Surat Pembaca
Bank HSBC

Penyalahgunaan Data Kartu Kredit

Kamis, 5 April 2018 | 07:28 WIB

Saya melakukan pengajuan KPA melalui Bank Mandiri dan CCBI pada bulan Februari 2018. Oleh kedua bank tersebut diinformasikan bahwa berdasarkan data BI Checking saya mempunyai tunggakan kartu kredit HSBC sebesar 28 juta. Tentunya hal ini sangat mengejutkan saya karena saya tidak memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank HSBC.

Pada tanggal 6 Maret 2018 saya menghubungi HSBC call center di 1500700 untuk melakukan klarifikasi dan oleh staff yang menerima telepon, saya diminta untuk menghubungi call center kartu kredit HSBC di 2552 6500/3040 5400/3040 8000.

Jam 2 siang tanggal 6 Maret 2018 saya menghubungi call center kartu kredit HSBC di 3040 5400 dan berbicara dengan Pak Yudha. Setelah melakukan pengecekan dan mengajukan beberapa pertanyaan, beliau memberikan informasi bahwa benar ada tagihan kartu kredit HSBC atas nama saya dengan tagihan 30 juta.

Saya menyampaikan keluhan bahwa saya tidak memiliki kartu kredit HSBC dan beliau meminta saya untuk datang ke Wisma Mulia Lt. 21 untuk melakukan pelaporan dan klarifikasi. Jam 10.30 pagi tanggal 7 Maret 2018 saya datang ke kantor HSBC di Wisma Mulia Lt. 21 dan bertemu dengan Pak Ray.

Beliau meminta foto kopi KTP yang saya tinggalkan di lobby receptionist. Kebetulan saya menyimpan foto KTP saya di HP, lalu saya kirimkan KTP saya melalui email di HP saya. Selanjutnya beliau melakukan pengecekan di dalam sistem dan menemukan informasi kartu kredit Visa HSBC atas nama saya.

Beberapa fakta dari kedatangan saya ke kantor HSBC adalah sebagai berikut, kartu kredit HSBC tersebut baru mulai aktif pada Agustus 2017, nama yang tercantum pada kartu kredit, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan alamat rumah menggunakan data saya, tetapi alamat pengiriman kartu dan tagihan menggunakan alamat Jl. Komplek Sandang Blok D No. 7, RT001/011 Kemanggisan.

Tagihan berupa cetak statement yang dikirimkan ke alamat kartu tersebut dikirimkan. Ada pembayaran dibulan Februari 2018. Limit kartu 27 juta. Total tagihan 33 juta. Saat ini kartu kredit sudah diblokir. Dengan fakta diatas jelas bahwa pihak kartu kredit HSBC tidak melakukan pengecekan data yang benar dan teliti dalam memberikan approval pengajuan kartu kredit.

Pada kedatangan saya ke kantor HSBC tersebut saya diberikan solusi untuk melakukan pelunasan tunggakan kartu kredit tersebut yang mana sudah jelas saya tidak memiliki kartu kredit HSBC tetapi menggunakan data-data atas nama saya. Saya tidak menggunakannya, bagaimana saya harus membayar tunggakan yang bukan kewajiban saya?

Pihak HSBC meminta waktu dua minggu sejak 7 Maret 2018 untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Saya diminta untuk mengisi formulir perbandingan data-data dengan yang terdapat di dalam sistem HSBC. Saya tidak diberikan nomor pelaporan atau apapun dan hanya diminta menunggu dengan janji pasti akan dihubungi.

Dua minggu sudah berlalu dan sampai hari ini saya tidak mendapat kabar apapun. Permohonan KPA saya terhenti karena data BI Checking yang tidak sesuai. Saya sudah pernah membaca kasus serupa di sebuah Suara Pembaca dan menanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Beliau menunggu untuk waktu yang cukup lama sampai akhirnya masalah selesai dan pihak HSBC memberikan surat resmi kepada beliau. Saya minta kepada pihak HSBC untuk segera menyelesaikan permasalahan ini dan mengeluarkan surat keterangan resmi untuk saya agar saya dapat melanjutkan proses KPA saya.

Lily Gunasetiawan
Jl. Gladiol IV Blok G5 No. 5 Taman Modern, Jakarta Timur
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank UOB Indonesia
Pengiriman dan Pengaktifan Kartu Kredit UOB Secara Sepihak
XL Axiata
Penipuan Promo 50% Diskon
Bank HSBC
Penyalahgunaan Data Kartu Kredit
Bank BNI
Setor Tunai di ATM BNI Bermasalah, Saldo Ditarik Kembali
Citibank
Kecewa Oleh Citibank
Tanggapan Lain
Lihat Semua
JNE
Kecewa dengan Pelayanan Klaim
Telkomsel
Paket Internet Roaming Tak Dapat Dinikmati
Maybank
Pengembalian Uang Belum Diselesaikan
Bank UOB Indonesia
Pengiriman dan Pengaktifan Kartu Kredit UOB Secara Sepihak
JD.ID
Satu Bulan Motor Belum Dikirim