Surat Pembaca
Panin Dai-Ichi Life

Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life

Minggu, 30 Mei 2021 | 22:36 WIB

Saya adalah nasabah pemegang polis asuransi Panin Dai-Ichi Life.

Saya ingin menyampaikan pesan kepada manajemen Panin Dai-Ichi Life, untuk lebih meningkatkan kinerja dalam hal layanan pengajuan klaim manfaat asuransi, sesuai dengan filosofi Panin Dai-Ichi Life yakni by your side, for life.

Hal yang ingin saya tanyakan terkait proses pengajuan klaim manfaat asuransi dengan tertanggung atas nama Phoey Giok Nio, dengan nomor 2017028409, 2020016660, 2020013967.

Pada 12 Januari 2021, mama meninggal dunia di rumah sakit. Berdasarkan petunjuk dari agen asuransi, maka per tanggal 26 Januari 2021 pengajuan klaim kematian pun kami ajukan.

Semua dokumen yang diperlukan sudah kami lengkapi sesuai prosedur klaim asuransi, termasuk rekam medis.

Namun, hingga 31 Mei 2021 atau sudah berjalan empat bulan, kami belum menerima titik terang sama sekali atas pengajuan klaim ini.

Padahal semua berkas sudah diterima lengkap oleh Panin Dai-Ichi Life.

Kami terus bertanya perihal pengajuan klaim kami ke agen asuransi, dan balasan jawaban berupa email yang kami dapatkan dari departement claim selalu sama, yakni "sedang investigasi, sedang proses, mohon ditunggu, minta tambahan waktu 14 hari, tambahan waktu lagi 7 hari, sedang tunggu verifikasi rumah sakit."

Hal ini terus berlanjut, kami hanya diminta menunggu tanpa tahu sampai kapan.

Kami jadi bingung, sekelas Panin Dai-Ichi Life, asuransi terbesar di Jepang dengan pengalaman 110 tahun, mengapa proses klaimnya lama sekali?

Hingga akhirnya surat resmi diterbitkan pada 20 Mei 2021, dengan isi “masih terus melakukan proses verifikasi.”

Saya mohon proses pencairan klaim kematian mama saya dapat segera diselesaikan. Nilai klaim kami tidak besar, tidak sebanding dengan nama besar Panin Dai-Ichi Life.

Saya juga mohon kesabaran nasabah harus dihargai. Apalagi pembayaran premi juga tidak dapat dibayar dengan kata "mohon bersabar" tanpa lapse polis.

Butuh tambahan waktu berapa lama lagi, untuk investigasi klaim kematian di Panin Dai-Ichi Life? (IRA)

Liahnita
Jl. Prima Ujung,Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat
Panin Dai-ichi Life

Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life

Senin, 2 Oktober 2023 | 15:58 WIB

Bersama ini, kami ingin menyampaikan tanggapan resmi PT Panin Dai-ichi Life perihal keluhan pembaca yang telah dipublikasikan di Kompas.com (30/05/21) dengan judul “Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life” yang disampaikan oleh Ibu Liahnita.

Menindaklanjuti hal tersebut, kami telah menghubungi ahli waris dari mendiang Ibu Phoey Giok Nio atas nama Ibu Liahnita pada tanggal 14 Juni 2021 untuk memberikan penjelasan atas proses klaim yang telah diajukan, dari penjelasan dan solusi yang kami berikan, Ibu Liahnita telah menerimanya.

Setiap pengajuan klaim telah diproses sesuai dengan ketentuan produk dan prosedur yang berlaku. Klaim uang pertanggungan telah disetujui dan diproses pada tanggal 9 Juni 2021 dan telah dibayarkan ke rekening ahli waris pada tanggal 14 Juni 2021.

Kami berterima kasih atas kesetiaannya menjadi nasabah Panin Dai-ichi Life selama ini. Untuk penanganan keluhan nasabah dapat menggunakan saluran komunikasi resmi Panin Dai-ichi Life melalui Customer Care 62 21 25566788 atau melalui email di customer@panindai-ichilife.co.id. Panin Dai-ichi Life senantiasa melakukan peningkatan mutu layanannya dari waktu ke waktu dan memastikan keluhan seluruh nasabah dapat terselesaikan.

Demikian tanggapan ini dibuat, semoga dapat memberikan kejelasan bagi semua pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. (IRA)

Hormat Kami, 

Zharifah - Marketing & Corporate Communications
Panin Life Center 6th Floor Jl. Letjend. S. Parman Kav. 91 Jakarta 11420, Indonesia
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua