Surat Pembaca
Traveloka

Refund Traveloka Tidak Diproses dengan Baik

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:40 WIB

Pada tahun 2018, saya dan teman-teman melakukan booking penerbangan ke Thailand via Traveloka dengan maskapai Thai Lion Air sebanyak 5 kode pemesanan untuk penerbangan bulan Mei 2020.

Dikarenakan ada pandemi, penerbangan tidak bisa dilakukan dan kami mengajukan refund. Traveloka memberikan 5 travel voucher credit dengan total sebesar Rp 25.022.932.

Kemudian karena pandemi masih belum berakhir dan penerbangan keluar negeri dan penerbangan ke Thailand juga tidak diperbolehkan, kami mengajukan refund dalam bentuk uang tunai.

Untuk 2 kode pemesanan berhasil dilakukan refund tunai sebesar kurang lebih Rp 9 jutaan. Untuk 3 kode pemesanan senilai Rp 15 jutaan, sampai sekarang belum berhasil dilakukan refund. Hingga akhirnya voucher hangus tanggal 17 Agustus 2021.

Pada 19 Mei 2021, kami mengajukan refund dengan nomor tiket #19675795 dan kami disuruh menunggu.

Pada 30 Agustus 2021, saya tanyakan lagi dengan nomor tiket #20625455 dan dari Traveloka bilang sudah terhubung dengan pihak maskapai dan sedang melakukan koordinasi dengan pihak maskapai.

Pada 21 Oktober 2021, saya tanyakan lagi dengan nomor tiket #21213967 dan jawaban Traveloka katanya sudah dikembalikan ke travel kredit (yang sudah hangus pada 17 Agustus 2021).

Kemudian, saya coba menghubungi Thai Lion Air. Pihak maskapai mengaku dari bulan Mei 2021 sampai Desember 2021, tidak ada pengajuan refund dari Traveloka untuk 3 kode pemesanan saya.

Thai Lion Air meminta bukti surat pengajuan refund dari Traveloka jika memang benar dari Traveloka sudah melakukan pengajuan ke maskapai.

Saya coba menanyakan lagi ke Traveloka bukti surat pengajuan refund sesuai yang diminta pihak maskapai, namun sampai sekarang jawabannya selalu bilang travel voucher kredit sudah hangus, padahal :

1. Kami sudah mengajukan refund uang tunai di bulan Mei 2021.

2. Kami meminta bukti surat pengajuan refund jika memang di periode Mei 2021 s.d. Agustus 2021 dari Traveloka sudah berkoordinasi dengan maskapai.

Traveloka mengaku sudah terhubung ke maskapai, tapi dari pihak maskapai mengaku belum menerima surat pengajuan refund atas 3 kode pemesanan saya.

Kami mohon untuk Traveloka dapat memberikan konfirmasi dan jalan keluar dari masalah ini. Kami minta dihubungkan dengan pihak yang paham dan bisa memberikan jalan keluar dari masalah ini. (DND)

Cogahson Trioman
Greenwich Park, Tangerang
Traveloka

Refund Traveloka Tidak Diproses dengan Baik

Rabu, 15 Desember 2021 | 11:11 WIB

Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Cogahson Trioman tujukan kepada Traveloka di Surat Pembaca Kompas.com pada 2 Desember 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Bapak/Ibu Cogahson Trioman melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak/Ibu alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak/Ibu Cogahson Trioman.

Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. (IRA)

Hormat kami, 

Tim Customer Care Traveloka
Traveloka Campus
Tanggapan Lain
Lihat Semua
IndiHome
Berhenti Layanan IndiHome, Sudah Tujuh Bulan Deposit Belum Juga Dikembalikan
Hisense Indonesia
Garansi Hisense Mengecewakan
Lazada Indonesia
Tiga Minggu Tidak Terima Hasil Penjualan dan Tidak ada Kepastian yang Jelas dari Lazada
AIA Financial
Terjebak Janji Agen AIA Financial
Indihome
Refund Deposit IndiHome Tidak Kunjung Dibayar
Surat Pembaca
Lihat Semua
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.