Surat Pembaca
Tokopedia
Transaksi Dibatalkan, Refund Tak Kunjung Diterima
Saya melakukan pembelian barang berupa gimbal smartphone di Tokopedia dengan nomor transaksi INV/20190226/XIX/II277021851. Pembelian barang tersebut dilakukan pada 26 Februari 2016. Akan tetapi, stok barang tersebut sudah habis terjual tanpa ada informasi dari penjual. Transaksi saya pun dibatalkan secara otomatis.
Bukalapak
Pembayaran Tidak Dikonfirmasi Bukalapak
Saya adalah pelanggan setia Bukalapak. Akan tetapi, 2 transaksi terakhir yang saya lakukan di Bukalapak begitu mengecewakan. Pembayaran untuk transaksi saya dengan nomor 191798131001 dilakukan menggunakan BCA Virtual Account. Akan tetapi, pembayaran tersebut tidak dikonfirmasi oleh pihak Bukalapak dalam batas waktu yang ditentukan.
PT. Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia)
STNK Belum Selesai Diproses, Pihak Mazda Tak Memberikan Plat Nomor Sementara
Saya membeli 1 unit mobil Mazda Biante tahun 2017 melalui Dealer Mazda Bintaro. Mobil Mazda Biante yang saya beli adalah tipe COP sehingga proses pembuatan STNK mobil memakan waktu cukup lama. Mobil tiba di kediaman saya pada November 2018. Saya pun mendapatkan surat izin jalan dan plat nomor sementara. Sampai dengan Maret 2019, saya belum mendapatkan STNK dan juga plat nomor mobil yang asli. Pada 14 Maret 2019, pihak Mazda menginformasikan bahwa STNK saya sudah mulai diproses. STNK tersebut dijanjikan akan selesai dalam waktu 14 hari kerja. Akan tetapi, surat izin jalan untuk mobil baru saya akan habis pada 17 Maret 2019.
TAM dan Garmin
Tidak Terinformasi Penyebab Kerusakan Jam Tangan
Saya rutin lari jarak jauh setiap satu minggu sekali menggunakan jam tangan Garmin jenis Vivo Active HR. Saya gunakan untuk mendeteksi jarak, kecepatan dan detak jantung. Sejak awal Februari 2019 tanpa sebab yang jelas jam tangan saya mati total.
OVO
Transfer Antar OVO Gagal
Tanggal 26 Februari 2019 saya melakukan transfer menggunakan aplikasi OVO senilai Rp20.000,- kepada istri untuk keperluan transaksi ojek online. Namun setelah transaksi dan saldo berkurang, uang tidak masuk kedalam saldo OVO Istri saya.
Bank CIMB Niaga
ATM Setor Tunai Bermasalah, Uang Tidak Masuk Rekening
Pada tanggal 28 Januari 2019 saya melakukan setor tunai di ATM Setor Tunai. Saat uang masuk, drawer pun tertutup, namun mesin langsung eror. Kemudian saya melakukan cancel transaksi untuk mengeluarkan kartu dan uang, tapi hanya kartu yang keluar.
MNC VISION
Diaktifkan Paket Sport Tanpa Persetujuan dan Proses Refund yang Lama
Saya menggunakan layanan MNC Vision atau sebelumnya bernama Indovision. Saya sudah berlangganan lebih dari 15 tahun dan saya mempunyai akun MNC lainnya. Pada bulan Februari 2019 saya menerima telepon dari Marketing MNC Vision bernama Denny Fauzi yang secara tiba-tiba ingin mengkonfirmasi untuk aktivasi paket sport.
Bank Mega
Tidak Berhutang Namun Terus Ditelepon Oleh Agency
Saya bukan nasabah atau melakukan hutang ke Bank Mega. Namun nomor kontak saya menjadi referensi nasabah terkait pengajuan kartu kredit. Singkat cerita, terdapat debt collector yang mengaku dengan sebutan "agency" menelepon saya dengan nada memaksa dan mengintimidasi untuk menanyakan nasabah.
PLN
Gangguan Listrik Kembali Terulang, PLN Belum Memberikan Solusinya
Saya adalah pengguna layanan prabayar PLN dengan nomor pelanggan 45033735171. Siang hari pada 11 Maret 2019, saya mendapatkan peringatan “Periksa”pada meter listrik. Saya pun tidak bisa melakukan pengecekan sisa kwh dan tidak bisa pula melakukan pengisian token listrik. Akhirnya, saya menghubungi layanan pelanggan PLN di nomor 123 terkait hal tersebut. Pihak PLN menyatakan bahwa persoalan ini akan segera diproses oleh petugas PLN yang akan datang langsung ke lokasi. Pihak PLN pun melakukan konfirmasi ulang terkait data pelanggan dan nomor kontak kami yang dapat dihubungi. Sampai dengan sore hari di tanggal yang sama, pihak PLN tidak kunjung menghubungi saya. Tidak ada pula petugas yang datang untuk melakukan perbaikan.
BNI Syariah
Permasalahan Penutupan Kartu Kredit BNI Syariah Sudah Selesai
Terima kasih Kompas.com dan BNI Syariah yang telah membantu menyelesaikan masalah saya yang tayang pada surat pembaca dengan link berikut: https://inside.kompas.com/surat-pembaca/read/57822/Call-Center-BNI-Collection-Tidak-Dapat-Dihubungi.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.