Surat Pembaca
TRAVELOKA & CIMB NIAGA

Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB

Senin, 27 November 2023 | 20:46 WIB

Pada 28 Juli 2023 saya membeli tiket dengan pembayaran cicilan kartu kredit CIMB 12 kali, dengan tagihan sebesar Rp 451.600,- per bulan sesuai dengan yang tertera pada invoice dan bukti bayar traveloka.

Namun saat cetak tagihan Agustus 2023 tertagih full oleh pihak CIMB. Saya mengajukan komplain ke CIMB, dinyatakan bahwa tidak ada konfirmasi dari pihak traveloka mengenai hal ini kepada bank.

Kemudian saya komplain ke traveloka by email, disampaikan bahwa tidak perlu khawatir karena traveloka sudah melakukan konfirmasi ke bank dan bulan depan akan ditagihkan sesuai tenor cicilan.

Pada September 2023 saya tertagih full beserta bunga. Saya komplain kembali ke traveloka via email dengan tanggapan yang lamban dengan jawaban yang sama yakni tidak perlu khawatir bulan depan akan ditagihkan sesuai tenor dan biaya bunga diabaikan saja.

Pada Oktober 2023 billing tercetak kembali dan masih tertagih full dengan tambahan bunga. Saya kembali komplain kembali ke CIMB namun tanggapannya tidak ada komplain terkait hal ini. Padahal di tanggal 25 Agustus 2023 saya komplain via telepon dan via email pada 26 Agustus 2023.

Pihak CIMB kembali menginformasikan bahwa traveloka tidak ada konfirmasi terkait hal ini ke bank. Saya komplain ke traveloka kembali, namun prosesnya lamban dan hanya disuruh menunggu. Tidak ada kejelasan solusi dan tanggung jawab traveloka.

Pada 5 November 2023, informasi dari traveloka via email bahwa pihak bank sudah proses transaksi menjadi cicilan sesuai tenor. Akan tetapi, pada billing November yang tercetak pada 22 November 2023 masih ditagihkan full dengan bunga.

Saya komplain kembali ke traveloka hanya diminta menunggu saja. Padahal pada invoice traveloka jelas sudah sukses secara cicilan dan biaya cicilan sudah ikut tertagih.

Saya merasa sangat dirugikan karena harus ditelepon bank seolah-olah saya tidak mau bayar, juga tambahan biaya bunga dan belum biaya telepon yang menghabiskan pulsa tapi tidak membuahkan solusi dari Traveloka dan CIMB.

Ini kesalahan pihak traveloka dan bank tetapi customer dirugikan.

Setiap komplain ke traveloka hanya disampaikan sudah konfirmasi ke bank, bahwa tagihan bulan depan akan terkonversi jadi cicilan biaya bunga diabaikan. Akan tetapi setiap komplain ke pihak bank, dinyatakan bahwa masih tidak ada konfirmasi oleh pihak traveloka terkait hal ini. (AZR)

Juliana Budiyanto Chandra
Kupang, Nusa Tenggara Timur
PT Bank CIMB Niaga Tbk

Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB

Kamis, 14 Desember 2023 | 15:41 WIB

Sehubungan dengan surat Ibu Juliana Budiyanto Chandra yang berjudul “Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB” pada 27 November 2023, dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Juliana Budiyanto Chandra.

Sebagai tindak lanjut dari keluhan tersebut, kami telah menghubungi Ibu Juliana Budiyanto Chandra untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi.

Dapat kami sampaikan juga bahwa untuk masukan dan keluhan atas pelayanan CIMB Niaga dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau melalui email: 14041@cimbniaga.co.id.

Demikian kami sampaikan.

Atas kerja sama dan dimuatnya tanggapan ini, kami ucapkan terima kasih. (AZR)

Hery Kurniawan - Corporate Communications Head
Menara Sentraya, Jakarta Selatan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua