Surat Pembaca
Hartono Elektronik dan PT. JNE

Kekecewaan Berbelanja Elektronik Secara Online

Selasa, 30 Januari 2018 | 15:18 WIB

Kami adalah customer Hartono Elektronik (www.hartonoelektronika.com) dengan nomer order 84853. Pada tanggal 6 Januari 2018, kami membeli 1 unit mesin cuci LG front loading FC1208N5W dengan harga 4.498.000 dan shipping cost JNE sebesar 576.200.

Barang tiba pada tanggal 15 Januari 2018, diantar oleh 1 (satu) staf kurir JNE. Ukuran dan bobot barang yang besar, membuat pelanggan turun tangan menggotong barang yang seharusnya dilakukan oleh kurir sebagai tenaga Profesional JNE.

Saat meletakkan barang, kurir tidak berhati-hati, sehingga sedikit terbanting pada sisi gotong sang kurir. Kotak kayu yang digunakan mengemas kardus mesin cuci hanya menutup pada 3 sisi, sehingga terbuka pada bagian atasnya. Ketika kardus dibuka, nampak mesin cuci penyok & pecah pada sudut atas.

Esok harinya tanggal 16 Januari 2018 kami melayangkan email komplain ke pihak Hartono. Namun belum ada respon yang memuaskan, 2 hari kemudian tanggal 18 Januari 2018 kami melayangkan email komplain kedua dan hingga saat ini belum ada penyelesaian atas komplain kami. Kami belum bisa menggunakan mesin cuci tersebut karena menunggu unit baru untuk menggantikan pesanan kami.

Ada beberapa kekecewaan kami pada pihak Hartono. Pertama, pihak Hartono tidak menjelaskan bahwa stok barang tidak ada di Jakarta sehingga kami harus membayar shipping cost hampir sebesar 600.000 dari Surabaya. Padahal kami memesan dari Hartono dengan alamat Jakarta, tentunya perhitungan kami Jakarta cukup dekat dengan Serang, dan tidak akan terlalu mahal shipping cost-nya. Menurut kami ini merugikan, karena kami mungkin berubah pikiran jika mengetahui barang dikirimkan dari Surabaya dengan mempertimbangkan resiko perjalanan.

Kedua, tidak diberitahu resi JNE saat ada notifikasi barang dikirimkan, sehingga tidak bisa men-trace posisi pesanan. Ketiga, nomer customer service berikut 031-7321212 ext 2345 atau 08-1235-12-12-12 tidak bisa dihubungi. Beberapa kali kami menelepon ingin menanyakan posisi barang, tapi tidak pernah berhasil terhubung.

Keempat, kami tidak diberikan nomor kontak untuk follow-up komplain langsung ke JNE. Sehingga mengandalkan staf Hartono dan menunggu kabar yang selalu dijanjikan akan diberikan, namun tidak tahu kapan.

Ada beberapa kekecewaan kami pada pihak JNE. Pertama staf kurir JNE yang datang mengantar hanya satu orang dengan bobot barang sangat berat. Kedua, tidak ada pemberitahuan saat barang mau diantar pada hari Sabtu tanggal 13 Januari 2018, sehingga barang dibawa balik JNE untuk diantar pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018. Ketiga, penyelesaian komplain yang sangat lama.

Kami sebagai customer Hartono dan JNE, sangat berharap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam berbelanja online. Kami menuntut pihak terkait yakni Hartono dan JNE untuk bertanggung jawab memberikan hak kami sebagaimana mestinya dan secepatnya. Kami juga berharap pengalaman kami dalam berbelanja online bisa membawa hikmah bagi yang menyukai kepraktisan belanja secara online. Terima kasih.

Ulima Darmania
Jl. Graha Rinjani Blok D7 No. 5, Serang
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media