Surat Pembaca
Bank BNI

Transaksi Gagal Namun Tetap Ditagih

Kamis, 18 Januari 2018 | 19:05 WIB

Tanggal 15 Juni 2017 saya membeli pulsa isi ulang melalui website tri.co.id namun transaksi gagal dengan bukti yang saya dokumentasikan dan lampirkan dalam pengajuan proses investigasi terhadap tagihan kartu kredit BNI dibulan Juli 2017. Karena tagihan tersebut gagal dan bukan merupakan tanggung jawab saya untuk membayar, saya sampaikan keberatan pada customer care kartu kredit BNI dan selanjutnya mengirimkan pengajuan investigasi secara resmi melalui email

Selama beberapa bulan saya dikenakan denda bunga. Sampai akhirnya dibulan Oktober 2017 tagihan yang saya terima mencantumkan pengembalian (CR) transaksi pulsa Tri. Anehnya, dibulan berikutnya, November 2017 saya menerima lembar tagihan yang kembali membebankan pulsa Tri. Dalam proses investigasi, berulang kali saya menghubungi customer care kartu kredit BNI dan diberikan nomor pelaporan tapi tidak pernah ada penyelesaian yang jelas.

Senin lalu tanggal 15 Januari 2018, saya akhirnya mendatangi kantor cabang BNI di Harmoni agar bisa bertemu langsung pihak terkait dengan membawa semua kelengkapan berkas dari bulan Juli 2017 beserta bukti pelaporan. Sayangnya, pihak bank menyatakan data kartu kredit tertutup dan hanya dapat diakses oleh customer care kartu kredit via layanan telepon.

Ketika dihubungkan dengan pihak customer care kartu kredit, petugas yang bernama Sara menyatakan bahwa investigasi telah selesai dan saya tetap dibebankan tagihan dari Tri. Hal yang menjadi tanda tanya besar sekaligus keberatan saya, bagaimana mungkin pihak BNI seenaknya menyatakan tagihan adalah beban saya. Sementara saya memiliki bukti yang menunjukkan kegagalan transaksi demikian juga pulsa tidak saya terima, bahkan meminta saya yang menanyakan ke pihak Tri.

Saya meminta slip bukti dari BNI jika memang ada dan sampai sekarang belum dikirimkan. Melalui surat pembaca ini, saya meminta pihak BNI benar-benar serius mengklarifikasikan hal ini kepada merchant Tri. Tidak hanya berupa jawaban yang simpang siur dan penjelasan berbeda-beda dari satu customer care dengan customer care lainnya. Terima kasih.

*Tayang tanggal 19 Januari 2018

Hanna Chandra
Jl. Metro Kencana V, Papanggo AMS Blok I No.609, Jakarta Utara
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media