Surat Pembaca
Pengembang Properti Hilwa Syariah
Pengembang Properti Hilwa Syariah Menahan Proses Refund
Kami sudah menyerahkan uang muka serta cicilan kepada pengembang properti Hilwa Syariah. Dana tersebut diperuntukkan untuk proyek pembangunan rumah di kawasan Cibubur. Baru separuh jalan, proyek tersebut berhenti. Pengembang properti Hilwa Syariah berjanji akan mengembalikan uang kami secara bertahap. Terkahir kami menerima pengembalian adalah pada 29 Oktober 2019. Hingga saat ini, pihak pengembang properti Hilwa Syariah belum melanjutkan pembayaran yang dijanjikan.
Grab
Pesanan GrabFood Tidak Diantar, Saldo OVO Terpotong
Saya memesan PizzaHut melalui aplikasi Grab pada 3 Maret 2019. Pembayaran untuk pesanan tersebut menggunakan OVO. Pesanan pun diterima oleh salah satu driver Grab. Akan tetapi, pesanan hendak diantarkan, driver Grab menyelesaikan pesanan secara sepihak. Saldo OVO pun terpotong secara otomatis. Padahal, pesanan tersebut belum saya terima. Saya mohon pihak Grab untuk bertanggung jawab terkait hal tersebut.
OVO
Transaksi Dinyatakan Gagal, Saldo OVO Tetap Terpotong
Pada 1 Maret 2019, saya melakukan pembayaran di store Minigood Plaza Marina menggunakan OVO. Terjadi kegagalan berulang kali ketika melakukan pembayaran tersebut. Akhirnya, saya memutuskan untuk melakukan pembayaran secara tunai. Setelah saya meninggalkan store tersebut, saldo OVO saya terpotong dan jumlah poin bertambah. Saya pun kembali ke store untuk melakukan konfirmasi terkait hal tersebut. Pihak store menyatakan bahwa tidak ada struk OVO yang keluar.
Lazada
Akun Customer Diretas, Voucher Refund Dicuri
Pada 2 Maret 2019, saya berbelanja di Lazada. Ketika log in ke akun saya, saya terkejut saat melihat daftar transaksi pada 21 Februari 2019. Transaksi tersebut menggunakan voucher Velve Steam Wallet senilai Rp120.000x2 yang dikirimkan ke alamat email bya.n.n.a.nu.t.z.a@gmail.com. Padahal, saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Saya juga tidak menerima email ataupun SMS terkait transaksi tersebut. Email yang tertera pun bukan alamat email saya. Saya pun segera menghubungi customer service Lazada untuk menanyakan perihal transaksi tersebut.
OVO
Rekening Terdebet, Saldo OVO Tidak Bertambah
Saya adalah pengguna OVO Premier yang sudah berulang kali melakukan top up dan transaksi dengan OVO. Pada 1 Maret 2019, saya melakukan top up saldo OVO sejumlah Rp1.000.000 dari rekening Bank Mandiri. Akan tetapi, saldo OVO saya tidak kunjung bertambah. Saya sudah menghubungi call center OVO dan mendapatkan nomor laporan 1246281. Setelah pelaporan tersebut, hingga saat ini pihak OVO belum memberikan tanggapannya.
JD.ID
Pengajuan Refund Ditolak, JD.ID Belum Juga Mengirimkan Pesanan
Pada 22 Februari 2019, saya membeli barang di JD.ID dengan nomor pesanan 253783461. Barang pesanan dinyatakan akan diterima paling lambat pada 25 Februari 2019. Akan tetapi hingga waktu yang dijanjikan, pesanan belum juga saya terima. Sejak 26-28 Februari 2019, saya selalu menghubungi customer service JD.ID setiap harinya. Setiap kali menghubungi JD.ID, saya selalu diminta untuk menunggu hingga 1 Maret 2019. Saya pun menunggu hingga waktu tersebut. Akan tetapi hingga saat ini, pihak JD.ID tidak kunjung memberikan kepastian kapan pesanan saya akan dikirimkan.
Gojek Indonesia
Gojek Hanya Memberikan Kurang dari Separuh Bonus
Saya adalah salah satu driver Gojek. Pada 23 Februari 2019, saya mengangkut penumpang dengan skema 6, 10, dan 18. Pada kenyataan di lapangan, saya mencapai hingga 30 poin. Bonus yang seharusnya saya terima adalah Rp185.000, namun saya hanya menerima Rp42.000. Saya sudah menyampaikan keluhan melalui email. Akan tetapi, tanggapan yang diberikan pihak Gojek tidak menyelesaikan masalah yang saya hadapi. Saya pun sudah menyampaikan komplain melalui fanpage Gojek. Sama dengan sebelumnya, saya pun tidak mendapatkan tanggapan yang menjadi solusi terkait persoalan saya.
Tokopedia
Tokopedia Mengindikasi Konsumen Melakukan Kecurangan
Pada 19 Februari 2019, saya berbelanja di Tokopedia menggunakan kupon cashback. Setelah pemesanan selesai, saya tidak mendapatkan cashback yang dijanjikan dalam kupon. Saya justru diindikasi melakukan kecurangan pada syarat dan ketentuan nomor 6. Saya pun menghubungi customer service Tokopedia untuk menanyakan hal ini. Karena saya merasa tidak pernah melakukan kecurangan, saya pun mengajukan review. Setelah dilakukan review, saya diindikasi melakukan kecurangan lain yaitu pada syarat dan ketentuan nomor 3. Setelah saya menanyakan mengenai detail pembatalan cashback, customer service tidak dapat memberikan jawaban.
CIMB Niaga, OJK, Bank Indonesia
CIMB Niaga Belum Kunjung Memberikan Solusi
Pada 19 Februari 2019, surat pembaca saya ditayangkan di website Kompas.com (https://inside.kompas.com/surat-pembaca/read/57729/Kecewa-dengan-Kualitas-Data-CIMB-Niaga). Akan tetapi, sejak saat belum ada solusi dari pihak CIMB Niaga terkait data duplikasi tagihan kartu kredit yang saya alami.
Bukalapak
Dua Kali Kecewa Berbelanja di Bukalapak
Saya mempunyai dua masalah terkait transaksi melalui Bukalapak. Pertama, pada 16 Februari 2019, saya melakukan pembelian di Bukalapak dengan menggunakan jasa ekspedisi Ninja Xpress. Sampai dengan 1 Maret 2019, paket tersebut masih belum diketahui status dan keberadaannya. Saya pun menghubungi pihak Ninja Xpress untuk membatalkan pesanan dan meminta agar pihak Ninja Xpress mengembalikan ongkos kirim kepada penjual agar dana saya sepenuhnya dikembalikan dari Bukalapak. Permintaan tersebut disetujui oleh pihak Ninja Xpress. Transaksi berhasil dibatalkan namun ongkos kirim tidak dikembalikan. Saya merasa dirugikan terkait hal tersebut. Saya berharap Bukalapak segera menyelesaikan masalah ini dan menyerahkan refund secara utuh. Kendala kedua adalah ketika saya membeli 15 unit konektor. Saat paket tersebut tiba, saya hanya menerima 5 unit konektor yang sesuai pesanan. Saya sudah mencoba menghubungi pihak penjual, tetapi tidak mendapatkan respon. Pihak Bukapalak menyarankan saya untuk mengirimkan unit yang tidak sesuai dengan pesanan tersebut ke alamat Bukalapak. Saya pun mengirimkan barang tersebut ke alamat Bulapak. Akan tetapi, hingga saat ini saya belum mendapatkan respon ataupun refund dari pihak Bukalapak atas barang yang bermasalah tersebut.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.