Surat Pembaca
XL

Keberatan dengan Pemblokiran Kartu

Kamis, 11 Januari 2018 | 15:59 WIB

Saya adalah pelanggan kartu XL prabayar sudah lebih dari 16 tahun. Pada Maret 2017, saya migrasi ke paska bayar dan tagihan selalu autodebit dari kartu kredit setiap bulan. Tanggal 11 Januari 2017, saya datang ke XL Center di Jalan Adi Sucipto, Yogyakarta, untuk membayar tagihan sebesar Rp.371.174,72 secara cash.

Ternyata itu adalah tagihan bulan Oktober, November dan Desember yang tidak bisa diautodebit, karena kartu kredit saya bermasalah. Selain itu tujuan utama saya adalah untuk migrasi ke prabayar lagi. Tetapi, sungguh kaget ketika petugas di counter XL Prioritas mengatakan bahwa kartu XL saya sudah diblokir sejak tanggal 5 Januari 2018 karena saya telat bayar.

Padahal pada billing, tertera tanggal jatuh tempo 27 Januari 2018. Saya sama sekali tidak keberatan melunasi tagihan karena memang itu kewajiban. Akan tetapi yang membuat saya kecewa adalah jika ingin melakukan migrasi ke prabayar saya harus menunggu hingga Maret 2019.

Itulah alasan satu-satunya karena kartu saya sudah hangus dan harus diaktifkan ulang. Wow! Itu artinya selama setahun ke depan saya harus membayar tagihan bulanan sekitar Rp.110.000 lebih hanya untuk mempertahankan kartu tetap aktif. Sejak Maret 2017 pun, saya tidak pernah menggunakan internet, karena jaringan XL tidak bisa diandalkan di tempat saya.

Saya keberatan dan saya komplain tentang pemblokiran itu. Logikanya, kartu XL saya akan aktif sebelum jatuh tempo pembayaran. Dengan demikian, saya juga tidak harus menunggu selama setahun untuk migrasi ke prabayar.

Lebih kaget lagi, ketika mengadu ke XL center Jakarta. Seorang customer service bernama Rani mengatakan karena keterlambatan pembayaran sejak Oktober 2017 sebenarnya pemblokiran sudah dilakukan sejak bulan itu. Bagaimana mungkin kartu yang sudah tidak aktif masih dikirimi tagihan?

Memang jatuh tempo tagihan setiap tanggal 27 tapi pemblokiran bisa dilakukan lebih awal oleh sistem, begitu penjelasan customer service. Ini tidak masuk akal sama sekali. Jikapun benar kartu saya terblokir sejak Oktober 2017, mengapa tidak ada pemberitahuan? Mungkin pihak XL harus memberikan penjelasan yang bisa diterima. 

Redy Kuswanto
Jl. Tirtodipuran No. 26, Mantrijeron, Yogyakarta
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Standard Chartered Bank
Tidak Ada Pemberitahuan Ketentuan Baru
Shopee
Data Kartu Kredit Dibobol
OVO
CS OVO Tidak Solutif, Pelayanan Lambat dan Mengecewakan
Telkom
Puluhan Ribu SMS Berulang
JNE
Layanan JNE Sangat Mengecewakan
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Tiket.com
Refund Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan
BFI FINANCE
Sudah 2 Bulan Kontrak BFI Finance Belum Diterima
Bank Mandiri
Saldo Terdebit, Uang Tidak Keluar
Bank BNI
Setor Tunai di ATM BNI Bermasalah, Saldo Ditarik Kembali
Permata Bank
Rekening Permata Me Tak Kunjung Aktif