dari Zalora Memakan Waktu Sangat Lama
Saya membeli sepasang sandal merek Birkenstock di Zalora pada 27 Maret 2019. Nomor pesanan saya adalah 285153726. Pada saat saya melakukan pemesanan, tertera keterangan bahwa stok barang yang saya beli tersedia. Pembayaran pun saya lakukan melalui debit online Bank Permata. Pada 28 Maret 2019, saya menerima email dari pihak Zalora yang menyatakan bahwa transaksi dibatalkan karena stok barang tidak tersedia. Saya pun mengajukan refund. Pihak Zalora menginformasikan bahwa proses refund membutuhkan waktu 45 hari kerja karena transaksi saya dilakukan menggunakan debit online. Bukti penyerahan refund pun baru bisa diberikan setelah 45 hari kerja.
Bank Mandiri
Pergantian Mesin EDC Mandiri Lama
Saya mengajukan mesin EDC ke Bank Mandiri sejak September 2018. Namun marketing yang mengambil berkas pengajuan atas nama Bapak Joko, sulit sekali dihubungi. Akhirnya saya mengajukan ulang berkas kepada marketing lain bulan Januari 2019. Ditangani oleh Bapak Arbi dan diinformasikan maksimal 2 bulan untuk proses.
JD.ID
JD.ID Tak Kunjung Menyerahkan Refund
Saya melakukan transaksi di JD.ID berupa pembelian 1 unit Hanphone Xiaomi seharga Rp1.241.000,-. Nomor pemesanan untuk transaksi tersebut adalah 254702475. Pembayaran dilakukan menggunakan kartu debit pada 4 Maret 2019. Barang yang saya tak kunjung dikirim sampai dengan 2 hari kerja setelah pembayaran dilakukan. Akhirnya, saya pun mengajukan refund pada 6 Maret 2019. Setelah mengajukan refund, saya menghubungi Customer Service JD.ID untuk menanyakan terkait waktu pengembalian dana. Pihak JD.ID menyatakan bahwa refund akan diserahkan dalam estimasi waktu7-14 hari kerja. Akan tetapi, sampai dengan 28 Maret 2019, refund belum saya terima padahal sudah melebihi batas waktu yang dijanjikan.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.